Pengertian Iman dan Taqwa dalam Islam

Pengertian Iman Dan Taqwa Dalam Islam- Kata iman dan Taqawa sangat populer dalam ajaran islam, kata ini selalu disebut-sebut di dalam ceramah-ceramah, pidato baik di secara langsung, televisi ataupun radio. dan bahkan waisiat taqwa merupakan rukun dari khutbah juma'at. disini dapay disimpulkan bahwa taqwa dan iman itu merupakan perioritas penting dalam ajaran islam.

Pengertian Iman dan Taqwa dalam Islam

Pengertian Iman dan Taqwa dalam Islam

Kita sebagai umat islam harusla megerti apa yang dimaksud dengan iman dan taqwa yang biasa disingkat menjadi (IMTAQ) dalam kurikulum Sekolah Dasar, didalam Al-Quran sangat banyak disebutkan kata iman dan taqwa, (Hai orang yang beriman,, hai orang yang bertaqwa). apa sebenarnya ketaqwaan itu dan bagaiamana iman itu, dan apakah ada hubungan iman dat taqwa, silahkan baca sampai tuntas dan bubuhkan argumen anda untuk menyempurnakan artikel ini.

Arti Taqwa
Menurut pendapat majmu' ulama sepakat bahwa Taqwa adalah sebuah keuatan yang teguh dalam menjalankan/mengerjakan peirntah Allah dan menjauhi larangan-Nya. taqwa juga dikaitkan dengans ebuah prestasi yang bias disebut dengan derajat atau tingkatan terhormat.

Orang yang bertaqwa adalah orang yang dekat dengan Allah dan Allah yang akana mnjaganya dan memudahkan Rezeki baginya dan lain-lain, dalam tanda kutip orang yang bertaqwa itu mendapat tempat yang dimuliakan oleh Allah Swt.

Maksud Iman
Iman adalah sebuah perasaan keyakinan, dalam bahasa arab istilah iman itu dibahasakan dengan I'tiqad yaitu keyakinan penuh . nah dalam konteks ini iman bisa dikatakan sebagai perasaan yakin.

Dalam Sebuah sirah tauhid (Pendapat Ahlu Shufi) bahwa dikatakan iman itu memiliki karakteristik:
الإيمان يزيد و ينقص
Bahasa diatas bisa kita artikan dengan : Keimnan itu bertambah dan berkurang

Inilah yang dimaksud dengan karakteristik iman, hal ini juga bisa kita bandingkan dengan jelas, dalam menjalankan sebuah ibadahm sperti sholat misalnya, ibdah yang kita kerjakan setiap hari, terkadang kita  semangat dan cepat berangkat pergi ke mesjid untuk sholat berjamaan namun kadang-kadang kit malas untuk melaksanakan sholat, itulah keimanan. Keimanan dapat berubah-berubah sewaktu-waktu.

Hubungan antara Iman dan Taqwa

Jika dilihat dari polanya, Iman dan Taqwa ini memiliki hubungan yang erat dan memilki ketergantungan keduanya. singkatnya, jika ketaqwaan itu merupakan ebuah derajat karena upaya kita dalam meningkatkan amal ibadah serta meninggalkan larangan Allah Swt untuk mencapai itu semua harus dimulai dengan keimanan.

Timbul sebuah pertanyaan,
Jika memang ketaqwaan bisa dicapai dengan modal iman dan iman itu bersikap tidak netral (berubah-ubah), ketaqwaan itu pastinya berubah-rubah juga karena imannya tidak stabil..?
Iya benar, ketaqwaan akan terganggu karena keimanan tidak stabil, dalam membangun keimanan inilah yang harus diperhatikan, dalam keimanan ada beberapa unsur:
  1. Yakin
  2. Teguh
  3. Ikhlas
  4. Tawakkal
Keempat ini merupakan tameng penting dalam membangun iman.. Contohnya seperti ini, kita sudah yakin dengan kekuasaan Allah, maka kita harus teguh dalam berusaha dan selalu memohon kepadanya, ihlas dari apa yang hadapi dalam hidup dan apa yang kita amalkan dan berserah diri (tawakkal) dalam setiap kondisi. disini motif keraguan harus dibuang jauh-jauh, jangan pernah ragu bahwa Allah itu Maha Pengasih dan Penyayang setelah kita mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim.

Dengan demikian Prinsip taqwa akan tumbuh dengan sendirinya.. menjalankan perintah Allah tidak terasa berat dan sangat nyaman. dan bahkan kita mampu berdakwah untuk menyeru saudara-saudara kita untuk mengingat Allah.mampu besedekah tanpa ada maksud selain karena Allah. mampu Naik Haji tanpa mengharap pujian dari orang lain., semua karena Allah. itulah hakikat Taqwa.
Intinya adalah iman dan taqwa itu saling berkaitan dan berhubungan.

Artikel ini hanya sebuah pendapat dan pola fikir, namun kebenaran hanya miliki Allah, jika ada kekeliruan mohon sama-sama kita meluruskannya. demikian sedikit penjelasan tentang Pengertian Iman dan Taqwa dalam Islam semoga bermanfaat.

0 Response to "Pengertian Iman dan Taqwa dalam Islam"

Posting Komentar