Tips Cepat Menghafal Al-Qur'an

Tips Cepat Menghafal Al-Qur'an- Menghafal Al-Qur'an adalah suatu amalan yang mulia, apa lagi menghafal sampai 30 juz, berbahagialah bagi orang tua yang memiliki anak seorang penghafal Al-Qur'an. Jika kita merenungkan diri kita sendiri dan tanyakan kepada hati berapa Juz hafalan kita hingga sekarang..? mungkin kadang kita merasa minder ketinggalan dari teman-teman atau kita ingin menghafal tapi kurang yakin dan merasa itu sangat berat.


Tips Cepat Menghafal Al-Qur'an

Tips Cepat Menghafal Al-Qur'an

Pada halaman ini zonapendidikan.com berbagi Tips untuk menghapal Alqur'an lebih tepatnya Tips Cepat Menghafal Al-Qur'an Insya Allah bermanfaat bagi kita, Amiin ya Rabbal Alamin.

Baca Juga: Cara Merawat Motor Matic Agar Irit BBM 
Sebelum kita menghafal, ada satu hal yang harus selalu kita ingat dan kita yakini, yaitu firman Allah di dalam Al-Qur'an terkait menghafal dan mempelajari Al-Qur'an.  Allah Berfirman :

ِوَلَقَد يَسَّرْنَا القُرءَانَ لِلذِكْرِ فَهَلْ مِنْ مُدَكِّر
yang rtinya :
Dan Sesungguh telah kami mudahkan Al-Qur'an untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran. (Qs. 54:17,22,32,40)

Pada Dasarnya Al-qur'an itu tidak sulituntuk dihafal, tergantung sebesar apa kemauan dan usaha kita. kadang kita selalu membandingkan diri dengan orang arab, karena itu bahasa mereka ya wajar mereka bisa menghafal, itu tidak benar, dimata Allah manusia itu sama semua kecuali yang membedakan Taqwa. kita harus ada keyakinan untuk selalu bisa serta niat yang paling utama adalah menghafal karena Allah Swt Mengharap Ridha Allah Swt.

Langkah-langkah Praktis Menghafal Al-Qur'an 


  • Membaca Berulang kali ayat-ayat yang akan ingin dihafal
Ini adalah langkah pertama cara Cepat Menghafal Al-Qur'an, anda membaca butiran ayat dengan teliti, sampai anda terbiasa dengan hukum bacaannya, panjang pendek bacaan dan lain-lain. membacanya dengan berulang kali.


  • Menghafal secara Maju Mundur
Maksud membaca mundur adalah menghafal dari ayat pertama hingga ayat beberapa ayat, kemudian kembali lagi ke ayat pertama, hal ini adalah salah satu trik untuk membiasakan ingatan dan sangat efektif untuk Cepat Menghafal Al-Qur'an


  • Sering Mendengarkan Bacaan Yang Sedang Di Hafal  
Cepat Menghafal Al-Qur'an selanjutnya disaat kita fokus menghafal satu surat, kita harus sering menyempatkan diri untuk mendengarkan bacaan surat tersebut dari orang lain. seperti mendengar bacaan dimesjid, mendengar radio atau mp3 pengajian dan lain-lain .


  • Selalu Tanggap 
Ini merupakan langkah tepat Cepat Menghafal Al-Qur'an Maksud daripada tanggap adalah selalu menyempatkan diri untuk mengingat hafalan, misalkan sedang makan atau sedang berada di kendaraan ataupun sedang istirahat bekerja, sempatkan luang waktu untuk mengingat hafalan yang sedang kita hafal. pastinya ditempat yang memungkinkan.


  • Praktek
Praktekkan surat yang kita hafal  dalam sholat lima waktu (Jika Sholat Sendiri) jika sudah terbiasa berjemaah, gunakan ayat yang sedang kita hafal ke dalam shalat sunnah.yang terpenting adalah membiasakannya.


  • Sistem Store
Jika anda seorang siswa Hafiz anda pasti tahu cara ini, tapi jika anda menghandal dari kemauan sendiri, anda harus mencari rekan untuk menguji hafalan anda, anda menghafalkan dan teman anda melihat ayat tersebut pada Al-Qur'an dan ini sangat efektif Cepat Menghafal Al-Qur'an


  • Target Itu Penting
jiga anda ingin Cepat Menghafal Al-Qur'an anda harus punya target Dalam menghafal Al-Qur'an, kita harus memiliki target, seperti target per hari harus hafal berapa ayat, atau target per minggu, gunakan cara seperti ini agar anda semakin bersemangat.


  • Waktu Dan Tempat Yang Tepat
Mengkoordinir waktu merupakan langkah Cepat Menghafal Al-Qur'an Ini adalah sebuah anjuran, sebaiknya anda memilih waktu, kapan anda menghafal dan dimana anda bisa menfokuskan diri untuk menghafal, hal ini berguna untuk membangun konsentrasi anda, setiap manusia berbeda cara untuk menfokuskan diri, tapi banyak orang mengatakan mengulang hafalan itu baik pada saat sebelum tidur dan saat setelah shubuh,

  • Hindari Sikap Ria'
Tips Cepat Menghafal Al-Qur'an yang terakhir adalah menghindari sikap angkuh atau ria' Jika kita sudah berniat karena Allah, janganlah sombong dari hafalan yang kita miliki, mungkin terkadang hafalan kita sudah jauh melebihi teman-teman, tetaplah untuk merendahkan diri, karena jika sudah ada perasaan angkuh dari hafalan, keberkahan dari Allah bisa saja lenyap.

Demikian Tips Menghafal Al-Qur'an Dengan Cepat, mudah-mudahan bernafaat bagi sahabat islam semua, dan mungkin kita juga sudah tahu, bahwa sangat banyak keutamaan, rahmat, keberkahan bagi hamba Allah yang menghafal Al-Qur'an. semoga kita mendapat karunia dari Allah Swt. Amin.

Baca Juga:  Penyebab Fikiran Stres Hilang Kendali

Semoga bermanfaat dan terimaksih sudah berkunjung di situs: Tips Cepat Menghafal Al-Qur'an

0 Response to "Tips Cepat Menghafal Al-Qur'an"

Posting Komentar