Cara Menghadapi Sikap Orang Ngambek dan Merajuk



Cara Menghadapi Sikap Orang Ngambek dan Merajuk- Merajuk adalah sebuah sikap untuk menunjukkan kekecewaan terhadap seseorang, biasanya ini umumnya dilakukan oleh kaum wanita. Menurut pendapat dan pengakuan dari berberapa ahli fsikologi  yang dapat tim arenapendidikan rangkum. Bahwa merajuk ini hampir sama dengan narsis, dan itu bukan hanya sebagai sifat. Dan bisa juga dikatan sebagai penyakit jika pelaku sering melakukannya meskupun itu masalah spele.

Cara Menghadapi Sikap Orang Ngambek dan Merajuk

Cara Menghadapi Sikap Orang Ngambek dan Merajuk


Narsis, kata-kata yang selalu disebut-sebut dalam pergaulan sehari-hari merupakan sebuah penyakit jika terlalu berlebihan, begitu halnya dengan merajuk. Dan pemamaparan dari para dokter psikolog bahwa setiap manusia memiliki sifat merajuk meskipun itu berskala kecil, tidak terlepas dia pria atau wanita, jika sudah berada pada kondisi tertentu maka sifat ini akan muncul dengan sendirinya.

Merajuk yang berlebihan adalah sebuah penyakit,  didapatkan bisa dari keturunan, kebiasaan atau pengaruh lingkungan. Dikatakan merajuk yang berlebihan adalah merajuk yang memakan waktu yang cukup lama, merajuk yang familiar kita kenal adalah akan berlangsung dalam hitungan jam, tapi terkadang ada prosesnya sampai berhari-hari bahkan selamanya.

Adapun dampak yang biasanya ditimbulkan dari sikap merajuk, sebagai berikut:

  • Wajah merengut/cemberut
  • Cenderung diam
  • Tidak acuh saat diajak berbicara
  • Menunjukkan wajah yang sedih
  •  dan lain-lain

Pada dasarnya sikap merajuk ini memiliki tujuan tertentu, seperti mengaharap sesuatu. Ini sering terjadi pada pasangan kekasih, misalkan  seorang suami telat menjemput istrinya yang sudah menunggu berjam-jam, ketika sang suami sampai, disinilah mulai merajuk mulai menguap, ini bisa menjadi bertambah parah jika sang suami tidak bisa mengatur keadaan.

Adapun kata-kata yang biasanya terlepas dari sikap merajuk adalah:

    Ya udah lah..!
    Entah…!!
    Terserah lah Ah..!!
  Bukan urusan..!! dan lainnya tergantung bahasa kebiasaan dilingkungan anda
Ini hanya beberapa kata saja, dalam bahasa Indonesia umumnya begitu, dengan bahasa daerah anda lebih tahu apa yang biasa dikatakan di daerah anda.  Seikap Merajuk juga berbeda jenisnya tergantung pada usia pelaku. Jika seorang anak merajuk kepada orang tua mungkin lain lagi tingkah dan bahasanya.


Perbedaan Ngambek, Merajuk  Dan Marah


Jika dilihat dari fungsi ini sangat jauh berbeda, tapi sasaran tujuannya sebagian besar sama, merajuk dan marah bisa timbul kecuali karena berbagai sebab. Tapi terlihat pada cara pelaksanaannya berbeda.

Marah biasanya berlandaskan dari emosi dan Merajuk tibul karena sakit hati, nah prosesnyapun juga berbeda, Marah biasanya ditunjukkan dengan kata-kata dan merajuk ditunjukkan dengan raut wajah. Tujuannya mungkin sama agar orang yang dituju mengerti apa yang kita rasakan. 
Ada juga orang yang marah dalam keadaan diam, singkatnya marah dan merajuk berbeda namun kita tidak bisa menilai orang sedang marah atau merajuk alias ngambek.


Cara menghadapi orang yang merajuk


Menurut beberapa sumber yang kami temukan bahwa Mengahadapi orang yang merajuk cenderung lebih sulit dari pada orang yang marah, karena merajuk ini susah untuk berbicara (ngomong). Berbeda dengan marah yang selalu ngoceh, jadi kita tahu poin pembahasan.


Mengahadapi orang merajuk terasa menjengkelkan karena kita tidak mengetahui sebabnya, kita tidak tahu salah kita apa, tiba-tiba ada yang merajuk. Akan terlihat seperti orang bego jika kita menyebut berbagai kesalahan-kesalahan yang kita lakukan. Nah, Cara yang tepat untuk menghadapi merajuk kami rangkum dalam beberapa point:


1. Ketahui konteks permasalahan
Ini adalah langkah paling awal yang harus anda lakukan, Orang yang merajuk atau ngambek, pelakunya tidak akan mengatakan kenapa dia bersikap demikian, meskipun kita sudah menanyakan. Dan untuk mendapatkan jawaban ini anda harus ekstra keras, merayu dan membujuk,  Dan jangan asal menebak permasalahan. Jika tidak sesuai dengan tebakan akan berakibat fatal.


