Cara Mengajukan Gugus Depan Pramuka ke Kwarcab

Cara Mengajukan Gugus Depan Pramuka- Gugus Depan adalah tanda kareditasi atau bukti bahwa pendidikan kepramukaan di suatu lembaga diakui secara Nasional, Seberapa penting gugus depan itu.? dan bagaimana cara mengajukannya,? bagaimanaa sistem kepramukaan itu berjalan.? ini adalah pertanyaan yang kerap diajukan oleh pihak sekolah atau kepala sekolah sejak pramuka masuk dalam kurikulum pendidikan sekolah. dan pada artikel ini zonapendidikan.com akan menjelaskan bagi anda, semoga bisa bermafaat.

Cara Mengajukan Gugus Depan Pramuka ke Kwrcab

Cara Mengajukan Gugus Depan Pramuka ke Kwarcab
Gugus Depan itu penting jika anda ingin menghidupkan pendidikan pramuka di sekolah, karena jika sudah ada gugus depan, setiap sekolah berhak mengikuti event kepramukaan yang diselenggarakan negara atau ormas terkait secara resmi, misalkan Jambore, Raimuna atau pesta siaga dan lain-lain  semua itu adalah moment penting dimana setiap sekolah menujukkan kemampuan siswanya dan meraih prestasi hingga tingkat Nasional bahkan tingkat Internasional. karena indonesia sudah terdaftar sejak dahulu sebagai peserta Wordscoting (Pramuka Dunia) sejak tahun 80an.

Dalam setiap kegiatan kepramukaan itu ada ratusan jenis lomba yang bisa dipakai oleh pihak penyelenggara dan semua itu berdasarkan pendidikan yang diajarkan di sekolah, seperti Cerdas cermat, praktek keagamaan, Kesenian, olah raga dan lain-lain.

Cara mengajukan Gugus depan itu sangatlah mudah, pihak sekolah hanya perlu membuat surat permohonan, untuk lebih detailnya bisa anda lihat disini

Contoh Surat Pengajuan GUDEP Pramuka


GERKAN PRAMUKA GUGUS DEPAN PERSIAPAN PANGKALAN 
 SMPIT NURUL FIKRI ACEH 
(Kop Surat & Logo sekolah dibagian kanan)
No: .../../.../
Lampiran: 1
Perihal    : Permohonan Nomer Gugus Depan
Kepada Yth
Ka Kwarcab Aceh Besar
di
Tempat

Assalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh
Salam Pramuka

Puji Syukur Kepada Allas Swt, Semoga Rahmat dan Nikmat beserta hidayahnya selalu tercurah kepada kita semua. Sholawat dan Salam kepada Nabi Muhammad SAW. 

Berdasarkan rapat majelis guru SMPIT Nurul Fikri Aceh pada tanggal 20 Desember 2015 tentang pengajuan Nomer Gugus Depan, dengan ini kami  pengurus peramukan pangakalan SMPIT Nurul Fikri Aceh memohon kepada pengurus kwarcab Aceh Besar untuk merealisasikan nomer gugus depan kepramukaan dan pengukuhan struktur sesuai yang berlaku dalam gerakan pramuka.

Demikianlah surat permohonan ini kami buat, atas perhatian dan kerjasamanya kami mengucapkan terima kasih.

Salam Pramuka
Wssalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh

                                                                              Kepala Sekolah 


                                                                               ___________


Pada halaman kedua buatlah struktur kepramukaan yang telah anda rapatkan di sekolah dan ini bukan hanya formalitas, guru atau orang tercantum di halaman kedua ini harus benar-benar berkecimpung dan bertanggung jawab  dalam pendidikan pramuka di sekolah karena nama tersebut akan tercantum pada SK yang diberikan Kwarcab di kabupaten anda.

STRUKTUR KEPENGURUSAN PRAMUKA SMPIT NURUL FIKRI ACEH

A. Susunan Pengurus MABIGUS
Ketua :
Wakil Ketua:
Ketua Harian:
Skeretaris:
Bendahara:
Anggota:  Seluruh dewan guru SMPIT Nurul Fikri Aceh

B. Pembina
1. Pembina Putra :
    Anggota          :

2. Pembina Putri  :
    Angota                

Catatan:
Jika sekolah anda berada pada satu komplek yayasan dan disitu ada berbagai tingkatan sekolah, misalkan yayasan AL-Hasanah, didalamnya ada SD-SMP-SMA maka pengajuannya secara bersaamaan, karena nomer gudepnya itu disamakan, pada halaman kedua anda hanya menambah, struktur, misalkan 
  • Pembina Siaga : SD 
  • Pembina Penggalang: SMP
  • Pembina Penegak : SMA         
Pada setiap sekolah kwarcab akan memberikan gudep 2 jenis, maksudnya 2 nomer gudep, satu gudep untuk siswa kelompok putra dan satu gudep untuk siswa kelompok putri, karena kepramukaan itu pendidikannya satuan terpisah. 

Setelah anda mengajukan anda akan diberitahukan pihak kwarcab tentang pengukuhan atau pelantikan gugus depan anda, biasanya mereka datang ke sekolah anda, dan umumnya ketua kwarcab itu wakil bupati lhoo. dan ketua kwarda itu wakil gubernur, namun mungkin jarang sekali bisa datang, kecuali anda pandai melobinya. biasanya juga diwakilkan pejabat lain, namun jika mereka sudah menyatakan sedia dan menentukan waktu pengukuhan, maka pihak sekolah harus benar-benar siap, orang yang dilantik harus siap dengan seragam pramuka lengkap, dan pilihlah siswa terbaik anda minimal 40 orang untuk meramaikannya, mereka juga harus dengan seragam pramuka lengkap. dan untuk ceremonial pelantikan akan diajarkan oleh pihak kwarcab di lokasi, disitulah geladi untu acara. jadi yang perlu anda persiapakan di sekolah
  • Petugas Ceremonial: Pemegang Bendera, pembaca ayat Al-quran, Doa, Dll sesuai keagamaan masing-masing
  • Group Himne Indonesia raya dan Himne Pramuka
  • Spanduk Pelantikan, Bendra pramuka, bendera nasional
  • Konsumsi
  • Dll yang menurut anda penting dalam satu acara
Bagaimana Sistem kepramukaan itu berjalan.? ini tergantung daerah atau kabupaten anda, biasanya sekolah yang berada di sekitar pangkalan angkatan militer, perkuliahan dan kwarcab, kegiatan kepramukaan anda akan penuh, karena setiap tahunnya pihak polisi,TNI dan UKM universitas atau ormas kerap mengadakan perkemahan untuk ajang silaturrahim atau unjuk bakat, dan itu memang program mereka. namun yang paling penting itu adalah dampak pramuka itu ada disekolah anda, pramuka itu berfungsi untuk membangun disiplin dan karakter siswa selain itu disini potensi bakat siswa akan mudah tergali, tergantung sekolah anda, mau kemana pramuka itu anda bawa. 

Demikian sedikit penjelasan tentang Cara Mengajukan Gugus Depan Pramuka ke Kwarcab, semoga bermanfaat

1 Response to "Cara Mengajukan Gugus Depan Pramuka ke Kwarcab"

  1. Masukkan komentar Anda...terimakasih, sangat membantu.
    salam pramuka

    BalasHapus