Ciri-Ciri Keluarga Bahagia dan Sakinah

Ciri-Ciri Keluarga Bahagia dan Sakinah- Memiliki keluarga yang didalamnya terdapat kebahagiaan merupakan harapan hampir seluruh umat manusia di muka bumi, tidak perduli agama apaun dianutnya semua ingin kebahagiaan dan kesejahteraan. Dalam Agama Islam kebagaiaan yang ada pada keluarga disebut dengan keluarga sakinah.


Ciri-Ciri Keluarga Bahagia dan Sakinah

Ciri-Ciri Keluarga Bahagia dan Sakinah

Apa sebenarnya hal bahagia dalam rumah tangga dan bagaimana caranya, semua itu akan kita bahas mungkin saja bisa bermanfaat bagi pembaca setia. Adapun Ciri-Ciri Keluarga Bahagia itu bisa dikaitkan dengan posisi aman, aman dari masalah ekonomi aman dari perselisihan, aman dari gangguan luar dan aman dari perseteruan hubungan antara suami-isri-anak. 

Inilah beberapa karakteristik Keluarga Bahagia, dan harus bisa anda bangun dan membinanya dala hidup rumah tangga.

Tanpa Sangkutan Hutang
Hutang yang sudah tak beraturan merupakan jerat syaitan untuk menghancurkahn hubungan antar manusia, hutang yang sudah menumpuk akan membuat orang yang berhutang tidak akan tenang dalam hidupnya, tidak jarang terjadi perceraian antara pasangan suami istri karena lilitan hutang yang tidak terbendung lagi.


Maka sebaiknya mawas diri agar tidak terlalu asyik dalam meminjam, karena dalam islam orang yang berhutang itu tidaklah baik jika ia terus melakukan dan berlebihan.

Keluarga Sakinah Mawaddah warahmah


Se-iya sekata
Ini merupakan komitmen antara suami dan istri yang memegang teguh amanah dalam rumah tangganya, sepakat dalam memutuskan pilihan, didalamnya ada rasa saling menghormati dan menghargai. dengan hal ini akan jauh dari keributan atau perseteruan.

Punya keturunan
Manusia hanya bisa berencana dan penentuannya ada pada sang khaliq, dalam hal ini manusia hanya bisa berupaya dan berdoa untuk diberikan keturuan, alangkah bahagianya keluarga yang memiliki anak begitu juga sebaliknya akan ada kesedihan jika belum diberi kesempatan untuk menimang buahan hati, namun dalam hal ini bukanlah sebuah ukuran kebahagiaan, meskipun ada kesedihan tapi Allah juga punya rencana lain,  Allah akan memberikan yang terbaik bagi hamba-Nya.

Punya tempat Tinggal sendiri
Rumah yang besar dan mewah tapi itu milik mertua atau rumah sewa belumlah sempurna kebahagian hidup dalam rumah tangga, meskipun sederhana dan tidak mesti mewah asalkan milik sendiri. jika berumah tangga masih menempati bukan rumah sendiri maka hal ini akan selalu mengganggu benak fikiran. oleh karena itu kembali lagi kepada usaha untuk mendapatkan yang terbaik dan memohon pertolongan dari Allah Swt.

Punya Penghasilan Tetap
Ini bagi kepala keluarga, yang bertangggung jawab dalam menafkahi anak dan istri, ini meruapakan tanggung jawab besar, selain mencarinya suami juga harus memastikan penghasilan yang diapatkan itu dari jalan yang halal.

Salah satu syarat nikah bagi laki-laki adalah "mampu" dalam hal ini finansial juga termasuk maka hendaklah mempersiapkannya, jika bekeluarga namun tidak memiliki penghasilan tetap maka akan jauh dari bahagia, alangkah bahagianya hidup dalam rumah tangga yang dapat makan dan membeli kebutuhan meskipun sederhana.

Beberapa poin diatas merupakan Ciri-Ciri Keluarga Bahagia yang biasanya orang menilai secara jhahir bukan secara ruhaniyah,  dan sebalikinya biasanya poin diatas jika tidak tercapai akan mengacu kepada perseteruan dan perceraian. jika kita melihat secara ruhaniyahnya banyak manusia yang tidak sanggup dan mengeluh, seperti yang terjadi pada orang terdahulu, disaat tidak ada pasokan makanan dalam keluarga mereka rela berpuasa, mungkin ini sangatlah berat pada zaman sekarang dan hanya orang-orang yang memiliki iman yang tebal dan tangguh, yang dapat melakukannya,  semua itu haruslah dibendung dengan iman dan ketabahan

Demikian sedikit penjelasan semoga bermanfaat, dan semoga keluarga kita sakinah selalu dalam lindungan Allah Swt, Amin ya Rabbal Alamin- Ciri-Ciri Keluarga Bahagia dan Sakinah

0 Response to "Ciri-Ciri Keluarga Bahagia dan Sakinah"

Posting Komentar