Penerapan Media Papan Flanel Pada Pelajaran Bahasa Arab



Penerapan Media Papan Flanel Pada Pelajaran Bahasa Arab - Papan flanel merupakan sebauh metode pembelajaran yang sangat efektif untuk diterapkan pada Siswa jenjang pendidikan Sekolah Dasar. menerapkan media papan flanel dapat merangsang otak siswa dan membantunya dalam menyerap materi pembelajaran, selain itu penerapan media papan flanel juga dapat membangun pembelajaran yang menyenangkan dan kesempurnaan tujuan pembelajaran bagi siswa.

Penerapan Media Papan Flanel Pada Pelajaran Bahasa Arab

Penerapan Media Papan Flanel Pada Pelajaran Bahasa Arab

Pengertian papan flanel
Apa itu papan flanel.? bagaimana cara menggunakannya dalam pembelajaran, inilah yang akan mejadi pembahasan pada arikel ini. Papan Flanel adalah sebuah wadah tampilan  pada diding kelas yang bisa ditempelkan padanya kertas dan bisa bisa dicopt (bongkar pasang). biasanya bahan dasar papan flenel ini menggunakan sterefom dan penempelan kertasnya menggunakan paku kecil.

Cara Menerapkan Papan Flanel Pada Pembelajaran

Dalam hal ini, zonapendidikan.com akan memberikan penjabaran bagi anda, Untuk menerapkan media papan flanel dalam pembelajaran, banyak cara yang bisa dilakukan oleh guru, semua itu tergantung metode yang digunakan dalam pembelajaran. namun ada cara yang familiar dilakukan oleh guru, seperti menerapkan media flanel dengan metode langsung. seilahkan baca artikel ini sampai selesai.

Hal yang harus disiapkan dalam menerapkan media papan flanel:
  • Sterefom
  • Kertas warna
  • Gambar
  • Gunting
  • Paku pelekat  
Dalam hal ini guru terlebih dahulu melakukan penjelasan mengenai materi atau Bab pembahasan yang akan dijarkan. contohnya guru ingin mengajarkan tentang "Kata tempat". disini kami ingin menjelaskan bahwa media papan flanel lebih cenderung digunakan pada pembelajaran bahasa, seperti Bahasa Arab, pelajaran ini sangat cocok pada penerapan media papan flanel, selain itu Bahasa Inggiris dan juga Bahasa Mandarin dan lain-lain.

*Baca Juga: Dampak Buruk Guru Gaji Tidak Cukup 

Kembali pada pembahasan, misalkan anda guru bahasa arab, dan anda ingin mengajarkan kepada siswa anda materi dengan pembahasan "kata tempat", atau yang biasa disebut dengan "ظرف مكان"  disini anda harus terlebih dahulu membuat desain gambar pada papan flanel. misalkan anda membuat desain pemandangan. ada gunung, rumput, sawah, pohon dan lain-lain.

Setelah itu anda bagikan gambar-gambar kepada siswa, gambar yang anda bagikan itu satu kategori, misalkan gambar kategori hewan, gambar yang anda bagikan haruslah semua iti jenis hewa, bukan jenis gambar lainnya. 

Setelah membagikannya suruhlah siswa satu persatu menempelkan gambar tersebut sesuai dengan tempat hidup hewan tersebut, misalkan kerbau di sawah, monyet di pohon, burung diatas pohon dan lain-lain. setelah itu guru menyakan kapada siswa dengan pertanyaan yang berkaitan dengan materi. contohnya.

أين الَّطائِرُ...؟

أينَ الجَامسُ..؟

Disini guru mengotak atik posisi gambar, untuk mengarahkan konsentrasi siswa pada materi, nah,,, disini akan tampak hasilnya, siswa akan lebih paham dan mengerti dari materi yang anda ajarkan. 
.........  ورأ، أما، بين ، تحت، على

Materi diatas adalah kata tempat dalam bahasa arab, dengan menerapkan media papan flanel. pemebelajaran Bahasa Arab di sekolah anda akan lebih menyenangkan dan  membuat siswa lebih memahami materi yang anda ajarkan. selain dalam pembelajaran Bahasa, penggunaan Media Papan Flanel ini  juga dapat diterapkan pada berbagai tingkat sekolah seperti pembelajaran pada siswa tingkat sekolah TK atau PAUD, SD, SMP bahkan sampai pada pelatihan-pelatihan namun semua itu harus menyesuaikan metode pembelajran.

Demikian penjelasan tentang Penerapan Media Papan Flanel Pada Pelajaran Bahasa Arab, semoga bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penerapan Media Papan Flanel Pada Pelajaran Bahasa Arab"

Posting Komentar