Penyebab Mengantuk Tidak Pada Waktunya

Penyebab Mengantuk Tidak Pada Waktunya- Lumrahnya manusia itu butuh istrahat yang cukup untuk menjaga stamina tubuh agar selalu fit dan sehat. Tidur adalah bagian dari istirahat, dalam 24 jam manusia itu harus ada tidur minimal 8 jam untuk menjaga kestabilan seluruh anggota tubuh. (ini merupakan ceramah seorang dokter) tapi benar adanya.

Penyebab Mengantuk Tidak Pada Waktunya


Jika kita ingin tidur, pasti membutuhkan yang namanya "Ngantuks" Hehe (ngantuk),, biasanya kalo ngantuk sudah datang, tidur akan lebih enak dan nyenyak. biasanya ngantuk akan tiba pada manusia disaat merasa lelah setelah bekerja atau cuaca yang gelap (mendung) dan lain-lain. tapi banyak kita merasakan bahwa ngantuk itu datang tidak pada waktunya. misalkan di saat sedang bekerja di kantor, belajar di kelas atau sedang kuliah di kampus.
Sebab-sebab mengantuk di pagi,siang dan sore hari

saat ngantuk itu datang dan sangat kuat. dan terkadang waktunya berbeda. terkadang ngantuk di pagi hari atau siang atau bahkan di sore hari. kenapa bisa terjadi demikian. Berdasarkan hasil wawancara dengan seorang dokter ahli penyakit dalam. zonapendidikan.com menjabarkan secara spesifik di halaman ini.

  • Bergadang atau Tidur tidak teratur pada malam hari
ini adalah sebuah permasalahan kecil tapi akibatnya sangat besar, disaat kita telat untuk istirahat malam, itu akan berakibat fatal pada esok harinya. saat anda bangun  badan akan tersa lemah, saat pergi bekerja atau kuliah badan terasa loyo. apalagi anda bola lovers (Pecandu Liga Bola) jika itu sudah menjadi kegiatan rutin dan anda terbiasa, tubuh anda tidak akan tahan dengan bergadang selalu. 


  • Makan atau ngemil terlalu berlebihan

Jika perut sudah terisi penuh dengan makanan, rasa mengantuk akan cepat datang, jika anda sarapan dengan makan yang banyak, tubuh anda akan terasa lesu dan perut akan enggan jika anda berdiri. begitu juga di siang hari, ketika makan siang anda makan banyak.. pasti susah bangun dan malas untuk beraktifitas dan ngantuk pun akan segera tiba. Inilah hikmah dari amalan yang diajarkan oelh Rasulullah bahwa, makan itu tidak boleh berlebihan" Makanlah sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang".

  • Tidak Mandi Pagi
Waah,, yang satu ini sangat parah bro, tapi meski demikian banyak juga orang yang tidak mau atau tidak sempat mandi pada pagi hari dengan berbagai alasan. tapi disaat kita beraktifitas tanpa mandi, meskipun wajah sudah disolek dengan penampilan mantap, tapi tetap aja tubuh tak terjena air, so ngantuk pun akan tiba disaat anda terduduk. 

  • Termenung di Ruang Ber-AC
Hampir seluruh kantor perusahaan atau kantor dinas di indonesia menggunakan AC, Sekolah-sekolahpun sudah mulai memfasilitasi raung belajar dengan AC. ini dibuat agar udara disekitar ruang tidak pengap dan lebih konsentrasi. nah,, tapi jika kita termenung atau melamun, secara perlahan mengantuk itu akan datang dan malas untuk beraktifitas. tapi jika anda terus bekerja dan tidak termeung ngantuk tidak akan berani datang. 

  • Duduk dikursi dengan kepala menunduk kebawah
Permasalahan ini mungkin sering terjadi di sekolah atau kampus ruang belajar anda. saat guru sedang menjelaskan materi pelajaran, dan posisi duduk kita dengan kepala tunduk ke bawah, siakp ini akan mengundang ngantuk.

  • Fikiran Negatif
Percaya atau tidak ini semua kembali ke diri kita masing-masing. ini biasanya terjadi pada kaum cowok dan tidak sedikit juga dari kaum wanita, terkadang di sela-sela kerja atau belajar terbesit fikiran ke arah sana (Sex) ini adalah pengaruh syaitan. dan disaat terbuai lamunan. rasa lemas dan kantuk akan menyerang tubuh. tapi ini biasanya terjadi bagi mereka-mereka atau kita-kita yang belum merid (menikah). haha 

  • Penataan Ruang
Kata dokter psikologi, hal ini sangat berpengaruh, disaat kita menata ruang kerja yang menurut kita nyaman dan rapi tapi kita menyediakan sebuah ranjang di sisi ruang kerja. meski pada awalnya niat kita ranjang itu agan digunkan jika sudah merasa lelah di sela-sela kerja, tapi itu adalah plening salah,, saat kita sedang bekerja ranjang itu akan memanggil-manggil dan merayu tubuh kita agar beranjak tidur.. hahaha... ranjang yang berada diruang kerja itu sangat memancing ngantuk.

Ini adalah sebab umum yang bisa kami jabarkan,semua itu tergantung kondisi manusia dan datangnya kantuk secara terus-menerus mungkin ada sebuah penyakit dalam diri yang harus ditangani secara serius. tapi sebaiknya kita menjaga tubuh yang telah yang dititipkan tuhan kepada kita, semoga bermanfaat dan berikan komentar anda untuk membangun artikel ini agar bisa bermanfaat untuk orang lain.

Semoga Bermanfaat-  Penyebab Mengantuk Tidak Pada Waktunya

0 Response to "Penyebab Mengantuk Tidak Pada Waktunya"

Posting Komentar