Kebiasaan Buruk Mengganggu Konsentrasi Shalat Berjamaah



Kebiasaan Buruk Mengganggu Konsentrasi Shalat Berjamaah- Sebagai umat muslim  pastinya kita sudah mengetahui bahwa pelaksanaan sholat itu, untuk para laki-laki khususnya lebih baik dilaksanakan secara berjamaah. Sholat yang dilaksanakan secara berjamaah pahalanya sampai 27x lipat dibanding dengan melaksakan sholat sendiri.

Kebiasaan Buruk Mengganggu Konsentrasi Shalat Berjamaah

Kebiasaan Buruk Mengganggu Konsentrasi Shalat Berjamaah

Pada dasarnya jika kita melihat dari konteks pelaksanaan sholat secara berjamaah itu tidaklah semudah kita melaksanakan sholat secara sendiri,  karena kita wajib mengikuti imam, jika misalkan imamnya memabca ayat yang panjang pastinya kita harus mendengarkan dan berdiri lama, disini diuji keihlasan kita dalam beribadah. pada dasarnya banyak tantangan yag datang untuk membuyarkan konsentrasi kita dalam melaksanakan sholat secara berjamah, inilah tantangan yang harus kita hadapi. pada hakikatnya tidaklah mudah mndapatkan pahala 27x lipat melainkan dengan keikhlasan karena Allah kita melaksanakannya.

Kebiasaan Buruk Mengganggu Konsentrasi Shalat Berjamaah


Ada beberapa kebiasaan jamaah kerap kali terjadi pada proses pelaksanaan shalat berjamaah dan ini membuyarkan konsentrasi kita dan membuat pemikiran dan fokus kita menjadi terganggu.

Memakai pakaian yang bergambar dibelakang
Saat kita sedang melaksanakan sholat berjamaah ternyata di depan kita ada jamaah yang memakai baju yang memilki tulisan atau gambar dibagian belakang, pastinya perhatian kita tertuju kesana, dan mungkin bukan hanya kita, orang yang disamping kiita juga demikian ,  terkadang kita mulai befikir yang aneh-aneh beranjak dari gambar yang kita lihat.

Kebiasaan ini mengganggu shalat berjamaah, Disinilah perangkap syaitan mulai memancing kita, membuyarkan kekhusukan dan membawa fikiran kita entah kemana-mana. oleh karena itu sebaiknya janganlah memakai baju yang bergambar saat anda sholat berjamaah, meskipun ini tidak tercatat haram namun alangkah baiknya.

Kaki Jorok dan  kotor
Ini baiasanya terjadi pada kaum pria, Pandangan ke bawah adalah sikap yang dilakukan ketika sholat, pandangan sampai pada kaki,  lebih jelas lagi saat posisi sedang rukuk,  ternyata saat kita rukuk orang yang berada disamping kita kakinya kotor atau luka bau biasa dikenal dengan sebutan Juned "bahasa sumatra" atau Cemekam "bahasa orang aceh. yang penting anda sudah memahami apa itu.

Kebiasaan kaki kotor ini merupakan Kebiasaan buruk mengganggu shalat berjamaah, dan ini bukan tidak bisa diatasi tapi rasa malas yang membuat seseorang itu tidak mengurus kakinya, sebaiknya anda memperhatikan kebersihan kaki sebelum sholat di mesjid, agar orang lain tidak terganggu.

Suara yang keras
Tidak tahu kenapa, banyak makmum yang kerap mengangkat suaranya dengan keras, apa alasannya silahkan anda tanya sendiri, namun jika anda kerap melakukan demikian, ketahuilah bahwa itu mengganggu orang lain, ketika anda takbir dengan suara keras atau mengucapkan bacaan sholat dengan suara keras pasti orang lain akan tergangu dan terusik,  jadi suara yang keras merupakan Kebiasaan buruk mengganggu shalat berjamaah.

Bau badan
Bau badan karena tidak mandi, sudah dipastikan menggangu orang yang disamping anda, bukan hanya bau badan, bau mulut, bau pakaian atau bau apapun dari diri anda. ini merupakan Kebiasaan buruk mengganggu shalat berjamaah,  inilah penyebab beberapa ulama menganjurkan untuk memakai wangi-wangian sebelum melaksanakan sholat, karena kenyamanan dalam sholat sangatlah penting.

Begitu banyak hal yang dapat menagacaukan konsentrasi kita saat sedang melaskanakan sholat berjamaah, namun beberapa poin tadi yang sering terjadi disekeliling kita, mari kita sama-sam memperbaiki diri, agar orang selalu nyaman berada didekat kita dan kitapun nyaman beribadah. demikian sedikit penjelasan semoga bermanfaat. - Kebiasaan Buruk Mengganggu Konsentrasi Shalat Berjamaah


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kebiasaan Buruk Mengganggu Konsentrasi Shalat Berjamaah"

Posting Komentar