Pengertian Makna Ikhlas dalam Beramal

Pengertian Ikhlas dalam Amal- Dalam setiap diskusi, ceramah atau tulisan yang membahas seputar pengamalan ibadah tetunya tidak terlepas dari "ikhlas", Kejayaan atau keberhasilan dari amalan ibadah itu diukur dari keikhlasan. Rasa Ikhlas timbul dari hati perasaan yang mendalam. Allah menilai Manusia itu bukan dari bentuk tubuh, pakaian yang yang dikenakan namun Allah melihat dan menilai langsung pada hati manusia itu sendiri, salah satu dampak sikap dari hati adalah keikhlasan.


Pengertian Makna Ikhlas dalam Beramal

Pengertian Makna Ikhlas dalam Beramal

Apakah yang dimaksud dengan ikhlas.? Bagaimana cara beramal dengan ikhlas.? dan bagaimana contohnya? inilah yang akan menjadi pembahasan kali ini di zonapendidikan.com semoga bisa menjadi referensi dan bermanfaat bagi para pembaca.

Defenisi Ikhlas
Secara Bahasa ikhlas berarti lepas/ bebas. secara istilah apat dimaknai keikhlasan adalah sebuah perbuatan atau amalan yang dilakukan terlepas dari sebab apapun kecuali karena mengharap ridha Allah.

Baca Juga: Cobaan dan Tantangan Setelah Menikah 

Penegrtian ikhlas itu sangat simpel namun sifatnya sangat sulit karena ini antara hubungan Allah dan makhluq,  oleh karena itu banyak ulama berpendapat bahwa amalan yang sudah diumbarkan kepada orang lain maka terlepaslah nilai keikhlasannya atau ikhlasnya tidak sempurna.

Bagaimana cara beramal dengan ikhlas.?
Jwabannya sangat simpel, tergantung keimanan seseorang karena ikhlas itu berhubungan kuat dengan iman. Senantiasa beribadah hanya karena Allah bukan maksud lain seperti agar di lihat orang baik, untuk membanggakan diri atau karena paksaan.

Jika memang seseorang muslim itu sudah terbiasa beribadah dengan disiplin seperti melaksanakan sholat secara berjemaah, tepat waktu, bersih dan konsisten secara jahir maka itu merupakan sebuah tanda keikhlasan darinya namun secara bathin hanya Allah lah yang mengetahuinya.

Pembagian Ikhlas dalam Amalan

Berdasarkan aspek pengamalan Ikhlas itu dibagi menjadi dua yaitu ikhlas terhadap hubungan kepada Allah dan ikhlas pada hubungan antar manusia, kedua ini memiliki perbedaan yang jelas.

Ikhlas Pada Allah
Ini sama halnya seperti yang penjelasan diatas, sikap manusia dalam menjalakan ibadah tanpa harapan atau maksud apapun kecuali mengharap ridha Allah. selama ini malaksanakan ibadah shalat,puasa,sedekah dan lain-lain semua itu kita lakukan karena motivasi apa.? jawabannya ada pada diri masing-masing.

Ikhlas Antar Hubungan Antar Manusia
Hal inilah yang sangat sulit kital lakukan, ikhlas dalam membantu orang yang sedang membutuhkan bantuan, Menurut pendapat jumhur ulama, bahwa ikhlas pada hubungan manusia dan ikhlas pada Allah tidaklah berbeda, karena semua itu intinya adalah ibadah kepada Allah Swt.

Namun disini beberapa ahli fikir atau para cindekia muslim mengatakan bahwa ikhlas pada hubungan manusia itu memiliki corak yang berbeda. seperti seorang guru pengajar/pendidik atau pekerja sosial yang tetap istiqomah dan selalu tekun pada pekerjaanya meskipun gaji yang ia dapatkan sedikit jumlahnya, namun qimahnya ia melakukan hal tersebut karena Allah Swt.

Defenisi Ikhlas dalam beribadah


Contoh Ikhlas dalam amalan
Para ulama selalu menyampaikan berdasarkan dalil tentang gambaran sikap ikhlas yaitu tangan kanan berbuat namun tangan kiri tidak mengetahuinya. Dalam sebuah cerama Almarhum KH.Zainuddin MZ memberikan gambaran tentang ikhlas dengan aspek lain yaitu, ketika seseorang ingin buang hajat pastinya dia tidak merasa rugi dari hajat yang ia buang meskipun sebelumnya ia makan makanan yang enak dan mahal.

Imam Al-Gazali menyatakan bahwa manusia itu seluruhnya mati kecuali mereka yang memiliki ilmu dan orang yang berilmu itu tidur jika ilmunya tanpa amalan dan amalan yang sering dilakukan akan selalu tertipu jika tidak melakukannya dengan ikhlas.

Dan lebih jelas lagi dalam Al-Qur'an sudah sangat jelas firman Allah tentang Ikhlas sepert pada surat Albayyinah ayat 5 "manusia tidak akan diperintah kecuali untuk menyembah Allah yang penuh dengan keikhlasan". dan masih banyak lagi dalil dalam Alqur'an dan hadist yang mengupas seputar sikap ikhlas.

Demikian sedikit penjelasan seputar Pengertian Makna Ikhlas dalam Beramal semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung.

Baca Juga:  Dampak Buruk Poligami Zaman Sekarang

0 Response to "Pengertian Makna Ikhlas dalam Beramal"

Posting Komentar