Cara Menjaga Baterai Laptop agar Tahan Lama



Cara Menjaga Baterai Laptop agar Tahan Lama- Setiap alat elektronik pastinya memiliki sumber tenaga agar bisa bekerja, sumber tenaga pada elektronik disebut dengan  Baterai, disini terkumpul energi yang disalurkan kepada mesin dan memiliki masa yang terbatas.


Leptop memiliki Baterai yang berbeda dengan alat elektronik lainnya, begitu juga setiap merek pasti berbeda jenisnya sebagian besar ada yang bisa dicopot dan ada juga jenis yang menyatu dengan badan leptop.

Cara Menjaga Baterai Laptop agar Tahan Lama

Cara Menjaga Baterai Laptop agar Tahan Lama
Pada halaman ini zonapendidikan.com membagi pengetahuan tentang cara melindungi Baterai leptop dari kerusakan seperti yang sering disebut dengan soak.

Soak berarti rusak dan tidak berkerja seperti seharusnya atau diluar dari system yang telah diatur sebelumnya, misalkan Baterai sudah di program untuk bertahan selama 2 jam pemakaian namun hanya bisa bertahan selama 1 jam atau bahkan beberapa menit saja. Ini disebabkan Karen beberapa hal, semua itu karena kesalahan pengguna, seperti:

  • Mencabut baterai saat leptop dalam keadaan berjalan
  • Shut down dengan menekan tombol
  • Membiarkan baterai lemah 0% sampai leptop  mati
  • Membiarkan leptop hidup tanpa dipoerasikan dan carger tercolok pada leptop
  • Arus tidak stabil
  • Sering mematikan leptop dengan menutup layar
  • Sering melakukan pengaturan sleep

Ini hanya beberapa kesalahan yang dilakukan oleh pengguna laptop  dan masih ada sebab lainnya namun yang disebutkan diatas adalah umumnya terjadi.

Cara menjaga Baterai leptop agar tidak soak


Pada dasarnya Baterai bawaan laptop itu adalah original. Anda membeli sebuah leptop dan Baterai yang padanya itu adalah asli original jika sudah terjadi kerusakan itu disebabkan oleh pengguna leptop meskipun anda mengganti dengan membeli Baterai baru maka itu tidak akan bertahan lama kecuali anda membeli Baterai yang original juga yang harganya sangat mahal, dari pada anda bayar mahal nantinya  lebih baik menjaganya sebelum terjadi soak atau kerusakan.


Optimalkan charging

ini mungkin jarang dilakukan orang namun padahal sangat penting untuk menjaga kestabilan baterai leptop anda. Anda melakukan charging (ngecas) sampai betre penuh 100% dan mencabutnya dan disaat sudah mencapai 10% anda melakukan charging lagi, namun terkadang banyak yang orang malas melakukan ini.  Membiarkan charging sampai sekian lama. Ini tidak seberapa berpengaruh cepat  pada kerusakan namun lama kelamaan akan telihat pada reaksi baterai leptop anda.

Hal ini akan berakibat fatal jika proses charging tetap berjalan sementara leptop dalam keadaan hidup tapi tidak dioperasikan, ini biasanya terjadi saat pengguna ketiduran, begitu terbangn keesokan harinya ia melihat lepotp mati dan begitu dihidupkan betrenya 0% dan charging tidak berjalan , namun jika charging dilakukan saat leptop tetap dipoerasikan ini tidak akan menjadi masalah.


Jangan Cabut Batrei Saat Laptop on
Mencabut baterai dalam keadaan leptop sedang hidup adalah kesalahan yang fatal, ini terjadi dua kemungkinan:

1. Mencabut saat sedang eror: bisanya para pengguna mencabut baterai leptop ketika proses program leptop sedang eror atau tiba-tiba mesinnya leptop mengeluarkan suara, karena panik , pengguna mengambil jalan pintas dengan mencabut batre.

