Tokoh Khadijah Istri Nabi Muhammad

Tokoh Khadijah Istri Nabi Muhammad- Sejak SD kita sudah diperkenalkan dengan sosok khadijah, nama ini sudah tidak asing lagi bagi kita, sejak pendidikan Sekolah Dasar sampai perkuliahan dalam bidang studi atau mata kuliah sejarah islam membahas tentang perjuangan Nabi Muhammad dlam menyiarkan agama islam tidak pernah luput dari sebutan tokoh Kahdijah, karena memang khadijah sangat berperan penting dalam dalam perjuangan dakwah Nabi Muhammad, selain itu khadijah pulalah yang menjadi istri pertama beliau.
 

 Tokoh Khadijah Istri Nabi Muhammad

Siapa Khadijah.? bagaimana peran khadijah dalam kehidupan Nabi Muhammad.? apa keistimewaan khadijah dimata rasululullah dan bagaimana kehidupan cintanya bersama rasulullah.?  kami berupaya menyimpulkan jawaban dalam artikel ini, semoga bermanfaat bagi sahabat zonapendidikan.com

Jika kita membaca buku-buku sejarah banyak sekali pendapat yang berbeda tentang biografi khadijah, semua penulis memiliki pandangan dan komitmen pribadi, namun kita sebagai pencari ilmu jangan pernah puas dari satu buku yang kita baca, dalam artikel kami memuat berbagai pendapat tentang tokoh khadijah.

Bografi Khadijah
Khadijah adalah outri dari Khuwailid bin As’ad bin Abdul Uzza bin Qushai bin Kilab al-Qurasyiyah al-Asadiyah. inilah nama lengkap khadijah, dan jika ditelusuri, nasabnya bertemu dengan Rasulullah melalui jalur ayahnya bertemu dengan dengan kakek Rasulullah yang bernama Qushay. ini merupakan pendapat dari Syaikh Muhammad Husain Salama

*Artikel Populer :  Cara Cerdas Menilai Dakwah dari Penceramah

Sebelum betemu dengan Rasululullah khadhijah adalah wanita yang memiliki budi pekerti yang baik,  akhlaq yang mulia dan selalu menjaga harga dirinya sebagai wanita brbeda dengan wanita-wanita arab pada masa itu. Kahdijah berada pada keluarga yang terhormat dan disegani oleh kaum disekitarnya. karena sikap kahadijah yang sangat mulia dan memukau, sehingga khadijah dijuluki sebagai "Ratu Mekkah" dikenal sebagai primadona membuat para pria ingin mempersuntingnya, sebagiannya ada yang gagal dan akhirnya cinta khadijah berlabuh pada diri seorang pemuda kaya bernama Abu Halah bin Zurarah at-Tamimi, keluarga ini tidak berlangsung nama sang suami wafat dan meninggalkan harta yang banya dan dua anak, ada beberapa ahli sejarah mengungkapkan bahwa khadijah menikah lagi dengan pria lain setelah suami pertamanya meninggal.

Keutaman Khadijah sebagai istri Rasulullah

Pada artikel ini zonapendidikan.com merangkum beberapa keutamaan Khadijah dalam perjuangan dakwah Nabi Muhaammad.

Golongan pertama masuk islam
Pada awal risalah disampaikan kepada Muhammad Saw, Khadijah yang selalu mendapingi rasululullah, mempercayai dan mengimani seruan agama islam dari Nabi Muhammad tanpa ada keraguan sedikit pun. dan khadijah termasuk golongan orang-orang yang pertama masuk islam.

Istri Pertama dan Mendapat Cinta yang mendalam dari Rasulullah
Khadijah mendapat tempat mulia dan tempat istimewa di hati rasulullah, khadijah sebagai istri pertama dan ummul mukminin pertama, selain itu dalam hal ibadah khadijah adalah wanita pertama yang melaksanakan shalat berjamaah bersama Rasulullah.

Selain itu para istri Nabi Muhammad terutama Aisyah  menyimpan rasa cemburu kepada khadijah karena Nabi Muhammad kerap menyebut namanya. kecemburuan itu kuat padahal khadijah susah wafat dan Ketika khadijah wafat, Nabi Muhammad sangat sedih dan sangat terpukul hatinya, kesedihan yang sangat mendalam.

Jaminan Syurga
Khadijah merupakan wanita muslimah yang pertama diberikan jaminan masuk syurga dan Allah Swt memberikan berita kepadanya Allah membangunkan rumah di syurga untuknya.

Wanita mulia sebelum islam datang
Khadijah tidak menyembah berhala, tidak mengikuti perilaku negatif wanita-wanita jahiliyah pada masa itu, khadijah sangat di hormati dan dimuliakan orang sekitarnya.

Cintanya kuat
Kekuatan cinta khadijah kepada rasulullah sangatlah kuat, kesabaran, kekuatan dan pengorbanan yang dilakukannya sangat besar. semua itu karena cintanya kepada Rasulullah, menyerahkah seluruh hidup dan hartanya untuk membela dan mendukung dakwah rasulullah.

Ini hanya beberapa keutamaan yang kami temukan, mungkin masih ada keutamman khadijah lainnya yang dibahas oleh para ahli sejarah dan aktifis.  Tokoh Khadijah Istri Nabi Muhammad semoga bermanfaat bagi pembaca.

*Artikel Populer : Dampak Buruk Guru Gaji Tidak Cukup

0 Response to " Tokoh Khadijah Istri Nabi Muhammad"

Posting Komentar