7 Hal Yang Harus Dipersiapkan Guru Sebelum Mengajar



7 Hal Yang Harus Dipersiapkan Guru Sebelum Mengajar- Profesi anda seorang guru.? jika itu benar maka sebuah karunia telah anda dapatkan, anda memiliki tugas yang sangat mulia, mengajar dan mendidik siswa adalah kegiatan anda sehari-hari. Banyak orang beranggapan guru hanya seorang pengajar, mengajar dan memberi nasehat kepada muridnya di sekolah, itu adalah tanggapan yang sempit, selain pengajar guru merupakan seorang psnutsn dan pusat perhatian murid-muridnya serta menjadi contoh. sadarkah anda selama ini bahwa murid anda sedang memperhatikan gerak-gerik anda.


7 Hal Yang Harus Dipersiapkan Guru Sebelum Mengajar

7 Hal Yang Harus Dipersiapkan Guru Sebelum Mengajar

Pada kesempatan ini saya akan memberikan tips kepada guru-guru agar selalu eksis dalam memberi pengajaran kepada murid-murid anda. ada beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum anda memasuki kelas.

  • Siapkan Materi Anda (Kuasai)
Ini merupakan perioritas utama, bahkan negara kita pun mewajibkan kepada setiap guru untuk membuat perencanaan pembelajaran atau yang biasa kita kenal dengan sebutan (RPP). mungkin terkadang ada rasa malas datang menerpa saat kita ingin mengajar, tapi tugas tetaplah tugas kewajiban ini yang harus kita laksanakan. jika rasa malas itu datang, buatlah materi yang sedikit tapi anda harus kuasai penuh (untuk berjaga-jaga agar anda  terlihat mampu di depan murid).

  • Perhatikan Pakaian yang Anda Kenakan
Nah, ini dia yang sering jadi problem, dari sekian banyak murid kita disekolah, 3 dari 10 orang pasti pernah membicarakan tentang penampilan gurunya (bukan suuzhan, tapi itu kebiasaan anak-anak,bahkan orang dewasa pun ada). 
Kalau seorang guru berpenampilan berlebihan, itu sudah pasti jadi bahan omongan murid anda, mungkin jika mereka hanya membahas dilingkungan sekolah itu tidak masalah, bagaimana jika mereka sampai menyampaikan kepada orang tuanya di rumah..?

 Baca Juga: Dampak Buruk Guru Gaji Tidak Cukup
Mungkin ada kesalahan pada pakaian anda, sebelum memasuki kelas perhatikan stelan pakaian anda, jika anda seorang lelaki lihatlah resleting celana anda, sudah tertutup atau belum,? bagi kaum perempuan perhatikan jilbab atau bagian depan pakaian anda, ada yang aneh gak.? sepatu anda dah beres belum..?  jika sudah aman silahkan periksa yang lainnya.

  • Periksa Anggota Tubuh Anda
Sebaiknya anda memeriksa bagian-bagian dari tubuh anda seperti gigi, mulut, atau wajah anda, kenapa saya sarankan demikian,? bayangkan saja saat anda mengajar dikelas ternyata ada cabe menempel di gigi anda, ini akan mempermalukan diri sendiri, atau anda seorang laki-laki ada sesuatu di leher anda (bekas sesuatu) ini akan membuat murid anda bertanya-tanya dan membuat anda malu atau terkadang wajah anda sering berkeringat bawalah tisu, menjaga tubuh untuk tetap fress itu sangat perlu.

  • Perlengkapan Mengajar itu Sangat Penting
Bawalah atribut atau perlengkapan mengajar stiap anda memasuki kelas, jika sampai meminjam pena kepada siswa untuk keperluan anda seperti membaca absen, ini merupakan sebuah aib seorang guru. bagaimana jika seorang anak bercerita kepada orang tuanya "Bapak itu tidak ada modal kalo mengajar cuma bawa buku, pulpen selalu dipinjam ke siswa"... waduuh jika sampai terjadi seperti ini marwah kita sebagai seorang guru akan jatuh.

  • Wangi itu Perlu
Lebih baik anda memakai wangi-wangian sebelum memasuki kelas, hal ini untuk membuat anda selalu fress dan murid merasa nyaman dekat dengan anda, hindari bau yang tidak enak dari anda, seperti bau ketiak, bau mulut dan lain-lain. saat anda mengajar dan mulut anda bau, ini sangat mengganggu apa lagi anda berdekatan dengan siswa anda.

  • Manajemen Waktu
Jika kita sering terlambat memasuki kelasm sebaiknya kebiasaan itu kita hilangkan, selain itu melanggar aturan agama, ini juga tidak memberi kesan baik kepada murid karena jika anda sering telat memasuki kelas, murid tidak akan menghargai kita, memang mereka tidak akan menyampaikan kepada kita, tapi secepat kilat perkataan itu akan sampai kemana-mana. inilah yang dinamakan korupsi waktu. jadi kita harus mengatur waktu sebelum memulai hingga mengakhiri pembelajaran.

  • Persiapkan Sebuah Lelucon 
Garang boleh saja jika sudah saatnya, wibawa juga harus ada, tapi sebuah lelucon perlu anda persiapkan sebelum anda mengajar yang bisa menghibur murid-murid anda, membuat mereka tertawa sejenak. agar proses pembelajaran yang anda bawa tidak kaku dan jenuh, apalagi anda guru eksat, seperti matematika, fisika, kimia dan lain-lain, janganlah buat materi anda itu terasa menyeramkan dan and juga jangan terlihat seram. setiap sebelum anda memasuki kelas persiapkanlah sebuah lelucon singkat dan lucu sehingga anda bisa tertawa bersama murid-murid anda.

Baca Juga: 7 Jurus Menundukkan hati wanita  

Demikian sedikit tips dari saya, disetiap sekolah pasti memiliki kondisi yang berbeda, anda lebih tahu untuk mengatur semua itu, dengan tips diatas semua itu dengan tujuan agar tugas kita terlaksana dan kita disukai olehn murid-murid, serta tidak ada pandangan negatif terhadap kita sebagai gurunya, aminn,, semoga bermanfaat,, Semoga anda selalu menjadi guru teladan- 7 Hal Yang Harus Dipersiapkan Guru Sebelum Mengajar


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Hal Yang Harus Dipersiapkan Guru Sebelum Mengajar"

Posting Komentar