Cara Meredam Emosi dan Marah

Cara Meredam Emosi dan Marah- Emosi, marah, kesal dan sifat tegang lainnya adalah hal lumrah yang dialami manusia, tapi bukan berarti itu suat hal yang dibiarkan dan diabaikan atau dibiasakan, marah atau sikap emosional merupakan sikap yang cenderung ke ranah negatif dan sangat tidak baik dalam kehidup seseorang.

Cara Meredam Emosi dan Marah

Cara Meredam Emosi dan Marah
Menurut penelitian para ahli psikologi bahwa sikap marah, berang dan sejenisnya bisa terjadi disebabkan dua hal yaitu unsur bawaan dan unsur pengaruh.
Unsur bawaan merupakan sikap genetik secara temurun yang dibawa dari orang tua, sangat cepat marah dan emosional jika ada sesuatu hal yang dapat memancing amarahnya.
Unsur Pengaruh adalah amarah yang timbul disebabkan sesuatu, misalkan diganggu atau terus menerus dipancing atau mungkin akibat suatu permasalahan yanga membuat emosi membuldak.

Cara Meredam Emosi dan Marah- Amarah dan emosional wajib dibendung dan dikendalikan, karena jika tidak ditahan atau dikendalikan itu akan merusak harga diri. dalam keadaan marah apapun akan dilakukan seseorang bahkan berani melakukan hal yang tidak sewajarnya, berkata kasar dan bertindak tidak terkontrol. disinilah manusia itu terlepas kendali. selain dari itu disaat berada dalam posisi marah manusia itu bukanlah lagi diri aslinya namun ada gangguan yang sudah menguasai dirinya.



Cara tepat Menahan Rasa Marah

Zonapendidikan.com merangkum beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meredam rasa marah dan emosi, dan insya Allah bermanfaat.

Perbanyak Istighfar
Dengan beristighfar kita sadar dan mengingat Allah, saat emosi anda naik perbanyaklah istighfar dengan mengingat Allah. meskipun emosi anda sudah memuncak namun pertahankan dengan mengingat Allah.

Hijrah atau Pindah Tempat
Ini merupakan tindakan yang sangat optimis, jika emosi anda sudah memnucak, tinggalkanlah TKP. seperti anda merasa emosi dengan istri, suami, teman. pergilah sejenak untuk menenangkan hati anda. atau jika anda emosi anda itu membuldak saat membaca pesan dari hp /chat sebaiknya abaikanlah HP anda.

Diam dan tenang
Ini adalah tindakan yang sangat sulit, bagiaman kita bisa diam dalam keadaan marah, namun ternyata salah satu obat marah itu adalah diam, menurut pakar-pakar ulama terdahulu memberikan nasehat "Obatilah Kemarahan dengan diam". meskipun anda sudah terlibat dalam percekcokan tahanlah diri dan diam karena itu lebih baik dari pada terus berserteru

Hibur diri
Jika tidak ada yang menghibur anda maka hiburlah diri anda sendiri. salah satu tujuan agama mewajibkan pernikahan adalah agar manusia itu tidak merasa sepi seorang diri. namun jika memang posisi anda singel anda harus mampu menghibur diri sendiri, dengan apa dan bagaimana.? hanya anda yang tahu itu, apa yang anda senangi dan anda sukai selagi itu tidak haram maka lakukan untu merefres jiwa anda.

Demikian sedikit penjelasa tentang Cara Meredam Emosi dan Marah semoga bermanfaat dan bisa menjadi bahan renungaan.

0 Response to "Cara Meredam Emosi dan Marah"

Posting Komentar