Cara Menghadapi Siswa Nakal

Cara Menghadapi Siswa Nakal- Ada ribuan artikel di dunia ini baik online atau buku yang membahas tentang Cara Menghadapi Siswa Bandel atau siswa nakal, dan pakar-pakar psikologi juga kerap membicarakan ini dari masa ke masa. apakah cara yang ditawarkan itu berhasil diterapkan dan mendapatkan hasil yang baik.? tidak semua, ada yang berberhasil dan tidak sedikit juga yang gagal total. ini menandakan bahwa presepsi dan kejiwaan anak tidak semua sama dan memiliki perbedaan disetiap daerah atau lingkungan, karena ini sangat berpengaruh bagi sikap tingkah laku anak.

Cara Menghadapi Siswa Nakal

Cara Menghadapi Siswa Bandel


Banyak metode belajar yang ditawarkan oleh pakar-pakar pendidikan tapi itu tidak akan bisa terelasisasikan sempurna secara menyeluruh. karena setiap sekolah yang memlikiki keadaan dan pola siswa yang berbeda. Jika anda sebagai guru ingin mengatasi kenakalan dari siswa anda maka sebaiknya anda pelajari dulu dan mengenali siapa siswa yang anda hadapi itu.

Selain itu kenakalan anak memiliki jenis yang sangat banyak, semua itu bergantung pada usia si anak, kenakalan anak SD pastinya berbeda dengan anak SMA. nah jika anda membaca buku atau artikel tentang Cara Menghadapi Anak Nakal maka perhatikan dulu tahapan  trik yang ditawarkan itu cocok atau tidak untuk anak anda.

Dalam artikel ini. zonapendidikan.com merangkum tahapan untuk menghadapi   Siswa Nakal, dan mungkin dapat anda aplikasikan. insya Allah berguna bagi anda sebagai pendidik.

Cara Menghadapi Siswa Bandel


Jenis anak yang dihadapi
Sekolah atau pendidikan sama seperti pabrik, barang yang diproduksi pabrik terkadang mengalami kerusakan ini bisa terjadi karena dua sebab, yang pertama karena kondisi mesin pabrik yang kurang memadai dan yang kedua adalah bahan dasar yang dipakai tidak bagus, guru adalah mesin pabrik itu dan bahan dasarnya adalah siswa, jika memang anda memilki siswa yang berasal dari keluarga yang dekat kriminal maka ini akan semakin sulit bagi anda memberikan pengertian dan rentan mengalami kegagalan, bukan berarti tidak ada yang berhasil karena semua hasil itu tuhan yang menentukan.

Mengenali jenis anak yang anda hadapi itu penting, tidak semua anak dapat menerima metode yang anda pakai, pastinya ada perbedaan cara menghadapi anak tersebut.

Lakukan dan jangan hanya mengatakan
Ini merupakan cerita lama, namun sampai akhir zaman akan selalu menjadi masalah, benar kata orang tua dahulu "tidaklah semua orang bisa mendidik, meskipun banyak orang handal dalam mengajar" . banyak pelajaran yang disampaikan guru kepada siswa atau nasehat orang tua kepada anaknya namun isi nasehat itu tidak dijalankan oleh guru dan orang tua. hasilnya sudah bisa dipastikan jika memang anak itu nakal maka cercaaan dan cemoohan yang akan diterima, ini rentan terjadi pada guru di sekolah, kepada orang tua mungkin sang anak hanya berani mengoceh dari belakang dan tidak sedikit juga mereka berani melawan langsung.

*Baca Juga: Dampak Buruk Guru Gaji Tidak Cukup 

Salah satu faktor yang menyebabkan kejenuhan dan gejolak membangkang dari anak adalah, kebanyakan ceramah atau kebanyakan nasehat yang disampaikan kepadanya, hari ini diceramahi besok begitu terus, ini tidak akan merbubah sikap anak bahkan semakin menjadi-jadi. apalagi orang yang memberi ceramah tidak konsisten dengan ucapannya.

Bina dan Binasakan
Pembinaan secara terus menerus adalah usaha yang harus dilakukan oleh pendidik, terutama di sekolah, guru memiliki tanggung jawab besar, mengajar dan mendidik siswanya, kenakalan dari sikap anak, merupakan tugas besar yang harus dihadapi, jika terus diupayakan, jika sudah dengan segala cara dicoba dan segenap upaya diterapkan namun tetap tidak berubah, maka binasakan siswa anda, keluarkan dari sekolah, kembalikan kepada orang tuanya.

Mungkin orang lain menyajikan beberapa langkah atau tahapan, namun ada baiknya juga anda perhatikan ketiga poin diatas, demikian sedikit penjelasan tentang Cara Menghadapi Siswa Nakal semoga bermanfaat

*Baca Juga :Upaya menjadikan anak Shaleh

0 Response to "Cara Menghadapi Siswa Nakal"

Posting Komentar