Pentingnya Ilmu Dalam Islam

Pentingnya Ilmu Dalam Islam- Pada postingan kali kami berbagai dan membahas tentang perlunya ilmu dalam pandangan islam, semoga bisa menjadi bahan diskusi di sekolah dan kuliah anda.

Dalam islam ilmu adalah perioritas utama dalam menjalani kewajiban-kejiban yang ada pada ajarannya, hukum menuntut ilmu dalam agama islam adalah "Faridhah" yang berati wajib, dalam hadistnya Rasulullah SAW bersabda:

 طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَمُسْلِمَةٍ
artinya: "Menuntut ilmu itu adalah keajiban bagi setiap muslim dan muslimat"

Pentingnya Ilmu Dalam Islam




Dalam Al-Qur'an dan hadist banyak sekali dibahas tentang pentingnya ilmu, kenapa ilmu itu penting.? seperti pada penjelasan diatas, bahwa islam memiliki ajaran-ajaran dan hukum yang sangat luas, sehingga seorang umat islam harus mengerti dan mengetahui bagaimana cara melaksanakan hukum-hukum tersebut dengan baik dan tepat.

Seperti mengerjakan sholat, bagaimana kita akan mendirikan sholat sementara kita tidak mengetahui tata cara pelaksanaan shalat tersebut, rukun, syarat sahnya sampai kepada hal-hal yang membatalkan shalat harus kita tahu, jika tidak maka tidak akan mungkin shalat bisa kita laksanakan dengan baik sesuai dengan yang diperintahkan Allah dan bimbingan Rasulullah.
Selain itu berwhudu' adalah syarat sebelum shalat, kita akan bisa mengerjakan whudu' jika kita sudah tahu cara melakukannya semua itu bisa kita peroleh dengan mempelajarinya begitu juga hukum-hukum lain,  dalam islam ilmu pengetahuan merupakan modal terpenting,karena setiap ibadah yang akan dilaksanakan sebelumnya harus dipelajari terlebih dahulu.

Selain ilmu agama ilmu umum juga perlu, karena islam adalah agama yang sempurna dan agama terakhir  yang dibawa oleh baginda Muhammad SAW, kedua ilmu ini harus beriringan dan tidak bisa terlepas untuk menjaga ke stabilan aqidah islam itu sendiri. jika seorang islam terlalu mengutamakan ilmu umum dan menyampingkan pengetahuan agama, inilah penyebab runtuhnya islam dan perpecahan semakin meluas dalam islam itu sendiri. Kenapa ilmu umum juga diperlukan dalam islam..? ini bisa anda dapatkan jawabannya dengan merenungi potongan kalimat berikut :
"Islam tidak ketinggalan zaman..
"Islam tidak mengikuti zaman..
"Dan islam selalu beriringan dengan zaman..

Meskipun agama islam itu sudah sangat lama muncul, akan tetapi ilmu yang terkandung dalam kitab sucinya yaiutu Al-qur'an tidak pernah tidak sesuai dangan perkembangan zaman. jika kedua ilmu ini selalau beriringan (Agama dan Umum) maka kestebilan hidup akan terjaga dalam islam.
Seorang dokter handal yang selalu terjaga aqidahnya,, seorang polisi yang selalu taat pada ajaran islam atau seorang pejabat yang takut kepada Allah, ini akan memnjadi momok untuk menjadikan islam itu maju dan sejahtera.

Pentingnya Ilmu Dalam Islam

Menuntut ilmu dalam agama islam, tidak dibatasi oleh usia atau tempat, meski usia sudah uzur atau dimanapun anda tinggal menuntut ilmu itu tetap wajib. mendapat ilmu pengetahuan tidak mesti harus dalam ruang lingkup sekolah atau di saat masih muda, akan tetapi bisa dilakukan dengan membaca, mendengarkan ceramah atau menanyakan kepada orang yang lebih mengetahui dan paham akan pengetahuan yang kita cari.

