Dampak Buruk Tergesa-gesa dalam Bekerja



Dampak Buruk Tergesa-gesa dalam Bekerja- Tergesa-gesa adalah melakukan suatu pekerjaan diluar dari jangkauan fokus, tidak teliti dan ingin cepat penyelesaiannya.  Dalam keseharian kita pastinya sering melakukan berbagai kegiatan, baik itu kegiatan kerja, olahraga, ibadah dan lain-lain. kita selalu berharap dari kegiatan yang kita lakukan membuah hasil yang baik tapi terkadang kita tidak memikirkan apakah kita sudah melakukan yang terbaik.? sama halnya kita ingin selalu sehat tapi kita selalu makan asal-asalan dan tidak teratur itu sama saja dan tidak akan ada dampak hasil yang kita harapkan.


Dampak Buruk Tergesa-gesa dalam Bekerja

Dampak Buruk Tergesa-gesa dalam Bekerja

Mengerjakan suatu kegiatan haruslah kita lakukan dengan hati-hati dan secara teratur untuk mewujudkan hasil yang kita harapakan. melakukan sesuatu secara terburu-buru atau tergesa-gesa adalah celah untuk suatu kegagalan. kita tidak akan menggapai tujuan yang baik bahkan bisa jadi 100% gagal total. dan itu sangat tidak baik.
Allah Berfirman di dalam Al-Qur'an:

*لَا تُحَرِّكْ بِهِ لِسَانَكَ لِتَعْجَلَ بِ * إِنَّ عَلَيْنَا جَمْعَهُ وَقُرْآنَهُ *  فَإِذَا قَرَأْنَاهُ فَاتَّبِعْ قُرْآنَهُ *  ثُمَّ إِنَّ عَلَيْنَا بَيَانَهُ 
Artinya: “Janganlah kamu gerakkan lidahmu untuk membaca Al-quran karena hendak cepat-cepat menguasai-nya. Sesungguhnya atas tanggungan Kami-lah mengumpulkannya di dadamu dan membuatmu pandai membacanya. Apabila Kami telah selesai membacakannya maka ikutilah bacaannya itu. Kemudian, sesungguhnya atas tanggungan Kami-lah penjelasannya”.

Dari ayat tersebut dijelaskan bahwa membaca ayat Al-Qur'an tidak boleh secara cepat-cepat atau terburu-buru karena itu tidak berakibat baik, dari sini kita dapat membandingkan bahwa untuk membaca Al-Qur'an saja tidak boleh, padahal itu hanya membaca apa lagi dengan kegiatan lain, seperti kegiatan ibadah.
 
seperti kita ingin mengejar shalat jamaah dengan berlari ke mesjid, dan berwuduh' cepat-cepat kemudian shalat mengikut imam. disini kita bisa bayangkan, apakah sudah sah wudhu' kita tadi.?apakah kita bisa menjamin sudah memenuhi syarat wudhu'.? jika kita berlari secara otomatis detak jantung akan lebih cepat dan nafas kita akan tidak teratur, bagaimana kita bisa shalat dengan tenang jika sudah ngos-ngosan. nah inilah yang memicu shlat kita tidal akan sempurna.Begitu juga dengan kita makan, saat kita makan dilakukan secara terburu-buru ini akan memicu bahaya bagi alat pencernaan kita.

Dalam Surat  Al-Isra’ ayat 11 Allah Berfirman :
* وَيَدْعُ الإنْسَانُ بِالشَّرِّ دُعَاءَهُ بِالْخَيْرِ وَكَانَ الإنْسَانُ عَجُولا
Artinya: “Dan manusia berdoa untuk kejahatan sebagaimana ia berdoa untuk kebaikan. Dan manusia itu bersifat tergesa-gesa.”

Tergesa-gesa Adalah Perbuatan Syaitan

Kenapa kita selalu bersikap tergesa-gesa.? Ini karena kebiasaan manusia selalu ingin terburu-terburu dan tidak sabar dalam menunggu untuk sebuah harapan yang dicapai, sebagian ulama berpendapat bahwa perbuatan tergesa-gesa itu adalah sifat syaitan. adapun sebab kita berbuat tergesa-gesa kira-kira sebagai berikut:
  • Tidak Sabar
Pada dasarnya kita ingin yang terbaik dan malas untuk terlalu lama menunggu dan kita memicu diri untuk mencari cara agar lebih capat dan instan, inilah yang menyebabkan diri kita tergesa-gesa dalam melakukan kegiatan.

  • Tidak mengontrol waktu dengan baik
Ini biasanya sering kita alami dalam hal ibadah, saat azan berkumandang, kita selalu mengulur waktu untuk mengerjakan shalat, saat waktu mau habis kita terburu untuk shalat atau tiba-tiba ada hal yang bersifat mendadak kita bergegas wudhu' dan shalat secara terburu-buru.

  • Sering Lupa
Ini adalah bawaan diri dari kita, mungkin kita lupa melakukan sebuah pekerjaan dan itu dijadwalkan hari ini harus selesai, tiba-tiba di siang harinya kita baru mengingatnya, sontak kita akan mengerjakan itu dengan tergesa-gesa karena sudah dikejar waktu. ini bisa saja terjadi karena kurang teliti.
  • Terlalu Berambisi untuk Melakukan Hal Banyak
Dalam bekerja terkadang kita terlalu berambisi untuk melakukan banyak hal, mungkin untuk menunjukkan kemampuan kita kepada atasan atau hal lain jika sudah begini rasa fokus akan berkuarang sehingga kita akan sibuk dan tergesa-gesa dalam bertindak.

Fokus dan teliti sangat duperlukan dalam bekerja, bahkan untuk mengambil keputusan dalam suatu permasalahan ini fokus itu harus kita miliki. jika sudah tergesa-gesa dan terburu-buru hasil kerja kita tidak akan baik. kita bisa mengontrol diri jika kita sudah mengerti dan faham akan hal ini. semoga bermanfaat- Dampak Buruk Tergesa-gesa dalam Bekerja


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dampak Buruk Tergesa-gesa dalam Bekerja"

Posting Komentar