Cara Mendidik Anak Menjadi Sholeh Sholehah

Cara Mendidik Anak Menjadi Sholeh Sholehah- Setiap orangtua yang beragama islam jika ditanya tentang harapan mereka terhadap anak-anaknya, 99% menjawab bahwa pengharapan mereka yang paling untama adalah anak mereka menjadi anak yang Sholeh Sholehah, baru setelah itu yang lainnya. peringkat sholeh ini menduduli lebih tinggi dari kesehatan berdasarkan pengharapan orangtua.

Cara Mendidik Anak Menjadi Sholeh Sholehah

Cara Mendidik Anak Menjadi Sholeh Sholehah


Berbicara tentang anak yang sholeh terbayang dibenak kita bahwa mereka yang taat beribadah, patuh kepada orangtuanya dan rajin serta berperilaku baik. ya ini memang beberapa ciri khas yang tertanam pada diri anak sholeh. semua yang dilakukan bercerminkan pada agama. itulah harapan banyak orangtua meskipun terkadang orangtua tidak bisa memeberikan pengjaran dan pendidikan agama yang benar namun pengharapan untuk anak yang sholeh tetap tertanam dalam hati mereka.

Sangat banyak kita temukan artikel-artikel baik di halaman blog, majalah, buku atau surat kabar, yang membahas tentang tata cara mendidik anak untuk menjadi anak yang Sholeh Sholehah. namun apapun itu semua kembali kepada diri kita dan rejeki kita masing-masing.

Dalam syariat islam, suami, istri, anak dan harta merupakan cobaan nyata dalam kehidupan, dimana kita diuji dalam menghadapainya dalam segala kondisi, ini yang patut terlebih dulu kita pahami. bisa dikatakan anak yang sholeh adalah sebuah anugrah yang sangat bernilai.
Tidak sedikit kita temukan anak yang penghafal Al-qur'an namun orangtuanya tidak bisa mebaca AL-qur'an atau sebaliknya.

Namun meskipun semua itu adalah ketentuan Allah, Kewajiban kita semuaa dalah berusaha dalam mendidik anak, sehingga hidupnya menjadi terarah. banyak usaha yang bisa kita lakukan dalam mendidik anak untuk menjadi anak yang Sholeh Sholehah.
 
Pada artikel ini saya dan tim zonapendidikan.com merangkum beberpa poin hasil wawancara dari bebebarapa orangtua memiliki anak yang berpotensi dalam bidang agama dan jauh dari kenakalan. Jika memang kita sudah berharap untuk mendapatkan anak yang sholeh, berarti kita sudah mempersiapkan dari semenjak sebelum sang anak lahir. beberapa hala yang harus dilakukan adalah:

Doa
Memang senjata paling ampuh adalah doa, bermunajat dan terus memohon kepada Allah untuk menganugrahkan anda anak yang sholeh. doa ini terus kita panjatkan sampai kapanpun. jangan pernah berhenti. karena segala sesuatu didunia ini adalah ketentuan Allah Swt.

Ikuti Sunnah Nabi
Arahan yang disunnahkan bagi kita atau hal yang diajrkan oleh Nabi Muhammad Saw hendaklah kita mengakkannya. diman adab saat berhubungan dengan pasangan dan doa sebelum bersenggama harus kita terapkan. makanya pada beberapa daearh di indonesia para kepala KUA mempertanyakan tentang doa kapada calon pengantin yang akan melangsungkan pernikahan. 

Perdengarkan lantunan ayat Al-Qur'an
Sudah sangat banyak orang yang melakukan ini, dimana semasa bayi dalam kandungan sering diperdengarkan dengan bacaan ayat suci Al-Qur'an selain itu sang ibu juga sering membaca Al-Qur'an selama masa kehamilannya. ini bisa juga anda lakukan dan dibantu juga oleh suami. begitu juga saat bayi lahir kedunia. usahakan suara yang pertama didengarnya adalah kalimat Tayyibah. kata yang mengandung unsur keislaman.


