Cara Menghadapi Anak yang suka Menangis

Cara Menghadapi Anak yang suka Menangis- Tangisan adalah suatu pelampiasan rasa dari diri manusia, tangisan bisa terjadi dari berbagai sebab biasa diawali dengan kesedihan dan linangan air mata, banyak penelitian mengatakan bahwa dengan mengeluarkan air mata dapat membersihkan bola mata dan bagian dalam mata. berarti dapat disimpulkan bahwa menangis juga memiliki nilai positif.

Cara Menangani Anak Yang Suka Menangis

Cara Menghadapi Anak yang suka Menangis


Setiap manusia pasti pernah menangis dan setiap manusia juga berbeda sikap dalam tangisannya tergantung usia menusia itu sendiri. Pada artikel ini zonapendidikan.com memberikan tips untuk anda dalam menghadapi anak yang suka menangis atau menangani anak yang suka menangis pada usia dini.
  • Pahami Sebab Si Anak Menangis
Cara Menghadapi Anak yang suka Menangis yang pertama adalah memahami penyebab, Biasanya kalau anak kecil menangis d awali dengan sebab yang logis dan bisa kita cari tahu, biasanya karena ada rasa sakit, keinginan tidak dipenuhi, ingin di perhatikan dan lain-lain, anda bisa mencari tahu dengan menanyakan secara merayu dan memuji si anak, dengan mudah si anak akan mengutarakan apa yang ia rasa. "namanya juga anak kecil".
  • Beri dia pelajaran
Cara Menghadapi Anak yang suka Menangis selanjutnya Jika sang anak menagis karena keinginannya tidak anda penuhi, dan anda juga merasa berat untuk memberikan, sebaiknya anda memberi pelajaran untuk si anak. satu hal yang perlu kita tahu bahwa dengan memenuhi keinginan anak terus menerus itu bukanlah pendidikan yang benar dan itu akan membuat si anak manja dan tidak mandiri.

Bacaan Populer: Dampak Buruk Poligami Zaman Sekarang
Memberi pelajaran dengan mendiamkan sejenak, biarkan ia menangis untuk sejenak, lalu setelah tangisan itu sedikit  mereda baru anda keluarkan jurus berikut.
  • Memberikan  Pujian
Memberikan pujian adalah tips yang ampuh dalam Menghadapi Anak yang suka Menangis saat anda memuji sang anak dia akan terbujuk secara perlahan, misalnya, si anak minta dibelilan mainan dengan harga mahal, anda bisa memberi dia pengertiaan dengan memuji "Nak,, masak sudah gedek main gituan,, kan adek anak pinter, rajin " begitulah kata kira-kira, dengan mengungkit sisi baik dari sifatnya, sesuai keadaan.
  • Jangan Memarahi Tapi diamkan
Jika rayuan tidak mempan kita seharusnya jangan marah meskipun emosi sudah memuncak, seperti saat sang anak menagis ditempat terbuka misalkan di Mall atau tempat ramai lainnya, anda jangan memarahi apalagi  sampai mencubitnya, karena itu tidak baik bagi si anak. diamkan dan segera anda bergegas meninggalkan keramaian ini merupakan Cara Menghadapi Anak yang suka Menangis yang efektif.
  • Memberi Kejutan/Surprise
Surprise kepada anak sangat penting merupakan salah satu Cara Menghadapi Anak yang suka Menangis saat ia menangis berikan sesuatu yang kira-kira mengejutkan dia atau membuat dia tertarik, seperti saat anak menangis minta es cream padahal dia sedang kurang sehat, anda bisa memberi dia sesuatu yang lain yang disukainya.
  • Penanggulangan
Cara Menghadapi Anak yang suka Menangis yang lain adalah penaggulangan,  Ini adalah tahap untuk mengurangi kebiasaan anak menangis. hal ini anda bisa lakukan dengan pendekatan agama, seperti sering bercerita tentang kisah Nabi, Sahabat dan kisah-kisah islam yang membuat ia merasa harus gentle (tidak cengeng), tapi cara ini mungkin ribet karena anda dituntut untuk banyak bahan tentang ajaran dan kisah agama islam tapi jika anda mampu itu lebih baik.

Cara Menangani Anak Yang Suka Menangis

Selain itu anda harus bisa menunjukkan kepada si anak sikap yang tegas dan memberi contoh yang baik tentang perjuangan dalam hidup, sering mengeluarkan kata untuk memancing sikap kritis si anak.

Bacaan Populer: Penyebab susah tidur dan gelisah
Contohnya : saat anda pulang kerja tentunya anda mersa lelah dan capek, saat dia bertanya " Ayah dari mana aja kenapa Lessu kali" saat dia bertanya begitu disitulah peluang bagi anda untuk memberi dia sebuah tausiah, anda bisa mengatakan "ayah tadi kerja nak, untuk bisa belikan mainan kamu" coba mulai dengan kata demikian atau katakan lagi " kalo ayah sakit kamu jangan nakal ya".

Hal ini perlu anda lakukan sesuai dengan keadaan anda dirumah dan pekerjaan anda. intinya membuat si anak jangan terlalu cengeng dan manja.
  • Sadar Dan Tawakkal
Cara Menghadapi Anak yang suka Menangis yang terakhir adalah kesabaran dan tawakkal, Semua orang ingin memiliki anak yang patuh kepada orang tua, taat kepada agama dan bisa kita katakan Anak yang Sholeh. yang paling utama kita harus sadari bahwa anak adalah cobaan dan itu titipan tuhan.  mengurus anak adalah ibadah oleh karena itu kita juga harus berdoa memohon pertolongan Allah Swt.

Sebenarnya mendidik anak itu banyak cara dan strateginya tergantung lingkungan dan kondisi dimana kita tinggal. semoga artikel ini berguna dan anak beserta anak didik kita selalu dalam lindungan Allah dan kita sebagai pendidik selalu sabar dan mendapat keberkahan.

Bacaan Populer:  Penyebab Siswa Bandel di Sekolah

Semoga Bermanfaat dan terimaksih sudah berkunjung berikan komentar di situs: Cara Menghadapi Anak yang suka Menangis 

0 Response to "Cara Menghadapi Anak yang suka Menangis"

Posting Komentar