Pengertian Fobia dan Ciri-cirinya

Pengertian Fobia dan Ciri-cirinya- Fobia merupakan sebuah kecendrungan yang menyimpang, bisa dikatakan fobia merupakan penyakit yang dialami oleh manusia, Pengertian Pengertian fobia lebih jelasnya bisa dikatakan kelaianan sikapa yang dialami seseorang dengan beban tertentu baginya, Maksud dari pada beban ini adalah takut dan resah terhadap sesuatu namun dan menjadi bomerang dalam kehidupannya.

Pengertian Fobia dan Ciri-cirinya


Pengertian Fobia dan Ciri-cirinya

Fobia sudah ada sejak zaman dahulu, biasanya fobia yang terjadi pada masa lampau dikaitkan dengan gangguan jin, atau makhuk halus atau hal-hal yang mengandung unsur ghaib. namun di indonesia istilah fobia mulai mencuat pada penghujung tahun 2010.

Ciri-ciri fobia
Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa fobia merupakan kelainan dari sikap seseorang orang secara mental, ciri-ciri fobia sangat jelas dan bisa ditelaah dengan cepat.
  1. Takut bertemu dengan orang baru atau orang yang belum pernah dilihat sebelumnya
  2. Tidak banyak berbicara dan cenderung diam 
  3. Tidak tenang jika berada dikeramaian, dan sangat sulit memiliki teman
  4. Selalu merasa resah dan gelisah kepada suatu hal yang ditakutinya
  5. Bertingkah kurang wajar saat ada keributan
  6. Sering panik
Ciri-ciri fobia ini hampir menyerupai dengan orang yang kurang waras namun belum sampai tahapan ke sana, akan tetapi jika dibiarkan berkelanjutan akan mengakibatkan hal yang buruk dan tidak baik bagi kejiwaan.

Gejala Fobia dan pencegahannya

Fobia menurut agama
Defenisi Fobia sangat luas, tergantung dari sudut mana kita memaknainya, jika dipandang dari kaca mata agama, ada jenis fobia yang sudah masuk kedalam unusur ghaib campur tangan makhluk lain, seperti yang terjadi disekeliling kita ada orang yang tiba-tiba tidak waras atau berperilaku aneh padahal seblumnya sehat-sehat saja. mungkin saja ada yang memngganggu atau orang menggunakan ilmu sihir untuk merusak kedamaian musuh atau orang yang dibencinya

Penyebab Fobia
Fobia bisa terjangkit pada diri seseorang kapan saja dan dimana saja, namun biasanya fobia ini cenderung terjadi pada kalangan anak-anak dan orang tua. jika dilihat dari motifnya, 
  1. Kecenderungan Fobia ini bisa berpengaruh pada keturunan 
  2. Selain itu kurangnya pendidikan karakter dari orang tua
  3. Jauh dari lingkungn ramai
  4. Kurang gizi
  5. dan lain-lain
Jenis-jenis pobia
Seorang dokter "thefisher" di belgia yang meneliti tentang kejiawaan manusia, beliau menympulkan bahwa fobia memilki berbagai jenis diantaranya:
  1. Fobia Sosial
  2. Fobia Private/Attitude
  3. Fobia benda-benda
  4. Fobia gejala 
Selain itu banyak lagi jenis fobia yang dapat ditemukan oleh peneliti lainnya. namun apapun itu fobia sebaiknya dicegah dan diobati.
Pencegahan Fobia
Bagi orang tua yang memiliki anak didik, hendaklah memberikan asupan pangan dan asupan didik yang memadai.  jangan pernah membiarkan mereka menyendiri dan buat suasana yang membangun semangat hidup, untuk pencegahan diri sendiri, jika anda takut terhadap sesuatu hendaklah berfikir positif.
Demikian sedikit penjelasan tentang Pengertian fobia dan ciri-cirinya, semoga bermanfaat.

0 Response to "Pengertian Fobia dan Ciri-cirinya"

Posting Komentar