Pengertian Takdir Dari Sudut Pandang Agama Islam

Pengertian Takdir Dalam Sudut Pandang Agama Islam- Dalam setiap kejadian yang terjadi pada diri manusia selalu dikaitkan dengan takdir:
Mungkin sudah suratan takdir..
Hal ini sudah ditakdirkan tuhan..
Kedua kalimat ini kerap menjadi hujjah atau alasan manusia dalam kehidupan seolah menandakan ada kepasrahan pada tuhan. pada kenyataannya ini tidaklah benar dan banyak anggapan yang keliru atau salah memahami apa itu takdir.

Pengertian Takdir Dalam Sudut Pandang Agama Islam

Pengertian Takdir Dari Sudut Pandang Agama Islam

Ada baiknya kita menelaah sejenak hakikat dari pada tekdir, Pengertian Takdir Dalam Sudut Pandang Agama Islam, agar kita tidak selalu terpuruk dari benturan masalah yang kita hadapi dalam hidup ini. kami berupaya menjelaskannya secara logika agar mudah anda pahami.

Apakah yang dimaksud dengan takdir.?

Secara singkat takdir dapat diartikan dengan ketetapan, secara istilah ketauhidan takdir merupakan sebuah ketentuan yang ditetapkan pada makhluk dari Allah sang khaliq dan itu termaktub dalam lauhil mahfuz.

Apakah manusia bisa melawan takdir.?

Untuk menjawab pertanyaan ini, sebaiknya kita mendalami pengertian dan makna takdir ini secara terperinci. Takdir itu ada pembagiannya dan ini yang harus kita pahami.

1. Takdir Mughayyarah
Suatu keadaan yang bisa diubah atas izin Allah, tergantung keinginan kuat dan usaha makhluknya, misalkan orang yang tidak pintar dengan usahanya belajar dia akan bisa menjadi pintar.
Menjadi orang baik atau orang jahat adalah pilihan, dan itu bukanlah takdir yang tetap. Anda miskin tidak memilki harta, anda bisa merubah hidup anda menjadi orang kaya dengan usaha dan kegigihan anda dengan izin Allah.

2. Takdir Ghairu Mughyyarah
Ini merupakan takdir atau ketetapan yang tidak bisa dirubah dan permanen bagi manusia dan bahkan jika makhluk melannggarnya maka dosa besar balasan yang akan diterima,  dikatakan ia melawan ketetapan Allah. 

Dalam hal ini sangat banyak contohnya, seperti jenis kelamin, jika seorang manusia itu dilahirkan jenis kelami laki-laki maka ia harus menerima takdir itu, meskipun ia lebih suka jenis kelamin perempuan, jika ia melawan takdirnya dengan merubah jenis kelamin maka ia berdosa besar.

*Bacaan Populer: Solusi Bangkit Membangun Semangat Hidup

Secara akal sehat, kita pasti bisa membedakan mana takdir ketetapan yang bisa dirubah atau mana yang ketetapn permanen, masalahnya manusia malas memikirkan dan terlalu banyak mengikuti pengaruh dunia.  


Takdir Menurut Agama islam

Jika setiap menusia ditanyakan apa yang anda inginkan.? semua jawabannya ingin kenikmatan dan kebahagiaan, ingin jadi ini, ingin jadi itu banyak hal manusia mau, secara jahiriah manusia akan mencapai keinginannya jika ia terus berupaya dan berusaha.

Allah juga tidak akan membiarkan hambanya dalam kesulitan selagi hambanya itu masih berada pada jalan yang benar. semua aturan sudah sangat jelas dalam Al-Qur'an.

Namun banyak sekali orang yang salah memahami Pengertian Takdir itu, orang terjerat kasus narkoba menyatakan yang terjadi pada dirinya adalah takdir, bahkan PSK juga banyak mengakui bahwa mereka bekerja demikian merupakan takdir, seolah pasrah dan menyatakan itu ketetapan tuhan. ini sangat salah, inilah yang dimaksud dengan buruk sangka kepada tuhan.

Anda ingin kaya.? silahkan, ingin hidup bahagia.? upayakan itu sesuai dengan jalan agama. Hidup anda susah, anda sakit, anda lapar itu semua bukan takdir yang harus anda pasrahkan,, semua bisa atas izin Allah, orang kaya memiliki harta banyak makanan banyak belum tentu orang itu bisa selalu kenyang.

Itulah sedikit penjelasan tentang Pengertian Takdir Dari Sudut Pandang Agama Islam semoga bermanfaat. jika ada hal yang kurang atau penjelasan yang kurang real mohon saran dan masukan para pembaca, untuk membangun artikel ini lebih baik dan bermanfaat bagi saudara-saudara kita. amiin.

*Bacaan Favorit: Rahasia Mencapai Sukses Dalam Hidup

0 Response to "Pengertian Takdir Dari Sudut Pandang Agama Islam"

Posting Komentar