Pengertian dan Fungsi Media Pembelajaran

Pengertian dan Fungsi Media Pembelajaran- Dalam buku apapun yang membahas tentang pengertian media pembelajaran itu semua sama dan tidak ada perbedaan, Media Pembelajaran adalah Segala sesuatu yang digunakan guru untuk memabantu pemahaman murid dalam pembelajaran, baik itu berupa kongkrit atau abstrak.

Pengertian dan Fungsi Media Pembelajaran

 
 Pengertian dan Fungsi Media Pembelajaran

Pengertian dan Fungsi Media Pembelajaran- Media pembelajaran merupakan suatu kebutuhan yang masuk dalam ranah kepentingan bagi guru untuk membantu kelancaran serta mempercepat pemahaman materi yang disampaikan guru terhadap murid, ada bebebrapa pembagian dalam media pembelajaran.

Pembagian Media Pembelajaran
Media Kongkrit: Media Konkgkrit berupa alat yang digunakan dalam pembelajaran yang jelas berbentuk benda, contohnya : Gambar, Video, radio, Tape recorder dan lain-lain.

Media Abstrask : media abstrak ini merupakan kebalikan dari media kongkrit, namun masih dalam fungsi yang sama, contohnya: Bernyanyi, Wisata (Studi Banding) dan lain lain.

Istilah Media Pembelajaran
Dalam bahasa indonesia banyak terdapat kata yang mengacu kepada media pembelajaran dan semua itu memiliki fungsi yang sama. istilah tersebut sebagai berikut, Alat Peraga dan Saran Prasana, kedua ini memilki hubungan yang erat dan kemiripan dari jenis dan fungsinya.

Kareakteristik Media Pembelajaran
Ada beberapa karakteristik yang terdapat pada Media Pembelajaran, hal ini disesuaikan dengan materi atau biddang studi dan metode pembelajaran. seperti pada pembelajaran Bahasa Inggris. yang dibagi menjadi beberapa aspek:
  1. Listening (Mendengar)
  2. Speking (Berbicara)
  3. Reading (Menulis)
  4. Writing ( Kamus)
Keenpat aspek ini memilki media yang berbeda, hal ini juga terjadi pada pelajaran Bahasa Lainnya.


Peran Media Pembelajaran
Mungkin pada masa lalu Media Pembelajaran jarang digunakan karena pembelajaran pada saat itu masih dalam beberpa cabang, berbeda dengan masa sekarang banyak pembelajaran yang harus di kuasai siswa, dan sangat banyak cabang ilmu yang ada selain itu Media Pembelajaran juga mudah ditemukan. Dalam Proses Pembelajaran Media Pembelajaran sangat berperan untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Manfaat Media Pembelajaran
Berdasarkan perannya, Media Pembelajaran sangat bermanfaat penerapannya pada kegiatan belajar siswa, beberapa manfaat atau kegunaan Media Pembelajaran sebgai berikut:
  1. Membantu Pemahaman siswa terhadap materi
  2. Membuat Pembelajaran Menyenangkan
  3. Menghilangkan kebosanan siswa
  4. Memberikan Motivasi semangat belajar siswa
  5. Membantu guru dalam menyampaikan materi
  6. Dan lain-lain
Semakin berkembangnya dunia teknologi maka penyediaan alat atau media pembelajaran akan semakin berkembang pula,  Media Pembelajaran mempu memberikan pengaruh kuat pada sistem pembelajaran. bahkan metode pembelajaran tidak selalu mampu dalam memanage penerapan media, dalam hal ini sangat disayangkan jika seorang pengajar tidak mampu berkolaborasi dengan Media Pembelajaran atau tidak memilki keinginan untuk menggunkan Media Pembelajaran dalam pembelajarannya.

Jika sekolah sudah memiliki penyediaan media pembelajaran yang memadai  dan guru memilki kemampuan dalam penerapannya maka itu akan mempermudah guru dalam meningkatkan mutu pendidikan.

Demikian penjelesan seputar pengetahuan semoga bermanfaat- Pengertian dan Fungsi Media Pembelajaran

0 Response to "Pengertian dan Fungsi Media Pembelajaran"

Posting Komentar