Pengertian Taqwa Dalam Islam

Pengertian Taqwa Dalam Islam- Kata Taqwa sering disebut dalam setiap ceramah-ceramah agama baik itu ceramah umum, khutbah jum’at, ceramah di televisi atau radio dan lain-lain, hampir semua penceramah memulai ceramahnya dengan kata Taqwa. Terutama pada khutbah jum’at,  ini merupakan salah satu dari rukun Khutbah (wasiat Taqwa)

Pengertian Taqwa Dalam Islam



Pengertian Taqwa Dalam Islam


Memahami Pengertian Taqwa Dalam Islam Kata tidaklah rumit. Taqwa bukan berasal dari bahasa indonesia, tapi kata ini berasal dari Bahasa Arab sebagian besar artinya menyebutkan “Kuat” atau kekuatan ruh dalam diri manusia. secara istilah dapat juga dimaknai dengan Menjalankan dari segala perintah Allah Swt. Dan menjauhi segala Larangan Nya. 

Artikel Favorit: Cara Merawat Motor Matic Agar Irit BBM

Semua ibadah yang kita lakukan asas dasarnya merupakan ketaqwaan kita kepada Allah, Sholat, puasa, Zakat dan amal ibadah lain, serta kehati-hatian kita terhadap perbuatan yang menimbulkan dosa, semua itu adalah dasar ketaqwaan kita kepada Allah Swt. namun memaknaiTaqwa Dalam Islam memiliki tingkatan yang berpariasi, semua bergantung pada keihlasan dalam amalannya.

 

MaknaTaqwa Dalam Islam


Jika seseorang ingin mengukur seberapa hebat Taqwa yang dia miliki, ini bisa dilakukan dengan sekuat apa dia mampu mentaati perintah Allah, dan sekuat apa ia mampu menahan diri untuk tidak melakukan perbuatan yang dilarang oleh Allah. itulah taqwa dalam islam

Ketaqwaan itu merupakan sebuah istilah dari ibadah yang dilakukan oleh manusia. Hal ini bisa dipahami dengan nisbat atau perumapamaan, seperti istilah pintar, jika sesorang belajar dengan giat dan serius untuk mendapatkan ilmu, maka ia akan mencapai kepintaran, dengan kepintarannya ia disayangi oleh guru. Dan guru juga menyeru muridnya agar menjadi pintar, dan dimasukkan dalam golongan orang pintar. Dan juga guru sangat menyayangi muridnya  yang pintar. hubungan guru dan murid disini merupakan perumpamaan taqwa kepada Allah Swt.

Artikel Favorit: Rahasia Takdir Hidup

Taqwa Dalam Islam juga merupakan prioritas utama untuk umat muslim yang ingin memasuki surga, bisa juga dikatakan taqwa adalah kunci surga, dengan semua amalan yang dilakukan  dan segala perbuatan yang dilarang kita jauhi seumur hidup itu merupakan sebuah ketaqwaan. Dan itu akan menjadi tiket untuk memasuki pintu surga.

Allah menilai manusia itu dengan Ketaqwaan yang manusia miliki, siapaun manusianya, apapun sukunya, dari golongan apapun dia, semua sama dimata Allah Swt, yang mebedakan hanya ketaqwaan, dan orang yang paling mulia disisi Allah adalah orang yang bertaqwa.

Taqwa juga berati sebuah tujuan, salah satu contoh yang bisa kita ambil pada surat Al-Bararah Ayat 183, diman ayat tersebut tentang kewajiban berpuasa.


يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Di penghujung ayat disebut  " لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ " yang berarti “supaya kalian menjadi orang yang bertaqwa.

Bisa disimpulkan bahwa taqwa adalah sebuah tujuan atau pencapaian yang harus diraih seorang hamba, untuk mencapai ketaqwaan itu dilakukan dengan usaha amalan ibadah yang ikhlas karena Allah. Dalam bahasa lain Taqwa juga disebutkan sebagai sebuah derajat, ini juga sama halnya dengan tujuan utama seorang hamba, dimana derajat ini harus dicapai.
 
Sebagian pendapat juga menyatakan bahwa Taqwa Dalam Islam berkaitan dengan iman. Iman merupakan penguat hati dalam kestabilan melaksanakan ibadah, kondisi keimanan seseorang juga berpengaruh pada ketaqwaannya.

Pengertian Taqwa Dalam Islam


Taqwa Dalam Islam juga merupakan tolak ukur seorang hamba, seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa taqwa bisa menjadi kunci yang akan membuka pintu surga. Pada hari akhir nanti, disaat seluruh umat manusia dikumpulkan pada suatu padang yang gersang dan panas untuk, dimana hati manusia-manusia itu akan gelisah tak tahu arah menunggu pelaksanaan (Mizhan) timbangan amalan. Dikatakan bahwa mereka yang sudah meraih derajat taqwa atau ketaqwaannya sudah bagus. Maka dia itu berada pada posisi yang aman. 

Ini hanya pendapat (Ra’yun) tapi, kebenaran yang sudah sangat jelas adalah bahwa ketaqwaan itu merupakan sesuatu hal yang penting dalam islam. Tanpa taqwa mustahil sejahtera di Akhirat nanti. dan Allah juga menilai hambanya dengan ketaqwaan dari hamba tersebut, apapun jenis manusianya, suku apapun dia, semua itu tidak dipandang Allah, hanya orang yang mulia di sisi Allah orang yang paling bertaqwa itulah Taqwa Dalam Islam. jadi, Allah memandang seluruh manusia itu sama, orang arab tidak ada beda dengan orang non arab, yang membedakan manusia satu dengan manusia lainnya adalah ketaqwaan Allahu A’lam.

Artikel Favorit: Langkah Sukses dalam Bisnis

Demikian sedikit penjelasan tentang taqwa semoga bermanfaat dan jika ada pendapat lain harap dibantu dalam komentar positif - Pengertian Taqwa Dalam Islam 

0 Response to "Pengertian Taqwa Dalam Islam"

Posting Komentar