Cara Menolak Lamaran Pernikahan Sesuai Hukum

Cara Menolak Lamaran Pernikahan Sesuai Hukum- Penolak lamaran bukanlah sikap yang dianjurkan dalam islam bahkan pada hakikatnya ini tidak harus dilakukan. namun jika memang seorang wanita itu memiliki alasan yang Syar'i untuk menolak lamaran seorang laki-laki hendaklah itu dilakukan tanpa menimbulkan perselisihan antara kedua pihak.

Menolak lamaran pernikahan bukanlah keputusan yang bisa dilakukan dengan kehendak sesuka hati.

Cara Menolak Lamaran Pernikahan Sesuai Hukum

 
Cara Menolak Lamaran Pernikahan Sesuai Hukum

Penolakan lamaran tanpa menimbulkan rasa tidak enak dan sakit hati itu memang pernyataan yang sulit, karena faktanya setiap penolakan itu menghasilkan sebuah kekecewaan yang sangat mendalam apalagi didalamnya ada sebuah pengharapan yang besar. ini tidak jauh berbeda pada penolakan dari pengajuan diri dalam pekerajaan, atau ujian yang berujung kegagalan (tidak lulus) atau permintaan sesuatu kepada seseorang namun tidak dimakbulkan atau ditolak. semua itu melahirkan sebuah rasa kecewa dan bisa berujung kebencian atau kekesalan.

Jika anda pernah menjadi mahasiswa, pernahkah anda merasakan disaat anda mengajukan sebuah judul skrispsi kepada dosen, dan ternyata dosen itu menolak pengajuan anda. padahal pengajuan yang anda buat itu mengorbankan finasial dan usaha yang besar. tentunya rasa kecewa dan kesal itu pasti akan anda rasakan.

Begitu juga dengan penolakan pada lamaran pernikahan, namun ini berbeda konteksnya dengan contoh saat anda menjadi mahasiswa, tidak ada berdampak pada sang dosen bahkan meskipun kata-katanya tidak enak didengar namun dilain waktu anda juga akan berusaha untuk memperbaikinya meskipun dengan keterpaksaan.

Jika penolakan pada lamaran pernikahan, ini akan berdampak pada posisi anda yang akan dilamar. sesuai dengan yang keterangan dari salah satu hadis Nabi Muhammad Saw bahwa penolakan lamaran bagi seorang laki-laki yang soleh (berpegang teguh pada agama) maka itu akan menimbulkan fitnah bagi wanita itu sendiri dan akan terjadi kerusakan.


Cara Menolak Lamaran Pernikahan Sesuai Hukum

Nah, disini kiita kita akan membahas bagaimana langkah terbaik saat anda menolak lamaran yang datang kepada anda.  pada hakikatnya ini bukanlah dikatakan penolakan namun membuat sebuah perubahan. mkasudnya adalah dengan melakukan sikap tersebut sang pelmar akan berubah untuk menjadi lebih baik.


1. Berdo'a dan memohon petunjuk Allah

Apapun ceritanya doa yang paling utama, mengaharap pertolongan Allah agar selalu dalam keadaan "hasanah". mungkin saja orang yang anda tolak itu jodoh anda, dengan bantuan doa ternyata dia bisa menjadi jauh lebih baik dari yang anda harapkan. subhanallah


2. Berikan pujian dan ucapan terima kasih
ini hanya sebuah basa-basi, tapi hasil dari penuturan kata penghargaan dan penyanjungan dapat merubah situasi menjadi lebih nyaman. hargailah orang yang telah memberanikan dirinya untuk meminang anda. katakan bahwa anda senang dan salut kepadanya.


2. Bersikap Netral
Kesalahan yang sering dilakukan oleh wanita adalah: tidak menyukai seorang laki-laki namun tetap memberi harapan kepadanya. maksudnya mungkin ada sesuatu yang bisa ia harapkan seperti material, tenaga dan lain-lain dari laki-laki tersebut. sebenarnya ini akan merugikan wanita itu sendiri.

