Dampak Buruk Poligami Zaman Sekarang

Dampak Buruk Poligami Zaman Sekarang- Kasus poligami kerap kali menjadi kontropersi pada zaman sekarang. dari kalangan ulama, cedekia pakar psikologi atau masyarakat umum poligami menjadi pemabahasan menarik untuk di perbincangkan.

 Dampak Buruk Poligami Zaman Sekarang 

Oleh: Andika Novriadi


Dampak Buruk Poligami Zaman Sekarang


Kenapa poligami menjadi kontropersi.?
Dalam Ayat Al-Qur'an sudah sangat jelas Firman Allah dalam surat Annisa tentang laki-laki diperbolehkan menikah memiliki istri sampai dengan jumlah 4 orang dengan persayaratan yaitu keadilan. yang menuai permasalahan adalah dikarenakan praktek poligama zaman sekarang berbeda dengan poligami yang ada pada masa lalu seperti yang dilakukan Rasulullah, itulah awal dari kontropersi tersebut.

Banyak juga pendapat mengatakan bahwa Poligami zaman sekarang memiliki dampak buruk dan dapat merusak hubungan sosial. dan ada juga pendapat-pendapat lain yang mengindahkan praktek poligami. Dalam artikel ini saya tidak mengkritisi praktek poligami namun sebagai orang pendidikan mari sama-sama kita telaah kasus poligami ini. 

Bagaimana praktek poligami yang benar dalam islam
Salah satu pendapat yang kuat tentang poligami adalah mengaitkan ayat-ayat pada surat Annisa, sebelum sampai pada pembahasan tentang poligami ayat tersebut berbicara tentang kepedulian pada anak yatim, umat muslim harus bertanggung jawab dalam mengurus anak yatim dan berlaku adil, begitu juga dengan ayat setelah pembahasan poligami masih membahas tentang anak yatim.
Nah, beberapa ahli tasawuf dan filsafat berpandapat bahwa ini mengacu pada praktek poligami yang dimaksud adalah laki-laki yang menikahi anak yatim dan berlaku adil pada seluruh istrinya itu.

Corak Poligami Zaman Sekarang


Jika melirik pada praktek yang dilakukan Rasululullah, mari sama-sama kita pelajari dalam buku-buku sejarah, siapa-siapa saja yang dinikahi oleh Nabi Muhammad..? dan apakah ada dampaknya bagi agama islam.?  jawabannya ada pada anda setelah anda mendalami sejarah yang sahih dan akurat referensinya.

Kenapa Poligami Zaman Sekarang memiliki Dampak Buruk 
Secara praktek, poligami banyak tidak singkron dengan hukum adat istiadat khusunya di negara kita.  apalagi praktek poligami yang hanya beralasan kepuasan kepentingan dunia.

Adapun dampak buruk yang dimaksud adalah praktek poligami itu merusak hubungan sosial. pada hakikatnya salah satu tujuan menikah itu adalah menyambung tali silaturrahim, namun jika seorang suami menikah lagi dengan wanita lain, bagaimana perasaan istrinya.? jikapun istrinya rela suaminya menikah dan ikhlas karena Allah, bagaimana dengan keluarganya.? apakah semua keluarga sang istri bisa menerima itu.? jawabannya aada pada anda tergantung adat di daerah anda masing-masing. inilah yang dimaksud dengan merusak hubungan sosial.

Mampukah Berlaku Adil
Praktek adil yang dilakukan Nabi Muhammad, mampukah manusia zaman sekarang mengikutinya. banya alasan laki-laki menikah beberapa kali dengan bangga mengatakan ingin menjalankan Sunnah Nabi Muhammad. yang menjadi pertanyaan adalah apakah sanggup juga berlaku adil seperti yang dilakukan Nabi Muhammad.?

Istri satu saja terkadang mereka tidak merasa adil dengan kesibukan suaminya dalam bekerja, apalagi punya istri dua dan seterusnya. bagaimana sang suami akan menghadapinya.? jika terjadi permasalahan maka itulah dampak buruk dari poligami itu. dampak ini sangat besar karena bukan hanya antar individu namun populasi. perseteruan dalam ikatan nikah pastinya melibatkan keluarga dari kedua belah pihak, meleburlah tali silaturrahim.

Jika anda ingin berpoligami motif dan tujuan anda apa.? secara universal agama tidak melarang bahkan sudah jelas membolehkan dengan syarat yang telah ditetapkan, namun apakah mampu nantinya berlaku adil.? dalam dalil poligami tersebut jelas disebutkan "Jika takut untuk tidak mampu berlaku adil, maka cukuplah satu istri saja".  intinya adalah adil.

Corak Poligami zaman sekarang
Suami yang menikah kedua kali tanpa meminta izin pada istri pertamanya, apakah itu dosa.? tidak sama sekali tidak, namun permasalahannya adalah itu akan membuat dosa besar dan itu sudah jelas.

Jika memang seseorang muslim sudah menyanggupi dirinya untuk berlaku adil secara otomatis dia akan mendatangi istrinya secara bergiliran, sang istri pertama pasti menanyakan suami pergi kemana.? apalagi yang bisa dilakukan suami kalo tidak berbohong. apakah terus berbohong sampai mati.?

Jika memang sudah izin kemudian sang istri merelakan karena terpaksa, dalam hati kecilnya sangat sakit. dan dia selalu memikirkan cara untuk bisa bercerai, bukan kah itu sebuah dosa.?
Atau mungkin sang istri rela dan ikhlas, bagaimana dengan keluarganya.? permasalahan yang kerap terjadi sekarang adalah wali atau orang tua dari istri akan mendesak anaknya untuk bercerai.
Itulah pola adat kita. kenapa orang arab bisa dan lancar tidak ada masalah dengan praktek poligami. jawabannya sangat simpel. kerena adat, budaya serta peradaban kita berbeda dengan orang arab.
Itulah alasan para cendikiawan yang tidak pro dengan praktek Poligami Zaman Sekarang karena sisi negatifnya lebih besar.

Nah disini mungkin anda sudah mendapat gambaran tentang poligami Dampak Buruk Poligami Zaman Sekarang, setuju atau tidak pada poligami tergantung pendapat anda masing-masing. silahkan bubuhkan pendapat anda, untuk memabangun artikel ini. semoga bermanfaat.

0 Response to "Dampak Buruk Poligami Zaman Sekarang"

Posting Komentar