Sejarah Lahirnya Sekte Dalam Islam

Sejarah timbulnya Sekte Dalam Islam - Dalam mempelajari sejarah peradaban islam atau memperhatikan perkembangan agama islam pada zaman sekarang, islam memiliki berbagai corak atau yang biasa disebut sekte-sekte, sebagai pelajar yang berpendidikan khususnya bagi anda yang kuliah pengetahuan tentang sekte islam sangatlah penting ditelaah dan dipelajari.

Sejarah timbulnya Sekte Dalam Islam 

Sejarah Lahirnya Sekte Dalam Islam

Kenapa islam terbagi menjadi kelompok-kelompok.? Sejak kapan islam masuk pada sekte-sekte.? apa pengaruh sekte dalam islam.? inilah yang akan menjadi pembahasan menarik di artikel zonapendidikan.com yang bertema Sekte-Sekte Dalam Islam.

Sebelum kita melakukan riset tentang sekte-sekte islam ini, modal yang paling penting adalah penguasaan sejarah peradaban islam, jika anda belum menyentuh pelajaran seputar sejarah peradaban islam maka anda akan kesulitan dalam memahami corak atau sekte dalam islam.

Kapan timbulnya sekte-sekte islam
Jauh sebelum islam berkembang keluar jazirah arab banyak hal terjadi kontra antar pendapat antar sahabat, disaat Nabi Muhammad masih hidup ada beberapa orang yang mengakui dirinya sebagai Nabi juga, ini adalah permasalahan yang sangat signifikan membuat perpecahan dalam islam dan banyak lagi kontra yang memunculkan kontra antar sahabat seperti kelompok kaum yang munafiq dan lainnya.


Pada saat rasulullah wafat ada banyak perselisihan antar sahabat sampai kepada pembaiatan Abu Bakar As-Shiddiq menjadi khalifah. disini perlu kita ketahui, dalam buku referensi apapun kita baca. Pada peristiwa pengangkatan Abu Bakar As-Shiddiq menjadi khalifah inilah cikal bakal timbulnya kelompok syi'ah. mereka punya alasan sendiri yang mereka yakini. Dalam kelompok syia'h ini pun tidaklah satu didalamnya ada beberapa pembagian lagi yang berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Sebab Terbentuknya sekte-sekte dalam islam


Ini adalah salah satu contoh sekte besar, kelahiran atau timbulnya sekte-sekte dalam isalm itu sudah ada sejak Raulullah wafat. meskipun ada yang mengatakan timbulnya sekte-sekte pada masa khalifah Ali bin Abi thalib atau pada masa pemerintahan dinasti Ummayah, ini hanya membahas pada salah satu sekte saja, namun sekte pertama muncul, seperti yang disebutkan diatas.

Kenapa Islam itu disekte.?
Islam disekte atau dibagi kepada menjadi kelompok-kelompok pada dasarnya bukan untuk kepentingan islam itu sendiri. dari sekian banyak nama sekte-sekte islam yang menyebar sampai sekarang apakah ada termaktub dalam kitab suci Alqur'an.

Kami mengutip perkataan dari ceramah seorang da'i internasional yang fenomenal yaitu: Dr.Zakkri Naik yang sampai sekarang beliau selalu menentang siapapun yang ingin berdiskusi atau berdebat seputar islam. dalam ceramahnya berliau mengatakan:
Islam itu adalah yang mengikuti Al-Qur'an dan Sunnah Nabi Shahih, tidak ada sekte dalam islam yang tercantum dalam Al-Qur'an dan saya bukan dari satu sekte manapun, bagi saya islam itu hanya satu.

Sejarah Lahirnya Sekte Dalam Islam 

Kenapa islam dikelompok-kelompokan.? untuk menjawab pertanyaan ini sangatlah mudah anda hanya perlu membaca sejarah lahirnya dan berkembangnya sekte tersebut. disini kita akan melihat sebab-sebab berdirinya, dan perkembangannya terkadang memunculkan kebingungan contohnya seperti ini:
Dalam satu sekte ternyata ada beberapa orang didalamnya yang berbeda pendapat dan sebagian dari mereka keluar dari sekte tersebut dan membuat sekte lain dan mengatakan kelompok mereka itu adalah kebenaran.
Bisa kita maknai bahwa pendirian sekte dalam islam itu adalah kepentingan satu kaum atau kelompok atau mungkin alasan lain diluar kepentingan agama islam itu sendiri. silahkan baca lagi sejarah.

Bagaimana Pengaruh sekte dalam islam
Jawaban dari pertanyaan ini sangat banyak dan cukup membaca situasi kita sudah mengerti dan mengetahuinya, dampak atau pengaruh sekte dalam islam itu lebih mengacu pada hal negatif. perpecahan antar umat islam dan ini juga dapat mempengaruhi syariat islam itu sendiri, jadi tidak heran banyak kita temukan ragam dari sistem atau cara beribadah dari setiap sekte-sekte islam.

Islam murni hanyalah islam yang menjalankan syariat sesuai dengan Al-qur'an dan hadist shahih dan adapun Pebedaan pendapat dalam islam pada kalangan cedekia, pemikir itu merupakan hal yang wajar, dari beberapa imam yang paling tersohor ada 4 imam yang pastinya sudah kita ketahui bersama, meskipun keempat imam ini memiiliki perbedaan pendapat namun tidak pernah ada kontropersi daiantaranya, yang membuat sekte-sekte adalah para pengikutnya yang fanatik. 

Mari kita belajar lagi untuk memperdalam ilmu agar tidak terjadi kekeliruan dan salah paham dalam memaknai dari argumentasi orang lain, demikian penejelasan tentang Sejarah Lahirnya Sekte Dalam Islam  semoga bermanfaat.

0 Response to "Sejarah Lahirnya Sekte Dalam Islam "

Posting Komentar