Diam itu Berkah dan Hikmah

Diam itu Berkah dan Hikmah- Diam adalah sebuah keberkahan, begitu beberapa ulama menyebutnya, hal ini memimilki keterkaiatan yang sangat erat dengan pergaulan di masyarakat, Karena manusia cenderung mengekuarkan perkataan di depan orang lain dan itu tidak bermanfaat sama sekali atau bahkan merugikan diri sendiri. dalam artikel ini kami memuat beberapa hikmah dan keberkahan dari menjaga mulut atau diam.

Diam itu Berkah dan Hikmah

Diam itu Berkah dan Hikmah

Yang dimaksud engan keberkahan diam bukan berari kita tidak berbicara seperti orang bisu, namun sumber keberkahannya adalah kita tidak berbicara kepada jika sekiranya perkataan yang ingin kita ungkapkan itu tidak bermanfaat bagi pendengar.

Berkatalah yang baik, atau diam
Dalam kehidupan sosial islam memeberikan seruan untuk bersosialisasi dengan tetangga dan masyarkat. berkata yang baik dan jika memang kita tidak mampu bertutur kata yang baik lebih baik bagi kita untuk diam. karena jika terus berkata asal-asalan dan tidak memberikan manfaat, maka itu akan bisa menjadi mudharat bagi diri kita.

Keselamatan manusia dalam menjaga lisannya
Lidah merupakan salah satu sumber permasalahan yang dialami manusia dala kehidupan sosial,  namun ini hanya berlaku bagi orang yang tidak mampu menjaga lidahnya atau lisannya.

Terkadang karena perkataannya manusia  itu bisa celaka bisa mendapat masalah besar, hal ini dapat kita lihat disekeliling kita banyak orang yang mendapat permasalahan besar, mungkin kita menggungkapakannya biasa saja dan tidak ada maksud apapun, namun bagi orang mendengarnya belum tentu dapat memaknainya secara positif.

Perkataan dapat menembus dari apa yang tidak dapat ditembus oleh jarum
Itulah perkataan,  memiliki kekuatan yang sangat luar biasa, pribahasa mengibaratkan dengan perbandingan terhadap jarum yang tajam. perkataan kita ucapkan melalui mulut dapat mengakibatkan orang yang mendengar senang atau sakit hati, inilah yang dimaksud dari melebihi tajamnya jarum. 

Namun terkadang disaat fikiran kita tidak terkontrol, membuat perkataan kita juga tidak terkontrol. dan tidak menyadari beberapa orang yang mendengar perkataan merasa sakit hatinya.

Mulutmu Harimaumu
Ini sangat benar dan faktanya sudah terbukti, jika kita mampu berkata baik dengan orang lain, ini akan membuat diri kita dihargai dan bahkan disegani dan begitu juga sebaliknya, perkataan asal asalan akan membuat diri kita jatuh dan terhina bahkan dapat mencelakakan diri secndiri.

Manfaat diam dalam pergaulan

Namun terkadang kita tidak mampu dan tidak argumen yang baik dan mempermanfaat untuk diungkapkan oelh karena sebaiknya kita diam dan mendengar yang bermanfaat.

Berkata yang tidak baik sudah jelas dilarang dan tidak dibeanrkan dalam islam ataupun agama lainnya. oelah karena itu agama islam sendiri memberikan anjuran kepada umatnya untuk menjaga lisan. kerena lisan atau mulut merupakan sumber dosa dan bahkan dosa besar.
Hikmah diam itu sangat banyak dan bisa membuat diri kita terjaga, diam itu berkah, berkah yang besar untuk hidup kita.

Demikian sedikit penjelasan tentang manfaat dan keberkahan sikap diam tidak banyak berbicara, semoga bermanfaat dan bubuhkan komentar anda untuk menyempurnakan artikel ini.- Diam itu Berkah dan Hikmah

0 Response to "Diam itu Berkah dan Hikmah"

Posting Komentar