2. Mencabut karena risih/ hemat: ini biasanya orang yang kurang kerja, ketika proses charging sudah mencapai 100% ia mencabut batre, berharap nanti bisa digunakan saat listrik padam . Leptop tidak mati karena charger masih dalam keadaan tercolok pada adaptor, namun jika listrik padam secara otomatis leptop akan mati karena tidak ada daya.

Nah kedua hal ini akan membuat kerusakan total pada batre leptop. Inilah penyebab terbesar yang sering terjadi. sebagai pengguna yang baik anda tidak perlu mencabut batrei kecuali dengan alasan tertentu.


Sleep dapat merusak kestabilan baterai
Sleep dan shutdown sangat jauh berbeda, mungkin anak  SD pun tau hal ini, meski mereka mengenal computer hanya untuk hiburan shutdown berarti mesin dan program mati secara total namun sleep sesuai dengan artinya “tidur” dia akan terbangun jika disentuh salah satu tombolnya, nah, yang menjadi problem sleep tidak berarti menutup program sebagian leptop mesin tetap hidup meskipun sudah dibuat sleep. 

Hal ini biasa dilakukan orang yang sibuk, tidak mematikan leptop untuk rehat sejenak dan akan menggunkannya kembali. Karena tidak mau menunggu lama maka ia tidak menggunkan shutdown. Ini tidak akan menjadi masalah jika waktu sleep tidak lama, namun jika sering terlupa bahkan membiarkan sampai berhari-hari  maka pengaruhnya terhadap batrei akan terlihat, ini bukan hanya pada baterai saja namun bisa sampai kerusakan pada program.


Shutdowon secara tidak normal
Jika anda melakukan Shutdowon dengan menekan tombolnya ini adalah kesalahan besar, karena dapat mengganggu kestabilan kerja leptop, Shutdown dilakukan dengan program pada start windows, tombol  Shutdowon biasanya hanya digunkan saat menghidupkan saja.

Hentikan Charging  Jika arus tidak stabil
Kestabilan arus adalah perioritas pada pengisian daya baterai, jika arus tidak stabil maka baterai akan cenderung rusak karena pengisian dayanya terganggu. Lebih baik anda menghentikan proses charginnya, begitu juga saat mati listrik, jika arus litrik mati dan hidup dalam waktu berdekatan sebaiknya anda tidak melakukan charging, seperti mati dan hidup mati lagi dan hidup lagi, jangankan leptop alat elektronik lain yang komponennya besar seperti kulkas, mesin cuci, TV dan lain-lain bisa meledak kalau begin.

Gunakan Aplikasi pendeteksi dan penghemat daya
Ini mungkin sedikit membantu namun sebagian pengguna merasa risih jika memiliki aplikasi ini namun dengan ini anda bisa mengontrol kestabilan tenaga batei, jika memang program yang anda gunakan membutuhkan daya yang kuat seperti  game berukuran tinggi maka aplikasi ini perlu anda miliki. Semua itu tergantung kebutuhan.

Sebagian orang menyepeleakan perawatan pada batei leptop, tapi ketika terjadi kerusakan kebingungan dan kegelisahan akan menerpa, bagaimana tidak, leptop bagaikan computer kalau tidak dicharger maka leptop tidak dapat hidup, saat anda asik-asik mengetik atau membuka program lainnya, listrik padam maka pupuslah sudah..

Lebih baik mencegahnya terlebih dahulu jika anda ingin leptop anda berusia lama dan jika memang sudah terjadi kerusakan sebaiknya anda membeli baterai yang asli atau original meski mahal tapi bisa bertahan lama, jangan tergiur dari harga murah barang Kawe, kepuasan yang anda dapatkan hanya sesaat saja, bijaklah dalam memilih, semoga bermanfaat gan- Cara Menjaga Baterai Laptop agar Tahan Lama


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menjaga Baterai Laptop agar Tahan Lama"

Posting Komentar