Hal Yang harus dipertimbangkan Wanita Sebelum Menerima Lamaran Pernikahan

Hal Yang harus dipertimbangkan Wanita Sebelum Menerima Lamaran Pernikahan- Pernikahan merupakan hal yang dinati-natikan bagi setiap orang, selain ibadah pernikahan juga sebagai kebahagian dan langkah awal dalam menempuh hidup dengan suasana yang baru, namun meskipun pernikahan disebut sebuah kebahagiaan tidak jarang didalam pernikahan menuai permasalahan bahkan jauh dari bahagia. dalam hal ini tergantung bagaimana pasangan itu menjalani bahtera rumah tangga.

Begitu banyak kasus didalam rumah tangga bahkan sampai berakibat diluar logika, seperti suami membunuh istri atau istri meninggalkan suami, perselingkuhan dan lain-lain. mengutip perkataan seorang Ulama masyhur  yang berasal dari bahgdad pada masa dinasti Abbasiyah,  jika seorang manusia itu menyadari menikah itu adalah sebuah tujuan tentunya ia akan mempersiapkan diri untuk mencapai tujuan tersebut.

Hal Yang harus dipertimbangkan Wanita Sebelum Menerima Lamaran Pernikahan

Hal Yang harus dipertimbangkan Wanita Sebelum Menerima Lamaran Pernikahan

من عرف بعد السفر إستعد *المحفوظا
Barang siapa yang mengetahui jauhnya perjalanan maka pastinya ia akan bersiap-siap.

Pernikahan itu membutuhkan syarat yang tetap dan ini dibebankan pada laki-laki,  salah satu syarat yang paling kuat adalah "Baah" sesuai dengan hadist Nabi Muhammad Saw, baah artinya mampu. dimaksud dengan mampu memiliki cakupan makna yang luas, seperti mampu dalam memimpin, mampu dalam membri nafkah dan lain-lain. dan kemampuan itu masih dalam kategori kewajaran.

Sesuai dengan judul artikel ini: Hal Yang harus dipertimbangkan Wanita Sebelum Menerima Lamaran Pernikahan. dikhusukan bagi kaum wanita, beranjak dari banyak kasus yang dalam rumah tangga di indonesia yang sudah tak terhitung jumlahnya, sudah selayaknya bagi wanita memiliki insting sebelum melangkah. 

Jika merujuk kepada dalil tentang lamaran pernikahan semua itu mengacu kepada mempermudah langkah untuk menikah dan mempersulit jalan untuk bercerai, sebelum pembahasan artikel ini berlanjut, hendaklah kita yakini dahulu bahwa jodoh itu merupakan takdir dan ketentuan Allah, suka atau tidak, sejauh apapun kita menghindar dan jauh jika memang itu sudah jodoh, maka pastinya akan bertemu, yang bisa kita lakukan sebagai manusia yang memiliki akal fikiran adalah berupaya dan terus mengharap jodoh yang terbaik.

Memang tidak bagus dan tidak baik dalam pandangan agama islam bagi seorang wanita yang terlalu memilih-memilih pasangan sehingga menolak sekian lamaran.

Persiapan bagi wanita sebelum menerima pinangan seorang  laki-laki

Jika memang anda sudah menemukan pilihan yang tepat.  maka buatlah sebuah Musyawarah anatara and dan dia. Ada beberapa langkah baik yang bisa dilakukan oleh seorang wanita sebelum melangkah untuk menerima lamaran atau pinangan seorang laki-laki.

  •  Ketahui dengan pasti asal usulnya
Ini merupakan yang harus bahkan wajib anda lakukan, dari sekian banyak kasus yang terjadi, seorang istri ditinggal suaminya pergi entah kemana, ingin mengadu tak tahu mengadu ke siapa, lapor ke polisi, sebaliknya polisi akan menyalahkan anda, namun jika anda mengetahui latar belakang atau identitas laki-laki yang melamar anda ini bisa sebgai salah satu jaminan bagi anda untuk bertahan lama dalam rumah tangga.

  •   Ajukan syarat
Ini memang tidak diwajibkan dalam islam, sebagian ulama juga berpendapat bahwa ini mempersulit pernikahan, namun logikanya dari pada anda termakan hati selama anda berumah tangga, ini sama sekali tidak nyaman. contohnya: anda sangat tidak suka bau jengkol, jadi sebelum menerima pinangan sampaikanlah kepada laki-laki tersebut, bahwa anda tidak suka jengkol dan melarangnya.

langkah ini bukanlah berarti anda mengharamkan jengkol, namun untuk kenyamanan anda. selain itu ada syarat lebih mantap yang bisa anda lakukan. katakan bahwa anda tidak mau dimadu selama anda mampu memberi nafkah batin dan mampu melayaninya namun katakan juga jika memang anda tidak mampu barulah ia boleh menikah lagi.

