Penyebab Rejeki Sempit dan Sulit



Penyebab Rejeki Sempit dan Sulit- Rejeki merupakan hal misteri dan kehadirannya tidak bisa dipastikan manusia, meskipun ushaha dan upaya terus kita lakukan namun belum tentu itu akan menuai hasil yang kita harapkan, begitu juga dengan apa yang kita dapatkan dari usaha kita, belum tentu itu akan kita nikmati, bisa jadi akan dirasakan dan dinikmati orang lain atau mengalir ke arah lain seperti biaya perobatan, musibah atau atau hal-hal lainnya.

Penyebab Rejeki Sempit dan Sulit

Penyebab Rejeki Sempit dan Sulit
Penyebab Rejeki Sempit dan Sulit
Kerap kali dalam hati ini kita merasa rejeki itu sulit dan sempit atau susah, menurut para ulama sufi, sebab terjadinya demikian disebabkan dua hal. Tidak sadar dan tidak berkah.

Tidak Menyadari
Kita terkadang lupa diri bahwa Allah maha mengetahui dan berkuasa atas hambanya, terkadang kita terkadang menilai kebaikan Allah itu nyata jika kita mendapat penghasilan berupa materi tanpa menyadari kenikmatan Allah lainnya, ada jutaan dan bahkan tak terhitung jumlah nikmat Allah yang tidak dapat dihitung.

Dalam hal upaya juga kita terkadang lupa dan tidak sadar bahwa kegagalan atau hal yang tidak memuaskan yang kita dapatkan disebabkan karena Allah tidak memihak kepada kita. kita lupa bahwa Allah lebih mengetahui apa yang terbaik untuk kita sebagai hamba-Nya.

Tidak Berkah
Sudah mendapat rejeki namun tetap merasa tidak cukup, merasa kekurangan terus menerus. inilah yang dikatakan tidak berkah, padahal orang disekeliling kita hanya berpenghasilan minim dan jauh lebih rendah, namun hidup mereka nyaman dan tidak ada hutang. 

Keberkahan bisa dicapai manusia dengan izin Allah, sedikit apapun penghasilan kita setiap hari atau setiap bulannya jika Allah sudah menurunkan berkahnya maka itu akan cukup bahkan lebih dari cukup. silahkan baca di : Pengertian Keberkahan Hidup

Sebab Rejeki Sulit dan tidak bekah

Pada artikel ini zonapendidikan.com merangkum beberapa ra'yun (pendapat para fuqaha') seputar sebab-sebab manusia merasa sempit rejekinya.Berbicara soal pendapatan atau penghasilan merupakan pembahasan yang sangat menarik jika dikaitkan dengan hukum agama/aqidah. seseorang yang mendapat pekerjaan yang sangat ringan namun penghasilannya lumayan besar, akan tetapi saluran pengeluaran selalu saja ada. inilah rahasia Illahi.

Kurang sedekah
Mungkin kita tidak bisa sehebat para sahabat dan ulama, yang mempertaruhkan jiwa raga dan hartanya dijalan Allah Swt. Pada masa sekarang mungkit sulit kita melakukannya, namun kita bisa menyadari dan melakukan sedikit demi sedikit. yang perlu kita ketahui adalah:

"Bahwa harta kita yang sesungguhnya adalah harta yang sudah kita belanjakn di jalan Allah.... uang yang tersimpan di Bank atau di dalam dompet itu bukanlah harta milik kita, yang di dompet anda bisa saja hilang, yang di Bank akan diambil orang lain jika hari ini malaikat ijrail mencabut nyawa anda"

Oleh karena itu, tidak heran jika seseorang yang banyak sedekah harta akan terus mengalir pada drinya, dan orang yang tidak mau bersedekah akan merasa selalu dalam kesulitan dan sempit.

