Penerapan Metode Istima' dalam Pembelajaran

Penerapan Metode Istima' dalam Pembelajaran- Istima' Berasal dari istilah Arab yang berarti mendengar dan memperhatikan, Istima' merupakan sebuah metode pembelajaran yang berasal dari empat Maharah dalam pembelajaran, (kalam, Kitabah, Qiraah dan Istima'). Dalam Bahasa Inggris biasa disebut dengan listening.

Metode Istima' atau Listening sudah muncul sejak berkembangnya teknologi, hal ini untuk memicu pemahaman dalam pembelajaran bahasa, karena memang istima' cenderung membutuhkan alat untuk merangsang pemahaman siswa dalam mendalami ilmu bahasa.   Metode Istima' hanya dikhususkan dalam mempelajari ilmu kebahasan bukan pada seluruh bidang studi.

Penerapan Metode Istima' dalam Pembelajaran


Metode Istima' memiliki manfaat yang sangat signifikan, karena dalam mempelajari bahasa asing difokuskan pada pendengaran dari pengucapan setiap kata dalam bahasa tersebut. selain itu untuk mempelajari intonasi dalam pengucapannya. pada dasarnya Metode Istima' bisa juga digunakan tanpa menggunakan alat atau media pembelajaran, hal ini bisa dilakukan dengan menghadirkan seseorang yang fasih dalam bahasa yang dipelajari, namun itu mungkin sangat sulit bagi semua sekolah. 

Selain membantu siswa dalam memahami pengucapan secara langsung Metode Istima' juga mampu mendorong semangat siswa dalam pembelajaran. sehingga terwujud sebuah pembelajaran yang menarik dan menyenangkan.

Cara Pelaksanaan Metode Istima' Dalam Pembelajaran

Untuk menggunakan metode ini biasanya didasarkan dengan materi percakapan yang ada pada buku pembelajaran. Sejak berlakunya kurikulum KTSP buku pelajaran di indonesia mayoritasnya sudah memiliki fitur dalam bentuk CD. Sehingga dapat membantu berlangsungnya pembelajaran lebih mudah. jika belum mengerti dari penuturan dalam buku paket, CD adalah alternatif yang bisa digunakan guru.

Nah .. pada pembelajaran Bahsa Arab juga demikian, setiap buku paket yang diluncurkan biasanya disertkan dengan kaset CD. CD inilah yang digunakan dalam sitima'. dalam pelaksanaanya bisa anda lakukan dengan tahapan berikut:
  •  Siapkan materi yang ingin anda masukkan dalam metode istima'
  •  Siapkan Medianya. Bisa dalam bentuk Tipe rokorder atau bisa juga langsung dalam bentuk Video (namun ini sudah masuk pada ranah Metode Syam'iyah Basayariah).
  • Sebelum anda menggunakan media, terlebih dahulu mentalqinkan hiwar (percakapan) bersama siswa beberapa kali.
  • Beri peringtan kepada siswa untuk fokus dan mendengarkan
  • Putralah media istima' (ulangi sebanyak 2x)
  • Beri kesempatan kepada siswa untuk (Muhadatsah) didepan kelas sesuai dengan materi Istima'
  • Berikan tugas kepada siswa untuk menjabarkan dari apa yang mereka pahami dalam Istima'/materi pembelajara
  • Perbaiki jika ada kesalahan pengucapan dari siswa

Tahapan yang diatas merupakan tindakan umum yang dilakuakn dalam penerapan Metode Istima' atau listening. jika anda ingin menerapkan metode ini anda bisa melakukan penambahan, tanpa harus keluara dari tujuan pembelajarannya dan tidak melebihi jam pelajaran. Jika anda mendapatkan kesulitan dalam pelaksaan pembelajaran dari buku paket yang anda gunakan, anda bisa menggunkan Buku Bahasa Arab yang berjudul "All-Lhugah Al-Arabiyah Baina yadaina"
Disini setiap hiwar memiliki rekaman yang bisa digunakan dalam Penerapan Metode Istima'. Demikian sedikit penjelasan tentang Penerapan Metode Istima' dalam Pembelajaran, semoga bermanfaat- Penerapan Metode Istima' dalam Pembelajaran

0 Response to "Penerapan Metode Istima' dalam Pembelajaran"

Posting Komentar