Penyebab Tidak Khusyuk Dalam Sholat

Penyebab Tidak Khusyuk Dalam Sholat- Jumhur ulama sepakat bahawa inti dari pada amalan ibadah adalah khusyuk, bahkan seorang imam besar berasumsi seperti imam syafii, jika memang shalat jamaah itu membuat anda tidak khusuk kerena seseuatu sebab, maka lebih baik sholat di rumah anda sendiri.

Penyebab Tidak Khusyuk Dalam Sholat

Penyebab Tidak Khusyuk Dalam Sholat

 
Sudah sangat jelas dalil sebagai landasan bagi kita dalam pelaksanaan sholat jamaah, bahwa sholat jamaah itu lebih baik dan pahalanya dihitung 27X lipat dibandingkan sholat seorang diri. namun banyak yang berbeda pendapat akan hal ini. maksudanya bukan menafikan dalil tersebut namun ditinjau dari segala aspek dan prosesnya, sholat jamaah yang dikatakan mendapatkan pahala 27X lipat bukanlah sholat jamaah asal-asalan, seperti datang telat dengan sengaja atau niat yang tidak kuat melainkan ada tujuan dan sebab lain dan itu bukan Lillahi taala, hal ini jauh dari pada 27x lipat seperti yang dikatakan.

Apapun itu semua kembali lagi kepada niat kita, niat yang teguh dan ikhlas karena itu merupakan kunci kesuksesan ibadah.

Kuhusuk jika diartikan secara istilah berarti fokus dan teguh dalam pendirian untuk mencapai tujuan, Khusyuk Dalam Sholat dapat diartikan niat yang tulus atau niat yang teguh dalam pelaksanaannya, tidak ada unsur lain dan fokus dalam melaksanakannya. meskipun banyak pendapat yang berasumsi tentang khusuk namun poin-poin tersebut adalah yang paling utama.

Tidak khusuk dalam sholat disebabkan berbagai hal, dari faktor internal dan eksternal. Faktor internal merupakan dari dalam diri kita sendiri dan faktor eksternal berati gangguan dari luar yang menyebabkan sholat kita tidak khusuk.

Sebab-Sebab Tidak Khusyuk Dalam Sholat


Niat Yang salah
Faktor niat adalah poin yang sangat penting dalam ibadah, jika niat tidak tepat pastinya sholat akan amburadul, seperti sholat dengan harapan baik dimata orang, atau kebanggan pada diri jika dilihat orang banyak, kita melaksanakan sholat berjamaah, untuk lebih jelasnya adalah niat yang bukan karena Allah dan sebab lain. pastinya dalam diri ada unsur ria, dan ini sangat tidak disukai Allah Swt. 

Menjadikan Sholat Sebagai sampingan
Maksudnya dalam melaksankan sholat, terkadang orang menjadikannya sebagai amalan sambilan, seperti yang sering dilakukan ibu rumah tangga, sambil menuggu masakan matang dia melaksakannya sholat, pastinya dalam sholatnya ia mengingat masakannya. ini dikatakan kesalahan dari awal.

Tidak tepat waktu
Menunda sholat adalah faktor yang sangat berpengaruh untuk tidak khusuk, misalkan ketika waktu sholat sudah tiba namun kita masih tetap asik dalam seuatu kegiatan dan saat kegiatan selesai baru kita mengerjakan shalat, inilah yang dimaksudkan dengan menunda. 

Terburu-buru
apaun pekerjaan jika dilaksankan secara terburu-buru maka hasilnya sangat jauh dari keberhasilan, makan dengan keadaan terburu hasilnya juga tidak baik bagi pencernaan, maka tergesa-tergesa itu dikatakan dalam islam adalah perbuatan syaitan.
Seorang muslim yang berlari-lari menuju mesjid untuk melaksanakan sholat dan sesampainya di mesjid dia langsung takbir, sholat dalam keadaan ngos-ngosan, hasilnya sangat tidak baik dan bacaan pasti tidak tepat dan keliru.

Menghayal
Ini adalah perangkap syaitan, terkadanga disaat kita mengerjakan sholat pengennya cepat selesai dan dalam pelaksaannya fikiran kita menerawang tak tau arah, inilah faktor yang terbilang sulit, solusi yang terbaik adalah kita meminta pertolongan kepada Allah untu menguatkan iman dan meneguhkan hati kita dari godaan syaitan.

Jika diatanya contoh khusuk dalam sholat, belum ada ulama seorangpun yang berani menujukkannya, hanya Allah yang tahu, namun jika ditanya sah atau tidak, itu kembali lagi kepada rukun sholat, jika memang kita sudah menyanggupi semua rukun sholat maka sholat kita dikatakan sah. Penilaian khusuk atau tidak ada Allah Swt.

Demikian sedikit penjelasan tentang kekhusukan dalam mengerjakan shalat, masih banyak lagi sebenarnya faktor penyebabnya, namun beberapa yang disebutkan diatas adalah perioritas yang kerap terjadi. Allahu A'lam semoga bermanfaat. - Penyebab Tidak Khusyuk Dalam Sholat

0 Response to "Penyebab Tidak Khusyuk Dalam Sholat"

Posting Komentar