Curhat dapat Merugikan Diri

Curhat dapat Merugikan Diri- Pernahkah anda curhat (Curah Hati)..? Dari segenap masalah yang kita hadapi dan kita raskan rasanya tidak akan tenang jika tidak membaginya kepada orang lain. terkadang kita merasa tentram dan tenang setelah berbagi keluh kesah dari masalah yang kita alami, tapi semua itu belum tentu berdampak baki bagi kita.

Seorang dokter psikologi universital bristol inggris, menyimpulkan dalam risetnya, orang yang pendiam, fobia, narsis merupakan kelaian pada sikap manusia, dan juga termasuk didalamnya orang yang suka bercurah hati, maksudnya dalah orang yang kerap mengumbar kata dan ini merupakan kebiasaan lawan dari orang yang tertutup.

Jika kita merasa senang curhat kepada orang lain dari masalah pribadi, berarti gejala kelainan ini sudah tumbuh dalam diri, asal ada masalah sedikit curhat, sedikit masalah yang dialami langsung mengumbarnya kepada orang lain. dan terkadang orang curhat itu bukan berharap solusi namun hanya ingin orang mengetahui dia puny problem, seharusnya ini yang tidak perlu kita lakukan, dan sebaiknya tidak sama sekali kerena nantinya akan merugikan diri kita sendiri.

Curhat dapat Merugikan Diri

Curhat dapat Merugikan Diri

Sesuai dengan judul artikel ini berkaitan dengan Dampak buruk akibat curhat. curhat ini bisa bermanfaat dan bahkan sangat bermanfaat jika kita menyampaikannya kepada orang yang tepat dan orang yang mengerti sikap dan diri kita, namun jika menyampaikannya kepada orang yang salah maka itu akan menjadi bomerang untuk diri kita. 


Curhat Bisa Merugikan Diri


Curhat Kepada Sembarang Orang
Berbagi cerita kepada orang tua, saudara dan teman dekat itu merupakan hal yang wajar, namun jika kepada orang sembarangan bisa jadi merugikan kita, seperti dengan bercerita tentang masalah pribadi anda kepada orang belum lama anda kenal, bahkan anda berani menceritakan tentag keluarga anda secara detail, dan menceritakan apa yang anda rasakan, kalau itu anda sampaikan kepada orang yang tepat tidak masalah , namun jika orangnya salah,  besok-besok rumah anda kemalingan, barang anda tiba-tiba hilang dan banyak lagi kejadian yang diluar dugaan.

Curhat asal-asalan
Dalam agama islam ada istilah musyawarah motifnya adalah saling bertukar fikikiran untuk menumukan solusi yang terbaik dalam sebuah perkara, jika anda memilki masalah dan curhat kepada orang lain untuk mendapatkan sebuah solusi maka itu sudah masuk dalam lingkaran musyawarah, namun terkadang anda hanya butuh sekedar menyampaikan dan disaat orang menympaikan pendapat anda menyangkalnya semua, nah ini sebaiknya jangan dilakukan, akan membuat orang tersinggung dan orang tidak akan menghargai kita.

Curhat Masalah Pribadi
Masalah pribadi sabaiknya anda pendam sendiri dan meminta pendapat orang tua atau orang yang paling dekat dengan anda, jika terlalu mengumbar masalah pribadi, secara ilmu sosiologi ini akan menjatuhkan diri kita sendiri, saat kita tidak baik dengan seseorang, orang itu akan mengungkap masalah pribadi kita.

Curhat tidak pada tempat
Ini akaibatnya sangat merugikan seperti guru curhat di ruang kelas, curhatnya dikepada murid, ini sangat keterlalun tempat salah dan orangnya juga salah. pastinya murid akan mencemoohkan gurunya. atau curhat ditempat umum seperti dimesjid atau di pasar, memang kita hany berdua membahas namun orang lain juga mendengar.
Pernah pada suatu hari, sepulang kerja, tepat saat lampu merah semua kendaraan berhenti yang sejalur dengan saya, didepan saya ada sepasang kekasih saya teksir mereka (suami istri) yang sedang bercerita, sepertinya masalah pribadi, mereka menggunakan speda motor sama dengan saya, bukannya nguping namun hanya kebetulan terdengar, saat lampu hijau menyala semua kendaraan bergerak, anehnya jalan yang ingin saya lalui bersamaan dengan sepasang sejoli tadi, saya ikuti terus dari belakang, dan sudah ada 5 lampu merah kami lewati sekitar 27 menit barulah arah jalan saya dengan mereka berbeda, selama diperjalanan tadi saya tahu betul permasalahannya dan itu merupakan aib mereka.
Ini merupakan hal yang harus kita hindari, curhat sih curhat tapi lihat tempat yang tepat, jika kita mencari makna dari curhat itu adalah mencari jalan yang tepat untuk melangkah, mencari solusi yang baik untuk keluar dari masalah, mancari kebenaran dari ketidkatahuan. yang terjadi di  acara-acara Televisi itu bukan curhat namanya, tapi caper dan mengumbar cerita untu mendapatkan perhatian publik.

Demikian sedikit penjelasan dari Curhat dapat Merugikan Diri, semoga bermanfaat.

0 Response to "Curhat dapat Merugikan Diri"

Posting Komentar