Pengertian Pendidikan dan Pengajaran

Pengertian Pendidikan dan Pengajaran- Mendidik dan mengajar adalah dua kata yang selalu dipasangkan dalam setiap pembahasan tentang sekolah atau belajar. terkadang  orang menyamakan maksud dari kedua kata ini. pada dasarnya keduanya sangat jelas berbeda. jika kita melihat kata kerjanya (Mendidik-Mengajar) meski memiliki perbedaan tapi kedua kata ini selalu diiringkan atau disatukan, ini menyatakan bahwa keduanya harus bersama untuk melengkapi.

Pengertian Pendidikan dan Pengajaran

Pengertian Pendidikan dan Pengajaran

Pengertian Pendidikan dan Pengajaran- Pendidikan adalah pembentukan dan pembaharuan sebuah karakter menjadi lebih baik dengan cara praktek dan langsung, pendidikan sangat besar pengaruhnya terhadap etika, akhlak dan sikap seorang anak. jika sang anak terdidik dengan baik kemungkinan besar sikap dan kepribadiannya akan baik. yang dimaksud dengan mendidik adalah upaya yang dilakukan seseorang untuk merubah atau memperbaharui kepribadian dan watak seorang untuk menjadi lebih baik. 
Pengajaran adalah teransfer pengetahuan dari seseorang kepada lainnya dengan menggunakan berbagai metode,  menyampaikan urgensi sehingga audiens dapat memahami apa yang telah disampaikan.

Pendidikan dan pengajaran biasanya dikaitkan dengan program seorang guru, kewajiban utama bagi guru adalah mengajar dan mendidik, secara garis besar kita bisa melihat tidak semua guru bisa mendidik, hanya mengajar didalam kelas dan keluar setelah bel berbunyi, seorang guru dituntut untuk bisa mendidik dan memberi pengajaran agar ilmu yang diterima oleh murid dapat tercover dengan baik, seperti guru mengajarkan ilmu matematika tapi ia juga bisa membuat muridnya untuk berperilaku sopan dan ramah, di didik dengan memberi contoh setiap hari.

Apa yang terjadi jika seorang guru tidak mampu mendidik.? ini akan menjadi sebuah problem besar, ilmu pengetahuan saja tidak cuckup disekolah, murid butuh contoh, butuh pengarahan dan nasehat. oleh karena itu pendidikan itu penting.

Pendidikan Lebih Penting Dari Pengajaran

Ini adalah kalimat yang pernah dicetus oleh seorang ahli pendidikan dunia dari Rusia, dia mengatakan bahwa  "Pendidikan Lebih Penting Dari Pengajaran" jika dilihat dengan kacamata moral itu memang benar, Zaman sekarang ini dunia butuh seseorang yang memiliki talenta dan etika yang baik, kepintaran saja tidak cukup untuk memajukan sebuah negara, butuh sebuah karakter dan sikap yang baik serta wibawa yang tinggi untuk menaikkan martabat bangsa.

Survei >>
Dalam Bahasa Arab Kata pengajaran biasa disebut dengan تَعليْمٌ Berasal dari تَعلَّمَ yang dimaksudkan dengan mempelajari sesuatu yang belum diketahui, dari pengajaran bisa menghasilkan ilmu, seorang anak yang diajarkan sebuah pengetahuan dan ia dapat menerima serta menguasai pengetahuan tersebut berarti anak tersebut sudah berilmu.

Bacaan Populer : Dampak Buruk Negatif Banyak Menghayal
Pengajaran adalah sumber pengetahuan, diajarkan dibreri pengertian dari seorang guru maka murid akan mengetahui Pendidikan dalam Bahasa Arab disebut dengan تَرْبِيَة berasal dari kata رَبَّى -يُرَبِّى yang dimaksud dengan "Tarbiyah" adalah pemebentukan atau perubahan yang dilakukan oleh seorang guru dalam membentuk karakter muridnya.
Orang tua yang memiliki anak lebih dikenal dengan pendidik bukan pengajar, karena dominasi orang tua memberikan nasehat, mengarahkan serta memberi contoh kepada anaknya untuk berakhlak mulia.
Pendidikan merupakan sebuah momok penting bagi manusia, untuk membuat dirinya terarah menggunakan dari apa yang ia ketahui ke jalan yang benar.

Oleh karena dalam sistem sekolah yang diterapkan ulama zaman dahulu adalah التربية والتعليم Pendidikan dan pengajaran, karena kedua ini tidak dapat dipisahkan. harus disatukan selalu, sebagai seorang guru harus bisa mengajari dan mendidik karakter murid-muridnya.

Bacaan Populer : Boleh atau tidak pacaran dalam islam

Apa yang terjadi jika pengetahuan tanpa ada pendidikan, ini adalah kondisi yang dialami manusia pada maa sekarang, sukses dalam pengajaran banyak ditemukan orang-rang pintar dan jenius akan tetapi kurang akan pendidikan, yang terjadi adalah menggunkan ilmu pengetahuan ke jalan yang salah dan tidak bermolar serta mengakibatkatkan kerusakan ekosistem, sosial dan kehancuran.
Jika dibandingkan dengan orang yang tidak berilmu tapi memiliki sikap loyalitas tinggi serta berakhlak mulia, ini jauh lebih baik. Seorang ulama terdahulu berkata " الأدب فوقا لعلم  "  maksudnya adalah bahwa derajat adab (akhlaq)  itu di atas ilmu. manusia yang memiliki etika itu lebih baik dari pada pintar namun tidak memiliki moral,  tapi meskipun demikian ilmu dan pendidikan harus selalu disatukan karena keduanya sangat penting.

Pengertian Pendidikan dan Pengajaran


Jika kita melihat dari sudut pandang perbedaan ini akan terlihat jelas, saya akan memberi gambaran sedikit satelah anda mengetahui maka ini akan bisa anda kembangkan lagi.
Pengajaran memiliki batas dan ukuran waktu, seperti di sekolah saat jam bel pelajaran usai berbunyi maka pengajaran yang anda berakhir disitu.Pendidikan tidak ada batas waktu yang ditetapkan terus dan terus memberikan arahan kepada murid dalam berbagai situasi.

Mengajar itu memberi contoh, saat anda mengajarkan tentang membuat kue bolu anda tinggal memberikan resep dan menjelaskan cara membuatnya seperti yang ada pada buku, dan anda tidak dituntu untuk mahir membuatnya karena hanya sekedar ilmu pengetahuan. Mendidik itu menjadi contoh, ketika anda ingin memberikan suatu pengarahan untuk membuat kue bolu, anda harus mahir untuk membuat kue tersebut sehinng murid-murid mengikuti anda.
Semoga bermanfaat dan terimaksih sudah berkunjung: Pengertian Pendidikan dan Pengajaran

0 Response to "Pengertian Pendidikan dan Pengajaran"

Posting Komentar