Alasan Manusia Purba Hidup Berpindah-pindah Tempat

Alasan Manusia Purba Hidup Berpindah-pindah Tempat- Dalam pelajaran Sejarah tingkat SMP dan SMA bahkan Perkuliahan pembahasan tentang manusia purba sangat menarik untuk diperbincangkan. Pembahasan manusia dalam sejarah dinamakan pra sejarah. bukti otentik yang dapat ditunjukkan para peneliti adalah tulang-belulang, peralatan berburu, perlatan memasak dan makan serta peninggalan seni.

Alasan Manusia Purba Hidup Berpindah-pindah Tempat

Alasan Manusia Purba Hidup Berpindah-pindah Tempat

Kenapa ya manusia purba itu selalu berpindah-pindah tempat atau biasa disbeut istilah nomeaden, belum lama mendiami suatu tempat mereka bergegas pergi ke tempat lain. ini merupakan pertanyaan yang kerap ditanyakan pelajar pada bidang studi sejarah.


Untuk menjawab pertanyaan diatas zonapendidikan.com merangkumnya dalam tulisan artikel ini. ada beberapa Alasan Manusia Purba Hidup Berpindah-pindah Tempat.

1.Faktor Iklim
Karena pada saat itu pemikiran masih sangat primitif, jadi manusia hanya mengandalkan prediksi dalam setiap tindakan. jika mereka memandang cuaca tidak bersahabat maka mereka langsung beranjak dari tempat itu dan mencari tempat tinggal lain.
 

Penyebab Manusia Purba Hidup Berpindah-pindah Tempat


2. Faktor Makanan
Sumber makanan manusia purba adalah berburu, mengejar hewan-hewan yang ingin mereka jadikan santapan, oleh karena pengejaran-pengejaran yang mereka lakukan, mereka terbiasa melanglang buana sehingga membuat mereka harus berpindah-pindah.

Manusia purba belum mengenal sayuran atau sumber makanan lain, jadi belum ada upaya bercocok tanam, beternak dan lain-lain. mereka hanya mengandalkan perburuan.

3.Faktor  Mistik
Ini hanya tanggapan beberapa cendekiawan, karena manusia purba bertindak berdasarkan dugaan dan perkiraan, jika ada musibah yang menimpa salah satu dari kelompok, maka mereka akan meninggalkan tempat yang mereka secepat mungkin.

Misalkan salah satu diantara mereka meninggal atau terkena sakit parah, maka mereka menganggap ini merupakan suatu teguran. siapa yang menegur mreka juga tidak mengetahuinya.

4.Faktor Situasi
Manusia purba belum mengenal prabot, perhiasan dan pakaian yang wajar menutupi tubuh. dengan situasi seperti ini mereka sangat mudah untu berpindah-pindah.

Alasan Manusia Purba Hidup Berpindah-pindah Tempat

Jika kita bandingkan denga generasi setelahnya, manusia yang sudah mengenal pengolahan alam, mempunyai barang-barang. untuk berpindah tempat harus berfikir 10 x, apalagi pada manusia zaman sekarang.

Dari pertanyaan Alasan Manusia Purba Hidup Berpindah-pindah Tempat. inilah jawaban yang tepat. semoga bermanfaat.

0 Response to "Alasan Manusia Purba Hidup Berpindah-pindah Tempat"

Posting Komentar