5 Langkah Sukses Guru Mengajar di Kelas

Langkah Sukses Guru Mengajar di kelas- Profesi menjadi seorang guru, sudah pasti kegiatan seharinya adalah mengajar, mentransfer ilmu kepada murid. Menjadi guru adalah sesuatu kelelahan yang tidak bisa diungkapkan, setiap sekolah pasti berbeda tipe kerja guru-gurunya.

5 Langkah Sukses Guru Mengajar di Kelas


5 Langkah Sukses Guru Mengajar di Kelas
5 Langkah Sukses Guru Mengajar di Kelas- Suasana dalam kelas guru  dihadapkan dengan murid yang berjumlah banyak, umunya di sekolah-sekolah indonesia memiliki 20-30 siswa setiap kelas bagaimana kita bisa membentuk suasana nyaman agar proses belajar-mengajar bisa berjalan lancar. Seorang pakar pendidikan Jepang pernah mengungkapkan di salah seminar terbuka internasional 2013. 

"Guru yang mengajar dikelas dengan membiarkan sebagian anak didiknya tidur atau bermain di kelas sementara dia hanya mengajari murid yang mau mendengarkannya saja,, itu adalah guru yang gagal." itu bukan guru yang baik.


5 Langkah Sukses Guru Mengajar di Kelas

Di dalam kelas guru harus memperhatikan seluruh siswa, penguasaan kelas itu adalah perioritas dalam mengajar, guru harus mampu membuat seluruh murid mendengarkan dan mengikuti setiap  arahan, dengan kata lain guru bisa menarik perhatian mereka dengan begitu proseses belajar-mengajar akan terkordinir dengan baik dan tujuan pembelajaran tercapai.
Bacaan Populer: Boleh atau tidak pacaran dalam islam
Pada dasarnya setiap tingkatan sekolah berbeda jurus yang digunakan dalam mengajar dan mendidik, seperti menarik perhatian murid SD tentunya berbeda dengan murid SMP dan SMA.

Pada halaman ini zonapendidikan.com berbagi tips secara umum untuk keberhasilan anda sebagai guru dalam mengajar di kelas, ada 5 langkah yang harus kita perhatikan
  • Perhatikan Penampilan
Langkah Sukses Guru Mengajar di kelas yang pertama adalah mode penampilan, Menjadi seorang guru penampilan adalah peringkat teratas, karena anda menjadi pusat perhatian, anda akan diperhatikan dari rambut sampai ujung kaki.

Bacaan Populer: Penyebab Fikiran Stres Hilang Kendali

Perhatikan penampilan anda sebelum memasuki kelas, jadikan penampilan anda menarik dan cool tapi jangan berlebihan, pakailah minyak wangi sedikit untuk kesegaran suasana kelas, bukan hanya pakaian yang anda perhatikan tapi seluruh anggota tubuh, seperti mata, mulut, gigi dan lain-lain. bagaimana anda mengajar jika gigi ada menempel cabe,, bisa berabe dan malu pastinya jika anda ditertawakan siswa anda.

  • Siapkan Materi Dengan Baik
Materi adalah perioritas dalam Langkah Sukses Guru Mengajar di kelas, jika seorang guru masuk kelas tanpa mempersiapkan materi, sudah bisa di prediksi proses belajar-mengajar akan amburadul dan berantakan, ujungnya bercerita atau hal-hal lain yang terjadi diluar lingkaran pembelajaran. meski hal ini sudah lumrah terjadi di lingkungan kita, tapi apakah kita selalu begitu, sadarlah bahwa sebagai guru ada tanggung jawab yang harus diemban.
Bacaan Populer: Jenis Wanita yang tidak baik dijadikan Istri
Terkadang anda tidak sadar murid akan mengawasi dan menilai anda, kadang secara tidak sengaja dia mengungkapkan kebiasaan buruk gurunya kepada orang tua. jadikanlah niat mengajar itu kerna Allah dan harus ikhlas, itulah kemuliaan seorang guru,  pada point ini persiapan materi anda harus matang.

  • Siapkan Senjata (Doa, Senyum dan Inspirasi)
Jika anda ingin sukses dalam Mengajar di kelas mulailah pempeljaran dengan doa, Doa sebelum belajar itu sangat penting, untuk menyadarkan siswa bahwa belajar itu adalah sebuah ibadah. tunjukkan senyuman dan tunjukkan wajah yang fress serta penuh semangat, jika anda sedang dalam posisi emosi atau tidak enak fikiran, berikan senyum sedikit saja, yang penting senyum.