Saat motif anda diketahui anda hanya memanfaatkan seseorang, maka kerusakan itu akan rentan terjadi, yang dimaksud dari keruskan adalah kekecewaan dari laki-laki tersebut akan merugikan anda. salah satunya kasus yang marak terjadi di khusunya di Indonesia. pembunuhan bermotif kekecewaan, hal ini selalu ditampilkan pada sebuah stasiun TV swasta yang berjudul Harta Tahta Wanita. selain itu kasus-kasus pembunuhan dan tindakan kriminal lain yang dapat diungkap polisi 75 motif pembunuhan itu terlahir dari rasa kesal dan kecewa.

Belum lagi istilah yang marak sejak dulu "Cinta ditolak dukun bertindak" namanya saja orang kesal dan kecewa, jika iman tidak kuat, syaitan bisa datang hilir mudik mempengaruhi pelaku. Nauzubillah.

Yang dimaksud dengan sikap netral adalah, ya bergaul lah sewajarnya dan menjaga jarak, jangan meminta tolong yang memberikan kesan bahwa and sangat membutuhkannya. jangan pernah memberi harapan, menghundar secara perlahan tanpa memberi kesan bahwa anda tidak suka dengannya


3. Katakan dengan indah
Ini bukanlah pernyataan Ariel Peterpan. namun berdasarkan syariah. dimana penolakan yang anda lakukan itu haruslah anda tuturkan dengan keindahan kata, seperti meminta maaf atau mungkin mencarikan teman sebagai pengganti, banyak yang bisa anda lakukan, namun semua itu harus dengan suasana santai dan rileks, ya intinya disini harus sabar dan profesional.


4. jangan katakan alasan kenapa,  jika tidak terpaksa
Ini juga kerap terjadi bagi kalangan wanita menyatakan alasan yang sejujurnya kenapa dia suka dan mengungkapakan harapannya terhadap jenis laki-laki yang ia inginkan. sebenarnya ini bukanlah sebuah kesalahan namun tidak semua laki-laki tidak bisa menerima bahkan mereka itu akan merasa terhina.

Jika memang terpakasa anda mnyatakannya sampaikanlah dengan simpel dan tidak memperpanjang pemabahasan. contohnya: salah satu yang anda tidak sukai dengan laki-laki yang merokok, sampaikan itu dengan kata-kata lain sperti "harapan saya itu kepada laki-laki yang bersih dan tidak merokok karena saya alergi dengan asap" ini adalah sebuah kata yang tepat.

Janganlah sampaikan dengan kata yang memberikan kesan benci sperti " saya malas, dan paling gak suka dengan cowwok merokok, jorok dan bau lagi bla,.... bla,,,, bla...."  inilah kata yang tidak boleh, komunikasi yang baik sangat diharapkan bagi seorang wanita.


5. Tetap jaga komunikasi
Ini adalah langkah terakhir,  meskipun anda sudah menolak sesorang namun tetaplah jaga komunikasi dengan baik. seperti anda menanyakan kabar namun jangan terlalu sering, mengucapkan selamat lebaran atau mengunjungi saat anda diundang dan membantu seperlunya.

Ini adalah beberapa langkah yang bisa anda lakukan namun semua itu tergantung kebiasaan dan adat di daerah anda masing-masing. tapi satu yang perlu anda ketahui. jika memang laki-laki yang anda tolak itu adalah jodoh anda yang telah di takdirkan Allah, apapun langkah anda, sejauh apapun anda lari akhirnya akan dipertemukan juga. janganlah pernah menyerah untuk berdoa dan mengharapkan jodoh yang terbaik.- Cara Menolak Lamaran Pernikahan Sesuai Hukum

0 Response to "Cara Menolak Lamaran Pernikahan Sesuai Hukum"

Posting Komentar