Peran Ulama Salafiyah dan Ulama Modern



Peran Ulama Salafiyah dan Ulama Modern- Ulama adalah pewaris para nabi memiliki konteks yang sama dalam menegakan kebanaran dan menghalau kemungkaran. Nabi Muhammad Saw merupakan nabi akhir zaman penutup Nabi dan Rasul, Sejak raulullah wafat umat muslim berpatri pada para ulama hingga pada masa sekarang ulama merupakan panutan masyarakat awam yang belum mengerti dan memahami ilmu agama. Siapakah sebenarnya ulama itu.? dan bagaimana perannya dalam agama islam.? dan kenapa ulama itu bisa beragam.? inilah yang akan menjadi pembahasan pada artikel ini.

Peran Ulama Salafiyah dan Ulama Modern

 
Peran Ulama Salafiyah dan Ulama Modern

Dalam perkuliahan, seminar-seminar dan argumentasi para cendekia kerap kali menyebut istilah Ulama Salafiyah dan Ulama Modern, siapakah meraka sebenarnya. untuk menjawab pertanyaan ini zonapendidikan.com merangkum dalam artikel ini. Sebelum kita membahas tentang Peran Ulama Salafiyah dan Ulama Modern ada baiknya kita mengenal siapakah ualam sebenarnya.

Siapakah sebenarnya ulama.?
Dalam Bahasa Arab kata ulama diambil dari kata "علم" masdar dari "علّم" artinya mengajari. عالم: artinya orang yang memiliki ilmu pengetahuan dan jama'nya adalah علماء.

Secara istilah dimaknai dapat didefenisikan ulama adalah orang yang memiliki pengetahuan yang mendalam terhadap agama islam, orang dapat dijadikan sebagai panutan dan contoh serta mampu fatwa atau ucapan hukum yang dilontarkannya bersumber dari dalil yang shahih.

Jika ada orang yang mengakui dirinya ulama namun sikap dan perannya keluar dari pada kebenaran seperti yang disebutkan diatas, maka disitulah dinamakan kekhilafan. 


Kata Ulama ini hanya sebutan saja, tidak ada ukuran yang jelas siapakah orang yang pantas disebut ulama, namun secara lahiriyah kita hanya bisa menerka bahwa orang yang memiliki ilmu yang luas dalam agama islam dan berpegang teguh dalam kebenaran, itulah menurut pandangan kita selama ini.

Perbandingan antara Ulama Salafiyah dan Ulama Modern


Ada juga pandangan lain mengatakan bahwa ulama itu adalah orang yang memiliki keahlian yang tidak dimiliki orang lain, mengetahui hal-hal gaib, orang yang memiliki majelis atau pimpinan pondok pesantren dan lain-lain

Peran ulama pada Agama
Hal ini pastinya sudah anda ketahui, meski ada jutaan buku yang membahas pengertian dan peran ulama namun secara akal bisa kita rangkum bahwa ulama itu memiliki peran penting dalam menegakkan kebenaran, memuliakan Allah, mencintai Rasulullah dan menjaga agama islam dengan tenaga dan pemikirannya.

Ulama bertanggung jawab penuh menjaga generasi islam, memberikan pengajaran dan mencegah masuknya aliran menyesatkan yang dapat mempengaruhi umat islam. peran ulama sangat dibutuhkan sehingga masyarakat awam memiliki sandaran.

Peran ulama juga bisa dikaitkan dengan media, mungkin saja dalam mempelajari tafsir, hadist, kitab-kitab kita belum bisa memahami dan disini peran ulama bisa diandalkan untuk membantu pemahaman kita.

Jadi jika ada argumentasi yang menyatakan ualama itu tidak penting dan hanya sebagai pemecah islam. ini merupakan kebohongan besar, bahkan sebaliknya dengan adanya ulama kita mampu meraih taqwa dan meningkatkan keimanan kita. jikapun ada ulama yang melenceng atau keluar dari syariat itu lain lagi permasalahannya.

Peran Ulama Salafiyah dan Ulama Modern
Salafi artinya klassik, jika anda mendengar istilah ulama salafiyah pengertiannya adalah ulama yang mengaplikasikan hukum secara dalil secara murni. tidak mau memakai pemikiran pribadi, secara murni seperti yang dilakukan oleh Nabi Muhammad Saw dan para sahabat atau generasi setelahnya yang masih berpegang teguh pada dalil Al-Qur'an dan hadist secara murni.

Orang yang menganut metode salafi ini disebut dengan As-Salafi dan kelompoknya disebut dengan As-Salafiyuun.

Berbalik dengan ulama modern, mereka adalah orang yang mengaplikasikan hukum dari dalil daan kebanyakan sudah bercampur dengan pemikiran dan penyesuaian zaman dan situasi. corak pemikiran modern ini lebih kepada pemikiran dan pertimbangan serta kemudahan.

Untuk lebih jelas pebandingan antara Ulama salafi dan ulama modern perhatikan contoh berikut:

Dalam membersihkan najis besar dari kulit haruslah disamak dengan tanah dan dibasuh dengan air dengan tujuan agar terjamin kebersihan dan hilangnya bekas najis: Salafiyah

Jika memang tujuannyan kebersihan dan menghilangkan bekas najis bisa saja menggunakan sabun atau permbersih lainnya bahkan selain bersih ada nilai tambah seerti memberi bekas wangi pada kulit : Modern

Peran Ulama Salafiyah dan Ulama Modern

Peran Ulama Salafiyah dan Ulama Modern sangat berbpengaruh pada masyrakat dan pelajar. karena kerap bertolak belakang pada prinsip sangat wajar ada perseteruan atau perdebatan antara keduanya. 

Perlu kita ketahui bahwa tujuan dan motif Ulama Salafiyah dan Ulama Modern adalah sama hanya cara dan metodenya saja berbeda, sebagai pelajar kita tidak bisa menilai mana yang paling benar atara keduanya meskipun dalam hati ingin mengtahui namu Allah lah yang lebih mengetahui.

Demikian penjelasan tentang Peran Ulama Salafiyah dan Ulama Modern semoga bermanfaat dan bisa menjadi pengetahuan. jika ada kekeliruan dan kekurangan pada artikel mohon saran dan masukan dari para pembaca untuk perkembangan artikel ini dan bermanfaat bagi orang lain.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Peran Ulama Salafiyah dan Ulama Modern"

Posting Komentar