Kenapa Al-Qu'an diturunkan Secara Berangsur-angsur

Kenapa Al-Qu'an diturunkan Berangsur-angsur- Jika kita merujuk kepada pengertian Al-Qur'an menurut beberapa buku para ahli tafsir, Al-Qur'an adalah perkataan Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara malaikat Zibril, diturunkan secara mutawatir, dimulai dari surat Al-Fatihah di tutup dengan surat An-Nash dan membacanya merupakan pahala.

 Kenapa Al-Qu'an diturunkan Berangsur-angsur

Kenapa Al-Qu'an diturunkan Berangsur-angsur
Dari pengertian Al-Qur'an diatas ada beberapa poin yan menunjukkan bahawa Al-Qur'an merupakan mu'jizat:
  1. Perkataan Allah (kalam Ilahi)
  2. Diturunkan Kepada Nabi Muhammad (Tujuan, dan disampaikan kepada umat Nabi Muhammad)
  3. Malaikan Zibril Sebagai prantara
  4. Disampaikan kepada Nabi secara beransur-angsur (Mutawatir)
  5. Dari surat Al-fatihah samapi surat An-Nash
  6. Membaca dan mempelajarainya merupakan sebuah ibadah
Dalam hal ini banyak sekali muncul pertanyaan dikalangan pelajar/mahasiswa muslim saat mereka berhadapan dengan Mata Kuliah Ulumul Al-Qur'an, disini kita akan membahas satu persatu.?
Kapan Al-qur'an ada.?
Al-qur'an sudah ada jauh sebelum Nabi Muhammad di utus menjadi rasul, dan di tempat di lauhil mahfuz.

Hikmah Al-Qur'an diturunkan Secara berangsur-angsur.?

Ini yang akan menjadi pembahasan menarik, Seperti yang kita yakini bersama bahwa Al-Qur'an sudah ada sebelum Nabi Muhammad diutus, hikamha dari Al-Qur'an diturunkan berangsur-angsur adalah berdasarkan sesuai kebutuhan pada saat itu, jadi Al-Qur'an diturunkan sesuai permasalahan dan konteks yang terjadi selama Nabi Muhammad menjadi Rasul.

Bagaimana Penyusuan Al-Qur'an
Dalam hal ini, Al-qura'an yang sudah berada di lauhil mahfuz sudah tersusun rapi dari Al-Fatihah sampai An-Nash.
Untuk lebih jelasnya, kami akan memberikan sebuah gamabaran, misalkan anda seorang mahasiswa kedokteran dan anda ingin membaca buku tentang kesehatan tubuh di perpustakaan, namun sesampai anda diperpustakaan anda melihat buku tentang kesehatan yang berjejer di rak dari jilid pertama sampai jilid 40, pastinya anda akan mengambil buku sesuai kebutuhan dan disaat anda sudah membacanya pastinya anda akan mengembalikan butu tersebut di tempat anda mengambil sebelumnya.

Begitulah sedikit gambaran tentang Al-Qur'an teresebut, pada awalnya sudah tersusun namun diturunkan sesuia konteks kebutuhan.

Al-qur'an kan dibukukan pada masa khalifah, memang ini benar,  namun dibukukan ini kenapa bisa sama persis dengan aturan yang sudah ada,, untuk menjawab ini kita merujuk lagi kepada bahwa Al-qur'an merupakan sebuah mu'jizat yang besar.
Jika memang Al-Qur'an sudah ada sebelum Nabi Muhammad menjadi Rasul, jadi kenapa ada istilah Asbabunnuzul..?
Untuk menjawab pertanyaan ini sangat gampang,  begini .. Kita sudah meyakini bahwa Al-qur'an itu sudah ada, dan sesuai yang saya jelaskan sebelumnya bahwa penurunan ayat Al-qur'an dilakukan secara berangsur-angsur dan sesuai konteks kejadian agar umat lenih mudah mengingatnya.  nah, konteks kejadian ini lah yang dikatakan Asbabunnuzul,  Asbabunnuzul itu hanya istilah yang dicetus para ahli tafsir, bukan berarti ayat Al-qur'an itu belum ada, terus karena ada sebab sebuah permasalahan baru Allah memfirmankannya. pada dasarnya ayat itu sudahlah ada.

Ada lagi pertanyaan yang lebih ekstrim.!! 

Jika memang Al-Qur'an itus sudah ada di lauhil mahfuz, bagaimana dengan kitab lainnya, seperti taurat, zabur dan inzil, mana yang lebih dulu..? jika memang terlebih dahulu Al-Qur'an, kenapa harus dikatakan Al-Qur'an itu dikatakan sebagai penyempurna kitab-kitab sebelumnya.

Mengenai hal ini,, saya belum bisa dan belum berani menjawab karena belum mendapatkan referensi yang kongkrit, mungkin dari pembaca setia zonapendidikan.com ada yang mengetahuinya, harap dikomentari dan kami sangat membutuhkan argumen anda. 
 
Mungkin masih banyak pertanyaan yang muncul terhadap Al-Qur'an dan kandungannya,  namun yang perlu kita ketahui dan kita yakini adalah  Al-Qur'an merupakan Mu'jizat dan Allah sendiri yang akan menjaganya dan tidak akan pernah ada manusia yang bisa untuk memanipulasinya. karena Allah  maha kuasa.

Demikian sedikit penjelasan tentang Rahasia Penurunan ayat Al-Quran, semoga bermanfaat dan mohon saran dan kritik dari artikel ini,-Kenapa Al-Qu'an diturunkan Secara Berangsur-angsur

0 Response to "Kenapa Al-Qu'an diturunkan Secara Berangsur-angsur"

Posting Komentar