Cara Menghapus URL Secara Pemanen di Google Webmaster

Cara Menghapus URL Secara Pemanen di Google Webmaster -Menghapus URL merupakan keperluan sendiri yang dilakukan para publisher dengan berbagai alasan, diantara alasan mereka Menghapus URL Postingan Blog karena blog URL tersebut bermasalah atau tidak diharapkan muncul lagi,  mungkin disebabkan postingan itu sudah mendapat teguran dari berbagai pihak atau hal yang berbau pelanggaran etika.

Ada juga disebabkan karena pemindahan artikel ke blog baru, untuk menghindari ducplicat content postingan tersebut harus dihapus di blog dan url nya harus dihapus di Webmaster Google.
 

Cara Menghapus URL Secara Pemanen di Google Webmaster 

Cara Menghapus URL Secara Pemanen di Google Webmaster
Menghapus URL Postingan Blog Secara Pemanen di Google Webmaster tidaklah sulit, namun akan terasa sulit dan membosankan jika penghapusan dalam jumlah banyak. jika URL yang ingin anda hapus lebih dari pada seratus postingan maka, anda harus benar-benar meluangkan waktu untuk aktifitas ini. karena untuk Menghapus URL Postingan Blog tidak bisa dilakukan semua secara seekali gus tetapi anda harus melakukan penghapusan satu persatu.

Kenapa Harus Menghapus di Google Webmaster..?
Jika anda menghapus postingan pada dasbor blog, sementara postingan tersebut sudah pernah anda submit ke webmasterl tool goole, maka penghapusan ini belum dikatakan permanen. link tersebut masih hidup dan aktif daianggap google. jadi, kuncinya adalah menghapusnya secara permanen pada Google Webmaster Tool.

Untuk melakukan penghapusan  URL Postingan Blog Secara Pemanen di Google Webmaster silahkan ikuti langkah berikut. sebelumnya pastikan anda sudah login pada email yang terpaut dengan Google Webmaster, jika sudah langsung saja ikuti langkah berikut.
  • Buka Google Webmaster Tool di browser tempat anda membuka blog biasanya.
  • Langsung klik "Search Console"   
  • Jika anda memiliki beberapa blog maka pilih blog yang postingannya akan anda hapus
  • Kemudian pilih "Google Indeks" dan klik di bawahnya hapus URL atau Remove URL. Perhatikan gambar dibawah.

Cara Menghapus URL Secara Pemanen di Google Webmaster  

Cara Menghapus URL Secara Pemanen di Google Webmaster


  • Stelah itu pada tampilan selanjutnya klik "Create a New Removal Request" akan muncul kolom dibawahnya. pastekan link yang ingin anda hapsu disitu kemudian kirim permintaan. 

Cara Menghapus URL Secara Pemanen di Google Webmaster  

Penghapusan akan memakan waktu selama beberapa hari tergantung kesibukan pihak google. ada yang hanya dua hari dan bahkan ada yang sampai 3 bulan belum ada pengesahan pasti dari penghapusan dari Url oleh pihak google. namun anda tidak  perlu ragu, permintaan menghapus URL pada Webmaster tool akan di layani dan diterima.
Jika anda ingin menghapus URL dengan jumlah yang banyak, maka anda herus melakukan berbagai persiapan. 
  1. Simpan semua data URL yang ingin dihapus pada Notepad
  2. Pastikan alamat tersebut sudah tepat dan tidak ada kesalahan satu titik pun
  3. Copy satu persatu dan kirim permintaan penghapusan
  4. URL yang anda simpan di Notepad tadi jangan dihapus dulu. stelah permintaan anda di setujui pohak google maka lakukan pengetesan, buka Link URL yang sudah terhapus. apakah masih muncul halamannya atau Tidak.
Jika anda ingin mengurungkan pernghapusan, ini bisa juga anda lakukan. buka kembali portal pernghapusan tadi, disitu ada pilihan "Urungkan Penghapusan" namun ini hanya bisa dilakukan selama beberapa minggu stelah anda menghapusnya.

Semoga Bermanfaat.salam sukses para publisher- Cara Menghapus URL Secara Pemanen di Google Webmaster

4 Responses to "Cara Menghapus URL Secara Pemanen di Google Webmaster "

  1. Gan, saya udah coba cara ini pada tahun lalu. Tapi nyatanya url ya nggak kehapus, cuma temporarily hide. Jadi sekitar 90an hari muncul lagi, nggak bisa kehapus secara permanen. Apakah ada solusi?

    BalasHapus
  2. Mungkin agan tidak menghapus data yang error di bagian crwal error... setelah agan melakukan tahapan seperti di postingan diatas,, agan langung menghapus data di cerawl errornya di bagian FIXED...

    BalasHapus
  3. saya sudah menghapusnya tapi beberapa hari kemudian malah muncul lagi. kenapa ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. penghapusan membutuhkan waktu minimal satu hari

      Hapus