Kenapa Mahar Pernikahan Mahal

Kenapa Mahar Pernikahan Mahal- Mas kawin atau biasa yang disebut dengan mahar merupakan syarat utama dalam pernikahan dalam agama islam, pernikahan tidak akan sah tanpa ada mahar atau mas kawin, namun dalam islam tidak ada ketetapan atau ketentuan ukuran besar atau kecil dari harga mahar tersebut.

Kenapa Mahar Pernikahan Mahal

Kenapa Mahar Pernikahan Mahal
Mahar Pernikahan Mahal- Kenapa mahar seorang wanita ada yang mahal dan ada yang bahkan tidak berharga sama sekali.? apakah setiap wanita islam berhak meninggikan maharnya sesuka hati.? Jawaba dari pertanyaan  bergantung dari mana kita menilainya, jika memang dilihat secara agama islam, dinyatakan dalam kitab-kitab fiqih manapun menyatakan bahwa dalam islam sangatlah dilarang untuk mempersulit jalannya pernikahan dan melarang memudahkan jalan perceraian, jelasnya "Permudahlah pernikahan dan persulitlah perceraian". Jika seorang wanita menaikkan maharnya maka itu bisa dikatakan mempersulit pernikahan.

Setiap wanita atau pihak keluarga memiliki alasan tertentu untuk menaikkan mahar atau mas kawinnya saat ia dipinang atau dilamar oleh seorang pria, ada beberapa alasan yang menyebabkan tingginya mahar seorang wanita, inilah yang akan dibahas pada situs zonapendidikan.com kali ini.

Faktor yang Menyebabkan Mahar Pernikahan Mahal


Faktor Adat istiadat
Jiika berbicara tentang adat maka ini tidak terlepas dari yang namanya sejarah, mungkin diperkotaan adat istiadat suku sudah memudar, namun di daerah-daerah pelosok negri hal ini sangatlah kental, bahkan hukukm agama dapat dipengaruhi oleh hukum adat

Jadi, jika memang ada sebuah aturan adat yang mengisyaratkan atau menentukan jumlah mahar untuk wanita yang akan dilamar, maka hal ini sangat sulit untuk dirubah atau dilanggar.

Faktor Keturunan
Ini tidak jauh berbeda dengan adat istiadat, mengikuti budaya leluhur, dimana satu keluarga atau keturunan terhormat selalu meninggikan maharnya jika akan dinikahi. dan hal ini tidak bisa ditolak kecuali dengan perubahan zaman.

Faktor Gengsi
Hanya sedikit dietemukan wanita yang benar-benar ikhlas dinikahi dan tidak perhitungan dengan jumlah mahar, hanya wanita solehah saja yang mampu demikian, ikhlas dilamar hanya dengan seperangkat alat sholat, dengan Al-Qur'an atau dengan Kitab, namun faktanya banyak yang menjadikan harga mahar itu meupakan sebuah kebanggaan dan mejadi sebuah kegengsian.

Fakto Tamak
Hal ini biasa terjadi pada orang tua yang sudah buta matanya akan harta, memiliki anak yang berparas lumayan cantik dan memiliki pendidikan tinggi, tidak tanggung-tanggung manaikkan mahar anaknya. ketamakan akan hartalah yang membuat seperti ini terjadi.

Dan ini juga kerap terjadi bagi orang tua yang terlilit hutang, rela menyerahkan anaknya kepada siapa saja untuk dinikahkan asalkan maharnya tinggi. Nauzubillah

Faktor Sosial
Kehidupan sosial juga berpengaruh pada naiknya mahar, dimana anda tinggal maka anda harus mengikuti budaya penduduk setempat, meskipun wanita itu berasal dari daerah atau suku yang tidak menekan mahal mahar atau mas kawin, namun jika ia berada pada perantauan, ia harus mengikuti jalannya atau aturan yang ada. jika tidak akan bisa mempermalukan dirinya sendiri atau dicemoohkan orang lain.

Beberapa poin Fakta tentang mahar pernikahan diatas merupakan faktor-faktor yang hanya memandang urusan duniawi saja.  aturan yang dibuat-buat oleh manusia, mahar memang wajiib dan bahkan tidak sah sebuah pernikahan tanpa ada mahar, namun itu bukan berarti ladang atau wadah untuk meguras harta atau maksud tertentu.

Jika anda sebagai laki-laki jangan pernah memaksakan diri untuk harus memenuhi mahar dari orang yang anda cintai, jika memang itu sangat jauh dari kemampuan anda, carilah wanita yang sepadan dengan identitas dan kemampuan anda, den begitu juga untuk para wanita sholehah, besar atau kecilnya mahar bukanlah ukuran yang menyatakan wanita itu terhormat.

Semoga bermanfaat Demikian sedikit penjelasan tentang- Kenapa Mahar Pernikahan Mahal

0 Response to "Kenapa Mahar Pernikahan Mahal"

Posting Komentar