Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Pembelajaran

Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Pembelajaran- Dalam pembelajaran di sekolah atau tempat pendidikan lainnya, seorang guru harus mempersiapkan beberapa hal sebelum memulai pembelajaran seperti materi, metode, persiapan diri dan lain-lain, hal ini dilakukan untuk mencapai hasil pembelajaran. Menteri Pendidikan Indonesia sudah banyak memberikan aturan yang banyak untuk menunjang pendidikan di Indonesia agar lebih maju dan berkembang, dengan berbagai perombakan kurikulum dan pelatihan-pelatihan yang ditujukan kepada para guru agar dapat menguatkan pendidikan di Indonesia.

Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Pembelajaran


Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Pembelajaran

Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Pembelajaran- Pada saat sekarang ini kita banyak mengenal metode mengajar yang telah diatur dan diterapkan di berbagai tempat pendidikan, baik itu bersumber dari pemerintah Indonesia atau bahkan dari luar negri seperti Amerika,Cina dan Arab Saudi yang sudah mengenal sistem pendidikan sejak dulu. Seorang guru harus menguasai metode tertentu untuk mendapatkan hasil yang baik dan itu tidak cukup satu, dalam mengajar harus ada beberapa metode yang diterapkan.

Baca Juga: Penyebab susah tidur dan gelisah 

Ada metode unik yang mungkin tidak terfikir oleh kita, yaitu metode Bernyanyi, dalam artikel ini kami menyebutnya: Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Pembelajaran mungkin ini biasa digunakan oleh guru-guru TK atau PAUD. jika kita menerapkan ini pada peendidikan lebih lebih tinggi seperti SD,SMA dan SMA sangat mungkin terjadi bahkan untuk perkuliahan pun bisa diterapkan.

Lagu merupakan suatu hiburan yang disukai semua kalangan, lagu juga sebagai media inspirasi dan sangat berpengaruh pada perasaan manusia, 90% manusia menyukai lagu atau musik. nah bagaimana jika lagu ini diterapkan delam pembelajaran..? apakah ini bisa berhasil.? tentu bisa.

Manfaat Metode Lagu Dalam Pembelajaran

Metode bernyanyi itu dapat merangsang daya ingat, dengan mendengarkan lagu dan membiasakan diri dengan iramanya, secara otomatis kita akan dapat menghafal liriknya tanpa harus membutuhkan waktu yang lama meskipun liriknya panjang. Seperti orang yang ingin menghafal Nama-nama Allah yang agung (Asmaul Husna) jumlah keseluruhannya adalah 99. jika kita menghafalnya dengan metode membaca ini akan sangat sulit bagi kita dan membutuhkan banyak waktu, tapi jika ini diterpkan dengan lagu, sangat mudah bagi kita untuk mengingatnya, dengan menguasai irama kita juga bisa menguasai hafalan dari "Asmaul Husna" dengan cepat. wajar saja anak kelas 1 SD bisa menghafal banyak hal baik dari rumus atau materi pendidikan agama semua itu mereka lagukan.
Selain dari itu bernyanyi merupakan media hiburan dengan ini siswa disekolah tidak akan merasa jenuh saat anda mengajar di kelas.

Bobbi De Potter dalam bukunya yang berjudul "Quantum Learning" menjelaskan bahwa bernyanyi adalah sebuah media yang sangat tepat bagi pelajar, karena dengan lagu siswa akan termotivasi dan bisa mewujudkan pembelajaran yang interaktif. semua materi yang kita berikan melalui media lagu akan selalu di ingat oleh sisiwa, bukan hanya saat ujian saja tapi sampai masa tuanya datang lagu yang kita berikan tetap akan diingat, sama halnya seperti kita mengingat lagu yang pernah diajarkan guru saat kita duduk di bangku TK atau SD.

Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Pembelajaran

Untuk lebih mudah lagi, anda bisa menyiapkan lagu yang masyhur (familiar) dikalangan siswa dan menerapkannya pada materi yang ingin anda ajarkan sehingga dengan cepat siswa akan dapat menyanyikan lagu itu.
Peluang untuk menggunakan metode ini tidak luas mungkin hanya bisa diterapkan pada pelajaran bahasa saja seperti Bahasa Inggris dan Bahasa Arab atau pelajaran Bilingual lainnya. tapi itu tidak menutup kemungkinan untuk pelajaran lain tergantung kemampuan guru untuk mengolah materi untuk dijadikan sebuah lagu yang menarik.

Baca Juga: Boleh atau tidak pacaran dalam islam

Semoga bermanfaat, bubuhkan komentar positif anda dan terimaksih sudah berkunjunga: Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Pembelajaran

0 Response to "Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Pembelajaran"

Posting Komentar