Tidak Ikhlas
Bekerja perhitungan dan asal-asalan tak akan membuat penghasilan yang kita dapat. selalu merasa sulit dan rejeki kurang, penyebabnya sangat rentan akibat tidak ikhlas. untuk lebih jelas silah baca di : Pengertian Makna Ikhlas dalam Beramal

Bakhil, Kikir atau Pelit
Pelit dan hemat sangat jauh perbedaannya, terkadang ada sifat yang kurang baik bagi manusia yang rela menyiksa diri dan bahkan keluarganya, hari ini menahan lapar padahal masih ada persediaan makanan yang cukup. mungkin ini terjadi pada masa dulu, namun pada masa sekarang kerap terjadi pada anak remaja dan wanita, rela menahan lapar dan dahaga yang sangat, menahan diri untuk tidak membeli makanan dan minuman di kantin, padahal di tangannya ada uang yang cukup dan dia sudah ngiler yang teramat sangat melihat teman-temannya menikmati santapan. inilah cikal bakal dari bakhil. terkecuali benar-benar tidak memiliki uang sama sekali.

Bakhil dapat didefenisikan dengan menumpuk harta dan tidak mau berbagi bahkan untuk diri sendiri dan keluarganya, jika ia hanya memntingkan dirinya itu dikatakan tamak.

Jika sikap pelit sudah terlahir pada diri, sampai kapanpun akan tetap merasa tidak cukup dan rejekinya selalu kurang dan sempit.

Perhitungan dalam usaha
Kita bekerja pada sebuah instansi atau perusahaan secara hitungan akal manusia memang penghasilan kita tidak cukup, namun itu tidak sama dengan perhitungan Allah. karena sudah merasa tidak cukup kita selau perhitungan dalam bekerja, selalu angkat suara jika sudah berbicara perihal penghasilan mengumbar kata protes sana-sini  Jangankan berubah hidup lebih baik, manusiapun akan muak melihat sikap kita, bagaimana dengan pandangan tuhan..?

 Penyebab Rejeki Sempit dan Sulit


Keempat golongan sikap diatas itu berkaitan dengan keimanan, kembali lagi pada makna dan sikap rejeki itu merupakan sebuah misteri, meskipun Allah sudah menetapkan rejeki kita namun kita tidak mengetahui dimana dan kapan rejeki tersebut kita dapatkan, sudah mendapat pekerjaan namun selalu berhutang, itu bukanlah karena rejeki tidak cukup. namun kita hanya perlu bantuan dan keridhaan Allah Swt didalam penghasilan tersebut.

Inti dari kesulitan atau sempit rejeki itu adalah Perasaan Manusia Belaka

Jika kita berpatok pada perhitungan Bank dunia maka sampai kapan pun tidak akan pernah merasa cukup, kredit rumah, mobil, perhiasan, belajan, asuransi jiwa, asuransi pensiun, asuransi kesehatan dan masih banyak lagi,  semua itu tidak akan pernah sampai pada kategori puas.

Namun jika kita berpatok pada aturan Allah sesuai di dalam Al-Qur'an maka semua akan tercapai. Harta kekayaan akan bisa kita raih tanpa harus banting tulang atau banting fikiran. Allah akan selalu memberi jalan keluar bagi orang yang bertaqwa.

Demikian sedikit penjelasan tentang Penyebab Rejeki Sempit dan Sulit semoga bisa menjadi bahan renungan kita bersama dan selamay berusaha.



Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Penyebab Rejeki Sempit dan Sulit"

  1. Assalamualaikum wr.wb saya andy ingin berbagi cerita kepada anda bahwa dulunya saya ini cuma seorang pengamen jalanan yang pendapatannya tidak seberapa,buat makan saja nda cukup apalagi untuk beli obat buat ibu saya karna belakangan ini ibu saya lagi sakit sakitan jadi saya harus membantin tulang buat ibu saya dan adik saya karna bapak kami pergi meninggalkan kami entah kemana,,saya dapat nomor MBAH Darko dari teman saya..awalnya sih saya ragu tapi nda ada salahnya juga saya coba karna sudah banyak paranormal yang saya hubungi tapi tidak ada yang berhasil malahan cuma uang saya aja yang terkuras habis dan akhirnya saya menghubungi MBAH Darko dan mengikuti 4D nya yaitu 5713 dan alhamdulillah berhasil 085 394 591 995 .!!! Kini kehidupan kami sudah tidak seperti dulu lagi dan akhirnya saya juga sdh punya usaha sendiri dan bagi anda yang ingin seperti saya silahkan HBG MBAH Darko nomor ritual MBAH Darko meman benar2 100tembus.

    BalasHapus