Dalil dalam Al-Qur'an sudah sangat jelas bahwa seorang laki-laki diperbolehkan untuk menikahi perempuan sebanyak 4 orang jika ia sudah mampu berlaku adil, namun pengajuan syarat itu bukanlah berarti anda menentang perintah Allah tapi secara hati nurani, pada dasarnya dalam hati atau lubuk yang paling dalam tidak ada wanita yang mau dimadu. inginnya ia memiliki suami itu seutuhnya dan hanya ia memiliki seorang diri.

Namun jika dipandang secara hukum syar'i, salah satu ciri perempuan yang sholeh adalah perempuan yang senatiasa sabar dan tatap menjaga, mempertahankan cintanya meskipun suaminya memiliki istri lain, namun itu sangat sulit dan berat. semua kemabali kepada diri masing-masing, dan secara logika juga, jika seorang suami merasa nyaman dan puas terhadap pelayanan istrinya tidaklah mungkin ia menikah lagi.
Semakin bagus anda melayani suami, semakin kuat cintanya dan besar semangatnya untuk membahagiakan anda.
Jikapun anda melakukan persyaratan lakukanlah didepan kedua pihak, dan disaksikan oleh beberapa orang.  jika pengajuan syarat ini hanya anda berdua, itu tidaklah bisa menjadi pegangan.

  • Pahami Sikap dan Kebiasaan
Ini hanya sebuah prediksi, dimana anda harus bisa memamahi bagaimana sikap dan kebiasaan laki-laki itu, sehingga itu akan menjadi ukuran dalam langkah hidup bahagia. anda juga harus bisa menguras informasi tentang dirinya sepenuhnya, jika memang ada kekurangannya janganlah beratkan ia, harus ini.. harus itu... karena untuk jodoh tidak akan pernah kita temukan kesempurnaan. jika kita sudah memahami maka kebalikannya ia juga akan melakukan itu. 

Kenapa harus perempuan yang memahami terlebih dahulu .?
ini hanyalah trik atau cara, agar pernikahan itu terwujud. tujuan sebenarnya adalah untuk anda, anda memulai hanyalah sebagai pancingan, anda akan berhasil menguras informasi tentangnya. dan sadarkah anda,  disaat anda di khitbah/ malaikat mengelilingi anda.

  • Jujur dan terbuka
disini anda harus terbuka lebih dalam, meskipun anda suadah mengenali laki-laki tersebut salama bertahun-tahun namun anda harus bisa mengungkap segala sesuatu dengan kejujuran, apa yang anda suka, bagaimana harapan anda, ungkapkanlah dengan terbuka, disini tidak ada istilah rahasi. begitu juga dengannya, dan jika ada permaalahan hendaklah diselesaikan sebelum malangkah ke pernikahan. 
Misalkan anda memiliki hubungan dengan orang lain yang masih tersangkut seperti ada orang orang selalu menelpon dan sms anda, katakanlah dengan jujur.
  • Pastikan ia bisa mencintai anda peduli pada keluarga anda
Ini tidak kalah penting, tahukah anda, jika seandainya orang tua kandung anda sakit, anda meminta izin untuk menjenguk dan ternyata ia tidak memberi izin maka anda tidak boleh pergi.
Jika laki-laki itu hanya mencintai anda maka dan tidak peduli pada keluarga anda, sudah bisa anda bayangkan bagaimana natinya. janga sampai ada hal tidak nyaman antara anda dan keluarga.

Faktanya: Jika seorang suami datang sendiri ke rumah orang tua kandungnya untuk makan. satu pertanyaan akan muncul dari orang tuanya: apa istrimu tidak masak buat kamu.?
dan jika seorang istri datang sendiri ke rumah orang tua kandungnya untuk makan, satu pertanyaan akan muncul dari orang tuanya: suamimu dimana.? apa kamu memasak untuknya.? dia makan apa.?
Pertanyaan itu muncul dari pihak orang tua dan mertua. berujung untuk menyalahkan istri.

Nah.. jika suami anda sangat peduli pada kedua orang tua anda, pada kaka adika anda dan pada saudara anda, subhanallah,,!!! inilah kebahagiaan yang sangat berharga, meskipun suami tidak tampan namun akan terlihat tampan dimata keluarga anda.


  • Pastikan anda nyaman dengan keluarganya
Ini merupakan tambahan dari poin pertama, jika anda tidak nyaman dengan keluarga mertua, rasanya sangat malas jika berkunjung, jika diungkapkan ke suami, takutnya berujung kepada permasalahan karena jadi tersinggung. 

Dari semua poin pada artikel ini, intinya adalah komunikasi, jika semua sudah dikomunikasikan dengan baik, Insya Allah akan berjalan lancar. sperti kita akan berjalan ke tempat yang belum pernah dikunjungi, jika sudah tahu alamat dan rute perjalanan pastinya akan mudah dalam perjalanan. demikianlah Hal Yang harus dipertimbangkan Wanita Sebelum Menerima Lamaran Pernikahan  semoga bermanfaat dan selamat berbahagia. Barakallahu Lakuma..

0 Response to "Hal Yang harus dipertimbangkan Wanita Sebelum Menerima Lamaran Pernikahan"

Posting Komentar