Metode Jitu Mengajar Percakapan Bahasa Arab



Metode Jitu Mengajar Percakapan Bahasa Arab- Pada halaman ini saya membagi sedikit tips untuk metode yang bisa anda gunakan sebagai senjata dalam mengajar bahasa arab secara privat, Biasanya jika anda mengajar bahasa arab diluar sekolah anda dituntut untuk membuat membuat murid anda bisa berkomunikasi dalam bahasa arab ini adalah tantangan besar bagia anda, ada persiapan yang harus anda perhatikan sebelum anda melangkah, selain anda mengajarkan ilmu bahasa arab anda harus bisa membuat audiens atau murid anda tidak merasa bosan dan jenuh, dengan ini anda harus membuat mereka tertarik dengan bahasa arab.

Metode Jitu Mengajar Percakapan Bahasa Arab 

Metode Jitu Mengajar Percakapan Bahasa Arab

 

Metode Jitu Mengajar Percakapan Bahasa Arab- Hal ini pernah saya alami saat saya ada tawaran untuk mengajar bahasa arab disalah satu Bimbel ternama di kota tempat saya tinggal, muridnya sudah di atas umur rata-rata 25 tahun ke atas. mereka ingin belajar bahasa arab untuk kepentingan pekerjaan, satu bulan kedepan mereka direncanakan akan menghadapi tes untuk diberangkatkan ke arab saudi jika lulus, tes yang mereka hadapi salah satunya adalah komunikasi bahasa arab. disinilah awal mula saya membuat strategi mengajar Alhamdulillah bisa tercapai target dalam satu bulan. 

Pada dasarnya belajar komunikasi bahasa itu tergantung kebiasaan dan lingkungan, jika kita inigin bisa bahasa jawa, tinggal di jawa selama beberapa tahun insya Allah kita bisa. tapi selain kebiasaan itu ada yang tak kalah penting yaitu kesenangan, jika murid sudah senang dari materi yang anda ajarkan anda akan mudah mencapai tujuan pembelajaran.
Sebelum anda mulai mengajar anda harus mempersiapkan materi terlebih dahulu, anda harus menata rapi materi tersebut pertemuan pertama sampai seterusnya, jangan lupa anda harus berpenampilan menarik dan penuh semangat.

Metode Efektif Mengajar Bahasa Arab  


  • Mulai dengan Materi ضمائر (Dhamir)
Ini adalah langkah awal membuat materi tentang ضمائر  anda harus menjelaskan segala jenis dhamir dalam bahasa arab dan mencocokkannya pada kata kerja, hal ini cukup dengan   مضارع  dan فعل الماض


  •  ادوات الاستفهام (Kata Tanya) 
Ini langkah kedua Metode Jitu Mengajar Percakapan Bahasa Arab kenapa harus dengan materi ادوات الاستفهام (Kata Tanya) padahal ini masih di awal-awal, mungkin anda bertanya-tanya, ini ane kasih sedikit penjelasan : materi ادوات الاستفهام adalah sumber dari ajaran ilmu komunikasi dalam bahasa arab, bisa  dikatakan materi ini merupakan tonggak perkembangan materi yang akan kita ajarkan, ane akan memberi contoh ya biar lebih jelas 

lihat contoh dari ادوات الاستفهام :
dan lain-lain ما، لماذا، من، كيف، كم، أين، متى، هل

Dengan mengambil satu persatu contoh dari ادوات الاستفهام bahan ajar anda akan berkembang dan terarah seperti: 
ما : artinya "apa" maksud dari ما adalah menanyakan sesuatu benda, disini anda bisa mengeluarkan terus mufradhat dari kata benda, dan memberikan contoh dengan kalimat.

contoh lain :
كم : artinya "Berapa" ini menanyakan tentang jumlah, dari sini anda bisa membeberkan lalimat kepada murid anda dari jumlah dalam bahasa arab seperti ,,,,,واحد,, إثنانى sampai seribu (ألف ) atau sesuka anda.

Atau contoh ini :
متى : artinya : "kapan" kata ini menyakan waktu, dari sini anda bisa memberi pengetahuan kepada murid anda tentang waktu dalam bahaa arab seperti, صباح، مساء، نهار، بعد، قبل  dan lain-lain.

  • Pemilihan Materi
Dengan memilih yang tepat pembelajaran akan terkoordinir dengan baik, pilihlah materi yang anda kuasai dan bersifat umum untuk percakapan dan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, anda jangan lupa memberika kosa kata yang sering digunkan dalam percakapan umum, seperti فقط :aja,  جدا: Banget, خلص : Sudah,  dan lain-lain kemudian anda memberikan contoh pemakaian dalam kalimat, jangan beri materi yang sulit karena anda mengajar untuk komunikasi (Muhadatsah).

  • Ucapan Kata 80% Bahasa Arab
Jika anda sudah berada pada pertemuan ke 4 anda harus perbanyak berbicara bahasa arab dan minimalkan bahasa indonesia, hal ini dilakukan agar murid memperhatikan dan mencoba memahami maksud ucapan anda.

  • Sering Melakukan Review Materi
Ini adalah praktek yang anda harus lakukan pada setiap pertemuan, setelah anda memberi materi ادوات الاستفهام  paraktekkanlah dengan murid sebelum anda memulai materi pembelajaran anda, jika anda memiliki murid yang banyak, anda bisa menyuruh mereka untuk berdialog di depan kelas.

  • Buatlah Suasana Menarik
Ini adalah trik tamabahan tapi sangat penting dan memiliki pebgaruh yang sangat besar, anda mengajar bahasa arab, setidaknya anda memiliki cerita lucu atau kisah tentang orang arab, yang membuat murid anda bisa terhibur, buatlah mereka selalu ceria, perbanyak senyum anda, penampilan anda harus diperhatikan dengan baik gunakanlah parfum saat anda ingin mengajar, karena posisi mengajar privat berbrda dengan saat anda mengajar di kelas sekolah.

Demikianlah sedikit tips dari saya, mungkin hanya metode sepele tapi saya sudah mencobanya, mudah-mudahan berguna dan bermanfaat bagi anda, jika anda seorang guru Bahasa Arab, itu merupakan sebuah karunia dari Allah Swt, yakinlah itu insya Allah hidup kita akan penuh dengan keberkahan. jika ada tambahan atau masukan berikan komentar anda,, Syukron katsiran...

Bacaan Populer: Tips Cepat Menghafal Al-Qur'an

Semoga bermanfaat, terimaksih sudah berkunjung di situs: Metode Jitu Mengajar Percakapan Bahasa Arab


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Metode Jitu Mengajar Percakapan Bahasa Arab"

Posting Komentar