Mendidik anak  menjadi Sholeh Sholehah sejak masih kecil

 

Ini adalah langkah yang membutuhkan usaha yang kuat dimana anda mendidik anak yang sudah mulai berfikir dan merasakan berbagai macam hal. apapun tipsnya semua tergantung pada lingkungan tempat anda tinggal.

Jaga lingkungan anak
Apa yang ducapkan orangtua dan orang sekitarnya sang anak akan cepat merekam, tidak sedikit anak kecil yang bisa berjoged seperti orang dewasa, kenapa bisa demikian.? semua itu karena daya tiru dan daya tangkap sang anak sangat peka. disini kita sebagai orangtua kita dituntut untuk bisa memberikan suasan yang baik untuk pertumbuhan sanga anak.

Perlihatkan contoh teladan
Disini kita menunjukkan kepada sang anak tentang perilaku baik dan ibadah, sperti mengucapkan salam saat masuk rumah dan shlat berjamaah. jika pasangan suami istri melakukan shalat jamaah didepan sang anak, ini akan membuat kesan yang baik.
Selain itu contoh berpakaianpun harus diperlihatkan sejak ia kecil, dan sertakan sanga anak dalam kegiatan ibadah, mengaji bersama adalah suasana yang tepat.

Ajarkan Ilmu Agama
Ini mungkin menjadi problem bagi kalangan beberpa orangtua, mungkin saja tidak mampu atau tidak ada waktu dalam memberikan pengajaran agama terhadap anak. namun semua itu ada solusinya jika memang orangtua sibuk atau tidak mampu hendaklah mencarika orang lain yang bisa mengajarinya ilmu agama. 

Tapi sebaiknya orangtua sendirilah yang mengajarinya. dalam melakukan hal ini tidak seperti pengajaran yang ada pada sekolah-sekolah. namun pembelajaran yang ringan dan menyenagkan. janganlah dulu mengajrkan tentang siksa neraka atau azab karena ini akan mempengaruhi daya fikir sang anak, terkesan baginya islam itu mengerikan. namun anda bisa memulainya dengan kisah para Nabi dan ibadah-ibadah ringan. semua itu butuh proses dan tahapan.

Tegas dan bersahaja
Sikap ini dituntut bagi orangtua, dimana tidak terlalu memanjakan sang anak, tidak terlalu mematuhu apa yang ia minta itulah yangdimaksud dengan tegas, dan bersahaja maksudnya adalah, orangtua harus dapat memberi alasan yang menyenangkan jika tidak memenuhi permintaan sang anak. ini merupakan lamngkah yang sulit namun inilah yang terbaik, karena jika terus memnuhi permintaan anak, ini akan membuat sang anak manja dan tidak menghargai tentang jeri payah dan usaha. 
Sumber: Dokter psikologi USS

Pilihlah Sekolah yang bernuansa islam
Pilihan sekolah adalah pengaruh besar bagi pertumbuhan dan perkembangan kepribadian sanga anak, jika sekolah tersebut bersifat umum dan minus pendidikan agama maka secara otomatis sang anak akan lepas kontrol dalam kelangsungan sikapnya. ini sudah sering kita lihat dari berbagai kasus:
Saat anak masih SMP dia rajin sholat namun ketika sudah duduk di kelas SMA jarang bahkan tidak pernah lagi sholat.
Ini bisa disimpulkan 70%  pengaruh lingkungan sekolah sangat dominan. karena anak tersebut sedang dalam masa pertumbuhan sikap terpengaruh masih terlihat peka.

Ini hanya beberapa poin, namun masih banyak lagi cara atau trik yang bisa anda terapkan, semua itu tergantung lingkungan dimana anda tinggal. yang bisa kita lakukan hanyalah berusaha. dan semoga usaha ini tidak percuma atau sia-sia. - Cara Mendidik Anak Menjadi Sholeh Sholehah

0 Response to "Cara Mendidik Anak Menjadi Sholeh Sholehah"

Posting Komentar