2.Buat Sebuah pujian kecil

Pada zaman dahulu, trik ini sangat manjur, tapi sekarang jika sudah sedikit berbahasa romantic merayu, kita akan dibilang lebay. Jadi gunakan ini sekedarnya,  beri sebuah pujian dan menyebut hal yang ia senangi.


3. Kondisikan tempat
Jika pasangan anda merajuk saat anda berada di perjalanan, di mobil, di motor atau di angkutan umum, sebaiknya anda jangan berfikir untuk menenangkan suasana. Biarkan untuk beberapa saat sampai anda berada di tempat yang sunyi atau jauh dari keramain, tau disaat sudah sampai kerumah, jika anda ingin mencairkan suasana di tempat umum, ini sangat jarang berhasil, kecuali istri anda sholehah bingit,,,  sebaiknya ini jangan anda lakukan dulu karena akan berakibat lebih parah, bisa jadi pertengkaran akan terjadi.


4. Jangan banyak Bicara
Untuk menenagkan hati yang merajuk, tidak akan mempan dengan ceramah, kita memberi masukan dengan berbicara sedikit tapi bermakna, menenangkan dengan kelembutan dan senyuman, usahakan suasana tenang, jika anda terlalu banyak berbicara, merajuknya akan menjadi-jadi, ini bisa anda buktikan, baik anak-anak atau orang dewasa. Jadi banyak berbicara itu akan mebuat suasana semakin parah. apalagi yang merajuk itu cewek yang dewasa, anda bisa dilempar dengan benda atau mendapat perilaku yang tidak enak, tapi tidak semua wanita demikian


5. Pilih antara dua jalur  (Sabar atau Serang) 
Satu hal yang paling menjengkelkan dari sikap merajuk adalah proses yang memakan waktu yang lama, seperti pembahasan diatas bahwa timbulnya merajuk itu disebabkan karena sesuatu hal sperti keinginannya tidak terpenuhi seuatu janji, dia ingin menunjukkan kepada kita bahwa ia merasa snagat kecewa. Yang jadi permasalahan, kita sudah bilang mengerti dan tahu dia itu kecewa, kita sudah sampaikan permohonan maaf, tapi  tetap juga tidak membuahkan hasil.

Tujuan sudah terpenuhi, dan permohonan maaf sudah diajukan, tapi merajuk terus gak henti-henti dan bahkan terkadang semakin parah, ini adalah sikap cewek yang luar biasa dan sudah mendarah daging bagi mereka.

Jika anda ingin bertahan menghargai hubungan, misalkan hubungan rumah tangga, keluarga, persahabatan, rekan kerja, sebaiknya anda pertahankan dengan kesabaran, anda bisa tetap senyum meski didalam hati sudah menggebu-gebu.

Tapi jika anda memang kondisi anda cocok/sesuai dengan melakukan penyerangan,  peneyrangan bukan berate memutuskan hubungan tapi member pelajaran bagi pelaku kerena sudah kelewat batas, anda sudah melakukan berbagai macam hal untuk menenagkan hatinya tapi tetap saja hasilnya nol. Siapkan penyerangan balik. Contohnya:


"Ya sudah kalo gak mau, saya cuma ingin hubungan in bisa bertahan, makasih,, makan tu sifat merajukmu dimanapun sifat itu dibernci orang"
Ini adalah salah satu contoh kalimat, isi dari kalimat yang kita lontarkan jangan terlalu panjang, dan  tunjukkan usaha kita, dan menyatakan bahwa sikap merajuk itu tidak baik.Cara ini bisa naa lakukan bagi yang menurut anda cocok, tapi tidak semua jenis manusia bisa lakukan demikian, karena ada juga orang terlalu sensitif dan ini bisa berakibat tidak baik.


Beri peringatan di saat kondisi baik (langgeng)

Di saat anda sedang tidak meiliki permasalahan dengan pasangan, sahabat atau hubungan lainnya, sebainya anda memberi peringatan atau sekedar memberitahu bahwa anda tidak suka dengan sikap orang merajuk, sampaikan itu dengan senyuman sambil bercanda.  Buat kata yang mengandung makna ekstrem, seperti “ Saya lebih baik di pukuli sepuluh orang daripada menghadai orang merajuk” anda bisa menggunakan kata-kata seperti itu. Dan jangan lupa beri penjelasan, “karena orang merajuk itu susah dihadapi dan sangat menjengkelkan” Ini adalah trik untuk mencegah, tapi cara ini cukup ampuh, dokter aja bilang, “lebih baik mencegah dari pada mengobati”.

Berikan pelatihan dan pembelajaran pada keluarga anda dari sikap cemberut yang berlebihan karena apda hakikatnya itu akan merugikan pelakunya, apalagi bagi kaum wanita : merajuk yang  dilakukan dengan niat untuk suami agar sadar akan perilakukanya tapi malah sang suami pergi meninggagalkan istri karena merasa kualahan mengahdapi sikap itu, ini adalah contoh kecil yang pernah terjadi.  Semoga bermanfaat


0 Response to "Cara Menghadapi Sikap Orang Ngambek dan Merajuk"

Posting Komentar