Senyum itu memiliki kekuatan yang berpengaruh besar pada keadaan. tapi ini digunakan sesekali saja, kalau senyum terus tanpa henti,, itu sudah diluar normal. sebelum memulai pembelajaran berikan sedikit motivasi kepada siswa selama 3 menit, sehingga membuat mereka bersemangat dan berfikir untuk meraih cita-cita mereka di masa depan.


  • Berkeliling Kelas
Ini adalah cara untuk mengawasi murid, saat megajar jangan hanya duduk di meja guru tapi anda harus berkeliling dalam kelas mengitari siswa anda. jangan bisarkan ada murid yang ribut atau tidur di kelas. buatlah celotehan yang lucu atau sindiran sehingga mereka sadar bahwa belajar itu harus serius.
jika ada terjadi sesuatu hal yang diluar kendali saat anda sedang mengajar, seperti ada murid yang nakal dan melawan atau tidak mau mendengarkan kata-kata anda. 

hal yang paling tepat anda lakukan adalah jangan memarahi dan jangan menyuruh dia keluar kelas, tapi pukul dia dengan pukulan mental (pukan dengan pukul fisik), ini adalah trik ampuh, seperti anda memuji murid yang semangat belajar dan mengatakan dia hebat, saat ada murid yang melawan jangan berfokus padanya anda teruslah mengajar dan membuat sebuah pujian bagi siswa atau siswi yang mau mengikuti kata-kata anda, hal ini akan membuat murid yang nakal terpukul.  tapi jangan hanya sampai di situ, anda tetap senyum saat melihat ke arahnya. dan sebelum jam belajar selesai berilah pengertian kepada murid bahwa kegigihan dalam menuntut ilmu itu penting, atau baiknya anda bercerita sedikit tentang tokoh-tokoh yang sukses dalam menuntut limu.
Bacaan Populer: Penyebab Mesin ATM Macet
Dengan anda berkeliling kelas banyak hal yang akan anda dapat. dan itu tidak capek hanya melihat aktifitas siswa saja, anda akan melihat langsung dan jelas apa yang mereka lakukan saat anda menjelaskan materi.

  • Jangan Paksakan Kehendak, Pahami Kepribadian Murid (Cari Alternatif lain)
Kesuksesan Guru Mengajar di kelas berdasarkan perhatian penuh, setiap siswa daya tangkap mereka pasti berbeda, mungkin akan berpengaruh besar pada guru eksat seperti matemematika, fisika, kimia dan lain-lain, saat anda mengajar dan ada siswa yang tidak mampu memahami materi anda, janganlah pakasakan mereka dan jangan sampai anda emosi tapi ambillah sisi lain yang bisa membuat dia mengerti.

jika anda terlalu memaksakan atau memberi hukuman bagi murid yang tidak bisa menjawab dari pertanyaan materi anda, sontak 100% anda akan di benci murid dan pelajaran anda tidak akan disukai. saat ada murid yang tidak bisa jangan dibiarkan..!!! buatlah alternatif lain yang unik dari materi anda. berarti anda harus memiliki jurus ampuh untuk menangani ini, karena mungkin terjadi dari berbagai sebab, seperti malas, lemah  IQ nya atau memang karena sebab yang lain.

5 Langkah Sukses Guru Mengajar di Kelas

Sekarang ini bukan zaman pemaksaan seperti penerapan zaman dulu, dulu kita dipaksa dan sering di hukum guru, amarah sang guru adalah sarapan kita setiap pagi, tapi kita tidak berani melawan dan bahkan terus berusaha untuk bisa, sekarang hal seperti itu sudah terhapus peserta didik harus diayomi dan tidak boleh melakukan kekerasan sesuai peraturan negara, oleh karena itu beban kerja guru semakin berat. Tanpa ada rasa ikhlas dan semangat yang kuat kita akan selalu merasa terbeban.

Bacaan Populer: Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar

Demikianlah Tips dari saya, apda dasarnya itu semua bisa kita lakukan jika kita memiliki jiwa yang kokoh sebagai seorang guru yang sejati, guru bukanlah hanya sebagai pengajar tapi juga sebagai pendidik. Semoga bermanfaat, Langkah Sukses Guru Mengajar di kelas .

0 Response to "5 Langkah Sukses Guru Mengajar di Kelas"

Posting Komentar