Cara Sukses Melaksanakan Kegiatan Pramuka di Sekolah

Cara Sukses Melaksanakan Kegiatan Pramuka di Sekolah- Sejak Kepramukaan sudah disahkan pemerintah secara resmi menjadi wadah pendidikan yang dipadukan dalam kurikulum sekolah, disitu terlihat dampaknya di daerah-daerah, Mungkin hanya karena peraturan yang harus dilaksanakan atau karena suatu kepentingan atau karena benar-benar merasa butuh pramuka itu harus digerakkan di pendidikan sekolah. namun apapun itu semua tergantung pihak sekolah masing, kenapa pramuka itu penting silahkan baca di : Fungsi Pendidikan Pramuka di Sekolah.

Cara Sukses Melaksanakan Kegiatan Pramuka di Sekolah

Dalam postingan zonapendidikan.com berbagi kepada anda bagaimana cara agar kegiatan pramuka itu dapat direalisasikan di sekolah sehingga mencapai tujuannya, dalam melaksanakan pramuka namun disini hanya perlu ada peninjauan langsung dari pihak sekolah. ada beberapa yang harus dipersiapkan untuk menunjang kegiatan pramuka itu berjalan baik.

Pembina dan pelatih
Pembina yang bertanggung jawab dalam setiap kegiatan pramuka yang terlakasana. dalam hal ini, jika pihak sekolah ingin mempekerjakan orang sebagai pembina haruslah memilih pembina pramuka yang asli, bukan abal-abal. banyak terlihat kesalahan umum terjadi di indonesia, pihak sekolah mengambil guru penjas atau guru PPKN sebagai pelatih atau pembina pramuka, ini jelas salah dan keliru dan sama sekali tidak tepat sasaran.

Pelatih Pramuka haruslah mereka yang mengerti dan menguasai pengetahuan kepramukaan apalagi peserta didiknya tingkat SD dan SMP karena sisiwa disini masih butuh materi dan pembinaan secara langsung, ambillah pembina atau pelatih yang sudah meraih ijzah KMD (Kurusu Mahir Dasar) atau setidaknya orang yang sudah memiliki pengalaman dalam kepramukaan.

Gugus Depan
Jika manajemen kepramukaan sudah dibentuk dan ditata kepengurusannya maka sgeralah mengurus pengajuan Gugus Depan, ini berfungsi agar kegiatan keparamukaan di sekolah diakui secara nasional, Banyak pihak sekolah beranggapan bahwa untuk mengurus gugus depan diajukan ke Dinas Pendidikan,ini adalah anggapan yang salah, gugus depan pramuka itu dikeluarkan oleh kwarcab (Kwartir cabang) yang berada di kabupaten anda berada, jika anda belum mengetahui sistem pengajuan gugus depan pramuka, silahkan baca disini: Cara Mengajukan Gugus Depan Pramuka ke Kwrcab

Penjadwalan dan target
Jika pihak sekolah sudah memasukkan kepramukaan dalam kegitan ekstrakuriluler pastinya sudah memilki jadwal tertentu pada pelaksanaan kegiatannya. nah disini pihak sekolah harus memilki target tersendiri yang diharapakan. selain penguasaan materi dan acuan yang ada pada SKU pramuka, pihak sekolah harus menargetkan nilai tertentu terhadap peserta didiknya. misalkan dalam 2 bulan, target kedisipinan dalam upacara bendera atau target satu semster siswa disiplin dalam beribadah dan lain-lain.

Anggaran dasar dan anggaran rumah tangga
Pramuka membutuhkan pembiayaan yang tidak sedikit apalagi kepramukaan yang baru dibentuk di sekolah, harus ada bendera pramuka, atribut perkemahan, emblem seragam dan lain-lain. pada dasarnya ini sudah ada pada dana BOS, ironisnya banyak sekolah yang menyertakan keperluan kepramukaan dalam LPJ dana BOS namun tidak sepeserpun dana itu tidak ada pada pramuka disekolahnya.

Evaluasi
Banyak sekolah di negara kita sudah memilki keempat poin diatas, namun jarang sekali melakukan evaluasi, kegiatan apapun tanpa evaluasi maka itu akan berjalan di tempat, tidak ada perkembangan.
Evaluasi dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti meminta laporan dari segenap pembina atau pengurus pramuka di sekolah, sejauh mana perkembangan program pramuka sudah berjalan. dengan ini kepramukaan di sekolah anda akan lebih terorganisir.

Demikianlah sedikit penjelasan tentang Cara Sukses Melaksanakan Kegiatan Pramuka di Sekolah semoga bermanfaat. salam pramuka.! 

0 Response to "Cara Sukses Melaksanakan Kegiatan Pramuka di Sekolah"

Posting Komentar