Peran Politik Dalam Islam



Peran Politik Dalam Islam- Judul artikel dirangkum berdasarkan paper makalah mahasiswa pasca sarjana, politik.!! politik memang sudah menguasai setiap negara dan tertanam dari hati manusia. apa itu politik dan kenapa bisa bercampur baur dengan urusan agama.? inilah yang akan menjadi pembahasan hangat pada artikel zonapendidikan.com kali ini.

Peran Politik Dalam Islam

Peran Politik Dalam Islam

Peran Politik Dalam Islam- Ditinjau secara Bahasa Pengertian dari politik itu adalah siasat, taktik atau cara mulus yang dilakukan untuk mencapai satu tujuan. namun selain ini ada defenisi lain yang disimpulkan para pakar-pakar politik,  namun dari arti politik ini kita bisa menandai bahwa politik itu hanya sebuah alat alternatif. disini masih dalam ranah positif.

Sumber dari permasalahan dalam politik adalah perbedaan pandangan atau pendapat, jika ini sudah terjadi maka tujuan pun akan berbeda disini terlahirlah perselisihan dan hasilnya alat alternatif tadi dipergunakan untuk merusak atau menjatuhkan yang bertentangan dengannya.

*Baca Juga: Dampak Buruk Guru Gaji Tidak Cukup

Seorang Pakar Politik belanda mengatakan bahwa "Politik itu bagaikan pisau tajam, banyak manfaat yang bisa dihasilkan namun besar juga efek buruk yang didapatkan darinya semua tergantung pemakain pisau tersebut.

Corak Politik dalam Islam


Kenapa Islam sudah masuk ke ranah politik.?
Agama islam ini sudah tidak terbendung lagi perpecahnnya baik dari dalam atau dari luar islam selalu mendapat tekanan, menimbulkan perpecahan dan perbedaan pandangan dalam satu agama. Pada masa sekarang ini islam terbagi menjadi beberapa golongan dan semua itu menyatakan keimanan mereka, dan setiap golongan memiliki pandangan masing-masing dan memilki tujuan serta rencana tersendiri.

Untuk menjadikan kokoh satu golongan maka setiap pergerakan dipadukan dengan berbagai siasat (Politik). jika dilihat secara garis besarnya semua golongan memiliki tujuan yang bagus dan baik, "Demi Islam, Untuk Islam" namun ketika satu golongan itu mendapat problem antara keanggotannya maka sebagian dari mereka melepas diri dan membuat golongan baru lagi. hal ini sudah terjadi pada masa khalifah, baik dari segi pemillihan kepemimpinan, pemutusan aturan negara dan lain-lain.

Bagaimana Peran Politik Dalam Islam.?
Islam itu tetaplah baik, selalu baik dan selamanya manjadi agama mulia, jika ada penganutnya berbuat kemungkaran yang salah itu bukanlah agamanya tetapi penganutnya sendiri. Politik berperan tergantung pengguna politik tersebut, Mengumbar fitnah, membuat skenario permasalahan bahkan melakukan suat dampak kejahatan, inilah politik yang lumrah terjadi di berbagai negara. semua ini dilakukan untuk suatu kepentingan dan tujuan dan dengan alasan "melindungi negara".

Nah...bagaimana jika politik itu masuk pada ruang lingkup agama, semua kembali lagi kepada pemakai politik itu, seiring berkembangnya zaman, politik memnga manjadi alternatif penting, sebagian profesor, ulama dan cendekiawan mengatakan dan  mendukung islam itu harus berpolitik untuk menjaga dan mensyiarkannya namun sebagian dari mereka juga mengatakan jangan dilakukan karena akan merusak citra agama.

Apapun itu semua kembali lagi pada anda, boleh atau tidak islam itu berpolitik.? anda yang melihat kondisi agama ini dan anda yang mengenal negri ini. semua itu jawabannya ada ditangan anda. 

Demikian sedikit penjelasan tentang Peran Politik Dalam Islam semoga bisa menjadi bahan renungan kita bersama.

*Baca Juga: Cara Cerdas Menilai Dakwah dari Penceramah


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Peran Politik Dalam Islam"

Posting Komentar