Penyebab Mahasiswa Terlambat Wisuda

Penyebab Mahasiswa Terlmabat Wisuda- Jika seorang mahasiswa sudah menjalani pendidikan di perguruan tinggi beberapa tahun, satu pertanyaan yang tidak pernah tertinggal dari orang-orang adalah,, Kapan wisuda.? jika petanyaan ini sudah berkali-kali kita dengar rasa kesal dan emosi cepat tumbuh. Nah jika seorang mahasiswa tidak bisa mencapai wisuda seperti hitungan tahun yang ditetapkan maka ada sesuatu yang salah disini.

Penyebab Mahasiswa Terlambat Wisuda

Penyebab Mahasiswa Terlambat Wisuda

Berikut adalah beberapa Penyebab mahasiswa telat wisuda diperkuliahan dan ini kerap terjadi di negara indonesia.

  • Lambat pada penulisan skripsi
Salah satu penyebab paling peka adalah faktor Dosen, Inila sebab terbesar yang sering terjadi, bukan menyalahkan guru besar ini, Dosen mengkuti aturan yang ada, namun terkadang sang dosen tidak memikirkan kesulitan yang dialami mahasiswanya. terus memaksa harus begini dan begitu. 

Ada mahasiswa yang mendapat IPK pas-pasan namun saat dia mendapat dosen pembimbing yang benar-benar membimbingnya dan memberikan toleransi, dengan cepat ia bisa mengenakan toga, namun ada juga mahasiswa yang pintar bahkan mandapat IPK tertinggi (istimewa) namun bertemu dengan dosen fanatik, bisa jadi 5 tahun baru bisa wisuda, hal ini hampir terjadi disetiap perguruan tinggi di indonesia, namun semua itu kembali lagi kepada mahasiswanya. karena sang dosen juga manusia yang memilki perasaan.

  • Sibuk dan oper aktif di organisasi
Ini merupakan salah satu Penyebab mahasiswa telat wisuda diperkuliahan, Ketika mahasiswa sudah aktif dan bergabung pada komunitas organisasi, proses perkuliahan akan terganggu, memang setiap mahasiswa yang aktif di organisasi memiliki kedekatan dengan dosen bahkan kepada pembesar kampus seperti dekan dan rektor. namun ini sangat sedikit menjadi jaminan akan terbantu untuk cepat selesai dalam perkuliahan.

Pastinya mahasiswa akan terlena dalam kegiatan-kegitan kampusnya, demi kegitan jam kuliah akan dikorbankan, dan tidak semua dosen juga menyukai ini. banyak juga kita temukan para orator mahasiswa yang sibuk di organisasi mengulang mata kuliah.

Pada awal kuliah dalam acara ospek, kami diperkenalkan dengan berbagai kegiatan mahasiswa, saya teringat dengan seorang mahasiswa berambut gondrong semester 5 pada masa itu dia aktif dibidang UKM Pencinta Alam, dia begitu lihai memperaktekkan mendirikan tenda dan menujukkan kepada kami album foto-fotonya saat mendaki gunung di pulau jawa, dan beberap tahun kemudian saya sudah  selesai menghadapi tugas akhir kuliah yaitu sidang skripsi, saya diajak teman untuk pergi ke Gedung UKM (Unit Kegitan Mahasiswa) untuk meminjam tenda, disana saya kaget melihat mahasiswa berambut gondrong yang pernah saya jumpa beberapa tahun yang lalu, dan saya menanyakan apakah sudah selesai kuliahnya, dengan senyum ringan dia hanya menjawab, masih dalam proses penulisan skripsi BAB 2.. hadeehhhh ,,, saya bingung apa yang ada dalam fikirannya..


  • Lalai dalam perkuliahan
Ini merupakan penyakit masa muda, mahasiswa biasanya cenderung terjun dalam dunia percintaan (Tidak semua mahasiswa juga lhoo). namun jika sudah masuk kedalam dunia ini, ini akan menjadi Penyebab sang mahasiswa telat wisuda diperkuliahannya. baik mahasiswa atau mahasiswi itu efeknya sama saja. bahkan ada mahasiswa yang merasa betah berlama-lama kuliah karena keasikan pacaran, apalagi yang dipacarinya itu adik leting. haduhhh,,,, 

  • Bekerja dan Kuliah
Bnayak juga ditemukan di indonesia kalangan mahasiswa yang berekonomi menengah ke bawah, bahkan ada mahasiswa yang membiayai perkuliahannya dengan bekerja, ini bisa menjadi penyebab mahasiswa itu lama mencapai wsiudanya, namun ada  juga terjadi sebaliknya, dengan segala keterbatasan membuat dirinya semangat dan kuat menghadapi tantangan hidup. sehingga proses perkuliahannya berjalan lancar dan cepat

Sebab-sebab terhambatnya mahasiswa wisuda 


Malas
Penyakit malas memang tidak ada obatnya kecuali diobati sendiri oleh penderitanya. saat malas kuliah atau malas mengerjakan tugas, proses kuliahnya pun akan melambat. dampaknya pada nilai yang selalu anjlok.

Mahasiswa Fanatik
Ini biasanya terjadi pada mahasiswa yang memiliki label sekolah yang maju atau mahasiswa yang berjiwa sombong, kerap menantang dosen dan senang berselisih dengan para dosen, pastinya dosen tidak menyukai mahasiswanya yang fanatik, meskipun dosen salah, namun ada cara terbaik dalam penyampaian kritik. dan terkadang juga dosen yang kita hadapi baik-baik belum tentu dia akan mengaggap kita mahasiswa yang baik. jadi jiwa fanatik bagi mahasiswa adalah Penyebab mahasiswa telat wisuda diperkuliahan.

Semua fakto diatas merupakan sugesti dari pengalaman yang ada, namun intinya kembali ke mahasiswa itu sendiri, jika memang anda seorang mahasiswa yang baik dan berprestasi pastinya dosen akan menyayangi anda dan mempermudah jalan anda untuk melangkah untuk cepat wisuda bahka terkadang dosen menawarkan pekerjaan bagi mahasiswanya,

Demikian sedikit penjelasan tentang Penyebab Mahasiswa Terlambat Wisuda  semoga bermanfaat.

0 Response to "Penyebab Mahasiswa Terlambat Wisuda"

Posting Komentar