Akibat Lalai dalam Sholat

Akibat Lalai dalam Sholat Maksud dari pada lalai dalam sholat adalah kelalaian yang dilakukan oleh manusia sebelum dan saat mengerjakan sholat. Jika kita merujuk kepada dalil tentang fadhilah sholat, sperti : Sholat mencegah perbuatan keji dan munkar,, dan dalil-dalil lainnya yang mengungkap keutamaan atau fadhilah dalam sholat. namun berdasarkan fakta yang didapatkan dampak fadhilah ini hampir tidak ada dan tidak ditemukan pada banyak manusia yang mengerjakana sholat. misalkan kita yang sering sholat lima waktu bahkan itu kita lakukan berjamaah, namun ternyata hati ini tak pernah tenang dan sangat mudah melakukan perbuatan yang dilarang Allah Swt.

Akibat Lalai dalam Sholat

Akibat Lalai dalam Sholat 

Fadhilah sholat itu tidak ditemukan karena kelalaian umat itu sendiri, Allah tidak mungkin mengingkari janji-Nya. jika kita renungkan sejenak apakah ada kelalaian dalam pelaksanaan sholat kita selama ini. ada beberapa ciri-ciri kelalaian dalam niat dan dan pelaksanaan sholat,

Menunda Waktu
Dalam Al-Qur'an sudah jelas disebutkan bahwa sholat itu amalan yang wajib dan memiliki waktu yang ditentukan. terkadang kita tidak mengindahkan waktu pelaksanaan sholat. begitu waktu telah sampai dan ternyata kita masih asyik dengan kegiatan urusan dunia. menunda waktu sholat untuk bekerja, seharusnya yang kita lakukan adalah menunda bekerja untuk sholat. menunda waktu untuk mengerjakan sholat merupakan ciri-ciri dari kelalaian dalam sholat.


Penyebab hilangnya Fadhilah Keutamaan Sholat


Sholat Kilat
Jumhur ulama tidak pernah mengtakan sholat cepat-cepat itu tidak sah, tidak ada batasa tempo, namun yang harus diperhatikan adalah bacaan, lafaz yang kita keluarkan dari mulut haruslah sesuai dengan tajwid man makhrajil Huruf. dalam ukuran waktu 10 detik apakah mamapu kita bacakan Al-fatihah tanpa ada kesalahan sedikit pun,  namun terkadang sholat dengan kecepatan tinggi tidak menghasilkan bacaan yang sempurna dan cenderung salah. Sholat dengan buru-buru atau cepat merupakan ciri-ciri lalai dalam sholat.


Niat Yang Salah
Mulut bisa mengatakan karena Alllah, tapi terkadang fakta yang ada berbeda, terkadang kita sholat dimesjid karena ingin dipandang baik orang-orang, sholat didalamnya ada rasa ria atau maksud tertentu bukan karena Allah, sholat seperti ini tidak ada fadhilahnya.

Tidak dengan Niat yang kuat
Inilah yang harus dieperhatikan kita sebagai umat muslim, dalam mengerjakan sholat kita harus memiliki niat yang kuat dan semangat untuk mengerjakannya, namun terrkadang kita menjadikan sholat sebagai sambilan, ketika seorang ibu masak, ahh menunggu masakan selesai shlat dulu lah,, nah,,, ini adalah jalan yang salah, dari awal dia sudah membuyarkan niat yang kuat untuk sholat, selama dia sholat pastinya dia akan teringat kepada masakan yang ia tunggu tadi.

Sholat bolong-bolong
Ini sudah pasti.... sangat pasti,,, sholat yang gak bolong aja belum tentu dapat fadhilah, apa lagi bolong-bolong. sholat merupakan amalan utama, dan pada hari akhirat nanti, perkara yang paling utama di sidangkan adalah perkara sholat. jadi dalam hal ini, tidak ada alasan untuk meninggalkan sholat, jikatidak sanggup berdiri sholat dapt dilakukan dengan duduk, jika tidak mampu sholat juga dapat dilakukan  denan berbaring dan sterusnya.  tidak ada alasan bagi umat islam sholat bolong-bolong.

Ini beberapa ciri-ciri yang dimaksud dengan lalai lalai dala sholat, dan jika memang ini terjadi pada kita, maka fadhilah atau keutamaan sholat itu bisa jadi kita dapatkan, inti dari amalan adalah ikhlas, jika kita mampu melakukan hal dengan ikhlas maka segala sesuatunya pasti kita persiapkan tanpa ada sebab lain kecuali karena Allah Swt.

Demikian sedikit penjelasan tentang hilangnya hikmah dan fadhilah sholat , semoga bermanfaat.- Akibat Lalai dalam Sholat

0 Response to "Akibat Lalai dalam Sholat"

Posting Komentar