Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar

Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar- Ada banyak buku konsep panduan yang mengacu pada pendidikan karakter baik dari kepemerintahan atau yang dirilis oleh fakar dan cindekia, apapun konsep yang ditawarkan semua itu terhantung pada kondisi pada suatu daerah, lingkungan dan jenis anak. Tidak semua konsep pendidikan dapat diaplikasikan.


Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar


Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar

Dalam hal pendidikan banyak kesalahan yang terjadi pada pandangan masyarakat terehadap instansi pendidikan atau sekolah. Jika orang tua hanya mengandalkan pendidikan dari sekolah tempat anaknya belajar ini merupakan tindakan yang keliru. jika emndapat hasil yang minim maka kesalahan akan disasarkan pada sekolah tersebut, beginilah pandangan yang berkembang di masyarakat.


Tentunya anda sebagai pendidik sudah mengetahui bagaimana cara mendidik dan menguasai metode , pada artikel  ini zonapendidikan.com akan berbagi seputar sistematis Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar.

Cara terbaik Mendidik Karakter Tingkat Sekolah Dasar


Sistematis Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar
Dalam meujudkan keberhasilan pendidikan di sekolah ada beberapa syarat yang harus dilakukan. salah satunya adalah kerjasama dan komunikasi baik antara guru dan wali siswa. dalam hal ini ada skala yang bisa digambarkan:

Pendidikan dari Guru-Siswa = 30%
Pendidkan dari Orang tua-Siswa (Anak) = 60%
Komunikas antara Guru-Orang tua= 10%

Kalkulasinya adalah orang tualah yang dituntut lebih berperan dalam mendidik siswa, karena waktu dan kesempatan mendidik itu lebih banyak di rumah. jika dibandingkan dengan lingkungan sekolah upayanya tidak masksimal. karena guru di sekolah memiliki waktu yang terbatas dan anak yang diayomi berjmulah banyak.

Motif Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar
Dalam mendidik anak usia dini khusunya pada tingkat sekolah dasar, secara garis besar sama seperti lambang dan simbol sekolah dasar itu sendiri "Tut Wuri Handayani" yang berarti orang yang berdiri di depan akan memberi dan menjadi contoh teladan.

Anak tingkat sekolah dasar itu ingin menyaksikan contoh, cara berbicara, cara berperilaku seorang guru akan cepat diikuti oleh siswa, pada masa inilah anak  tersebut dibentuk karakternya.

Menurut penuturan para ahli sikologi, dalam pendidikan sekolah dasar, efektifitas kinerja guru itu haruskah diwjudkan secara maksimal, disini guru itu bukan menjadi fasilitator saja namun secara menyeluruh harus berberan aktif.

Corak Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar


Kekeliruan pada Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar
Kesalahan yang terjadi pada sekolah-sekolah dasar di indonesia adalah tidak memperhatikan kualitas guru tingkat SD. siswa disini membutuhkan pendidik yang benar-benar memiliki peran aktif. hal yang terjadi juga pada sekolah-sekolah swasta, memiliki guru yang tidak maksimal bekerja atau yang paling sering terjadi adalah honor guru yang sedikit sehingga kinerja tidak maksimal.

Selain itu fasilitas yang tidak memadai kerap menjadi masalah pada efektifitas pendidikan SD, oleh karena itu setiap kepala sekolah harus berupaya melakukan pendekatan dengan pihak terkait. kekeliruan yang terjadi disini khususnya pada sekolah swasta kerap mengabaikan informasi dari pemerintah pusat sehingga tidak terjalin komunikasi yang baik.

Pada pendidikan Sekolah Dasar sangat dubutuhkan keseimbangan antara guru laki-laki dan perempuan, jika pun tidak seimbang maka diupayakan tidak jauh perbandingannya, karena efeknya adalah kecendrungan bagi sikap siswa, untuk lebih jelas silahkan baca buku psikologi pendidikan anka usia dini.

Demikianlah artikel singkat  Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar semoga bermanfaat.

0 Response to "Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar"

Posting Komentar