"Barangsiapa yang ingin kesejahteraan di dunia hendaklah ia mencapainya dengan ilmu
Barang siapa yang ingin  kesejahteraan di akhirat hendaklah ia mencapainya dengan ilmu
Barang siapa yang ingin keduanya hendaklah dengan ilmu"

Ini mendandakan kestabilan ilmu dunia dan akhirat harus ada, anda ingin berdagang tapi jika tidak paham dengan sistem laba dan rugi maka anda akan bangkrut, jadi dengan pengetahuan anda bisa mencapai kesuksesan.

kenapa sering terjadi penyelewengan dalam ilmu.?
Ini semua disebabkan tidak stabil antara ilmu dunia dan akhirat (Agama dan Umum), manusia yang pintar akan ilmu politik dan menjadi sorotan orang banyak karena dikenal hebat akan pola fikirnya, ini akan menjadi terpuruk kalau ilmu agamanya tidak kuat, secepat mungkin akan terjadi penyelewengan dari jabatan yang ia duduki.


Kenapa Islam selalu Tertinggal..?
Pada masa islam itu jaya, di era Daulah Abbasiah banyak sekali ilmuan-ilmuan islam yang berpengaruh terhadap kemajuan global, pola fikir dan penemuan mereka sangat mengesankan dan ini belum dimiliki oleh ilmuan yang ada pada negara lain dimasa itu, seperti, Ibnu Shina, Ibnu Rhusdy, Al-Kindy, Al Khawarizmi dan lain-lain,  akan tetapi islam sekarang sudah berbeda  ino disebabkan oleh pengaruh urusan dunia dan kepentingan dunia yang diperioriatskan serta sangat berlebihan, kecintaan umat islam kepada agamanya tidak pernah pudar akan tetapi keinginan untuk menggali llmu sangat minus baik ilmu Al-Qur'an dan kitab atau buku yang pernah dibahas pada masa dulu.

Jika ada penemuan baru dan dicetus oleh orang non muslim, dan ilmu itu ternyata ada pada Al-Qur'an umat islam sangat bangga, dan bersorak menyatakan islam itu sangat hebat, pada hakikatnya ini adalah sebuah kesedihan dan memprihatinkan, kenapa demikian.?
Pengetahuan yang ada pada Al-Qur'an seharusnya umat islam itu sendiri yang menemukannya bukan orang lain,  karena Al-Qur'an itu adalah kitab pedoman agama islam, jika orang lain yang menemukan sesuatu dari padak kandungan Al-Qur'an itu sendiri utu menandakan penganut islam sendiri malas dan tidak mau untuk meneliti dan menelaah kitab mereka sendiri.

kita adalah penganut islam,,? apa yang selama ini kita lakukan.? seberapa banyak kita membaca Al-Qur'an dalam sehari, apa yang sudah kita mnengerti dari kalimat-kalimat Al-Qur'an itu tersebut..? berapa penafdiran yang sudah kita baca.? ini pertanyaan kepada kita semua dan jawabannya juga ada pada kita masing-masing.?

Kenapa Ilmu yang dimiliki Islam Pindah Ke Barat.?
Ini merupakan pertanyaan setiap siswa atau mahasiswa yang mempelajari sejarah islam dan  sudah mengetahui islam itu pernah berjaya,
Jika pertanyaan ini kita jawab melalui sekilas dari sejarah, pasti jawabannya adalah karena ada penyerangan dari negara kafir  yang membakar perpustakaan islam serta mengambil buku-buku yang ada pada perpustakaan tersebut dan mereka membuat salinan kemudian mengkaji ulang dari ilmu-ilmu dari buku-buku tersebut.

Akan tetapi bukan hanya ini..!! yang menyebabkan ilmu penhgetahuna millik islam itu pindah ke barat, jika dilihat dari kepribadian kita sebagai islam. tekadang kita tidak menyadari sudah di jajah dan dikuasai oleh pola fikir barat.
Penampilan, cara berfikir, gaya hidup, khususnya di indonesia, sebenarnya selama ini siapa yang kita contoh.?

Dan sebenaranya ada juga sebagian dari kita yang selalau mempertahankan keutuhan islam itu sendiri tapi apa yang terjadi pada hidup mereka..? bagaimana masalah yang selalu mereka hadapi.?
mungkin kita sudah mengetahui meski hanya sedikit informasi. selain itu terkadang kita juga malas menggali ilmu pengetahuan dan hanya membanggakan penemuan dari sebelah barat.

Disinilah pentingnya ilmu dalam islam.. Islam akan menjadi leader di dunia jika ilmu agama dan ilmu dunia beriringan dan mantap pada penerapannya.semoga bermanfaat- Pentingnya Ilmu Dalam Islam

0 Response to "Pentingnya Ilmu Dalam Islam"

Posting Komentar