Pengertian Bahasa Menurut Sejarah

Pengertian Bahasa Menurut Sejarah- Jika kita inigin berdiskusi membahas tentang bahasa atau kebahasaan, ini tidak tidak terlepas dari sejarah dan peradaban, jadi bahasa itu tidak bisa dipisahkan dengan sejarah. Pengertian Bahasa Menurut Sejarah adalah penyampaian informasi secara langsung dari satu pihak ke pihak lain dan dapat dimengerti dengan baik. Inti dari pada bahasa adalah mengerti dari informasi yang disampaikan.

Pengertian Bahasa Menurut Sejarah


Pengertian Bahasa Menurut Sejarah

Sifat Bahasa
Bahasa bukan sebuah logarima yang menetap akan tetapi sifatnya selalu berubah-berubah, sifat bahasa ini mengikuti peradaban dan perkembangan pada sosial manusia. hal ini bisa kita lihat dari Bahasa Indonesia, meskipun ada Bahasa Indonesia yang baku namun penggunaan yang bahasa tersebut berbeda dangan bahasa yang dibakukan, dan terus bertambah sering dengan kemajuan zaman, setiap tahunnya ada kosa kata yang bertambah, hal ini bukan hanya terjadi pada Bahasa Indonesai hampir seluruh Bahasa di dunia bersifat demikian. Hal ini tidak tidak terlepas dari pengertian bahasa itu sendiri.

Jenis Bahasa
Berdasarkan Pengertian Bahasa tadi, kita bisa menyimpulkan bahwa bahasa itu bukan hanya pada pengucapan, "Penyampaian informasi" inilah kandungan dari bahasa itu sendiri, jadi jenis bahasa itu ada beberapa menurut para ahli sejarah Jenis Bahasa dapat dibagikan sebagai berikut :
Lisan
Tulisa
Isyarat
Tanda-tanda
Kode
Semua itu adalah penyampain informasi, hal ini juga bukan hanya terjadi pada manusia, untuk kalanagn hewan juga demikian, jika ditinjau secara filsafat agama tumbuhan juga dapat menggunakan bahasa begitu juga dengan makhluk selain manusia dan hewan.

Sumber Bahasa
Bahasa Merupakan kebutuhan manusia, jika bahasa tidak ada dalam kehidupan maka pastinya manusia tidak akan memiliki peradaban, dengan bahasa manusia bisa berfikir dan menyampaikan atau berurgensi dari apa yang ia fikirkan, jadi sumber bahasa itu sendiri adalah kebutuhan dan berkemabang menjadi sebuah kesepakatan penyampaian. 

 

Pengertian Bahasa Menurut Sejarah


Sejarah Bahasa
Bahasa apa yang pertama di dunia .? Membahas hal ini banyak sekali pertentangan antara ahli sejarah, Pengertian Bahasa Menurut Sejarah adalah penyampain berita atau informasi jadi jika ditinjau secara sejarah dari peradaban manusia tidak terlepas dari siapa yang pertama menghuni dunia.

Dalam Agama islam, Nabi Adam, As. adalah akhluk pertama di ciptakan dan diturunkan ke bumi bersama pasangannya Siti hawa, beberapa pendapat mengatakan bahwa Nabi adam berkomunikasi dengan Bahasa Arab. timbul sebuah pertanyaan besar, apakah sama Bahasa Arab Nabi Adam dengan Bahasa Arab pada zaman sekarang..?

Nah,, untuk kejelasan ini, kembali lagi kita merujuk kepada sifat bahasa itu sendiri yakni "berubah-ubah" Dalam peradaban Islam, salah satu tujuan penulisan Hadis-Hadis Rasulullah SAWa dalah untuk menjaga Bahasa Arab itu sendiri, dan pembukukan ini terjadi pada masa dinasti Ummayyah. pada masa ini bangsa arab sudah khawatir akan perubahan Bahasa Arab.

Jika kita merujuk dengan referensi lain seperti "Teori Darwin" meskipun teori ini 80% tidak terbukti namun sudah mendunia, jika memang kita menggunakan rujukan dari pendapat darwin berarti bahasa pertama di dunia ini adalah Isyarat. namun sudah lama tori ini tidak dipakai karena tidak terbukti.

Fugsi Bahasa
Sudah sangat jelas bahwa bahasa itu adalh kebutuhan manusia, selain untuk berinteraksi, manusia juga menggunakan bahasa dengan berfikir, menuslis dan lain-lain.

Pengertian Bahasa Menurut Sejarah, dapat disimpulkan adalah penyampaian atau sesuatu hal yang ingin diuangkapkan untuk menuntut pemahaman dari seseorang. jika ada orang berkata "ingin mempertahankan kemurnian Bahasa" ini adalah langkah yang sangat sulit, karena zaman selalu berubah dan itu akan memaksa bahasa itu akan berubah, hal ini terjadi pada bahasa-bahasa daerah di wilayah-wilayah indonesia.  Bahasa Jawa terdiri dari berbagai jenis, bahasa Aceh juga demikian bahasa maluku dan kalimantan. awalnya berasal dari satu bahasa oleh karena itu para peneliti menggunakan teori "rumpun bahasa" maksudnya ada banyak persamaan pengucapan dari berbagai bahasa

Ini adalah penjelasan sedikit tentang Pengertian Bahasa Menurut Sejarah, karena pengkajian bahasa itu harus berdasarkan sejarah, jika mengkajinya dengan aspek lain maka akan banyak terjadi kekeliruan, bahkan dalam sejarah saja banyak ikhtilaf yang terkadang membingungkan karena memang sejarah itu bukanlah ilmu pasti, apa saja bisa berubah dan dibantah jika memiliki penjelasan dan bukti yang lebih rasional.  semoga bermanfaat. harap masukan jika terdapat kekurangan dan kekeliruan, terima kasih- Pengertian Bahasa Menurut Sejarah

0 Response to "Pengertian Bahasa Menurut Sejarah"

Posting Komentar