Perbedaan antara Pelit dan Hemat

Perbedaan antara Pelit dan Hemat- Hemat adalah sifat mulia dan memang seharusnya dimiliki oleh setiap  manusia terlebih hemat itu adalah ajaran agama khususnya agama islam.  Lawan kata hemat adalah boros dan sifat boros itu merupakan hal yang sangat dilarang dalam islam.
  المبزر إخوان الشيطان 
Sesungguhnya sifat mubajjir itu merupakan sikap dan saudara dari syaitan.

Perbedaan antara Pelit dan Hemat 

Perbedaan antara Pelit dan Hemat 

Sejak pendidikan Sekolah Dasar siswa sudah mempelajari pribahasa salah satunya yang paling populer adalah hemat pangkal kaya. sudah sangat jelas jika kita selalu berhemat dalam kehidupan tidak akan merasa kekurangan. baik itu pemakaian uang atau benda.

Hemat merupakan sikap yang sangat sulit dilakukan jika tidak terbiasa, makanya dalam beberapa kasus banya ditemukan orang stres bahkan menjadi gila dan ada juga yang sampai bunuh diri. kenapa bisa demikian.? karena dulunya biasa hidup dengan kemegahan dan keborosan disaat bangkrut dan keadaan berbalik maka ia akan merasa hidup ini sulit.

Hikmah sikap hemat itu pada dasarnya ditujukan untuk manusia agar tidak memiliki sifat sombong. memanfaatkan sesuatu seperlunya dan tidak berlebih-lebihan. inilah salah satu tujuan dari sifat hemat. untuk hemat itu haruslah melawan hawa nafsu, membentengi segenap keinginan dan hanya berupaya untuk kebetuhan.

Nah,, kadang kita tidak bisa memebedakan lagi mana hemat mana pelit. kadang ada orang kita temukan selalu menyimpan makanan dengan alasan hemat, atau tidak membeli sesuatu barang dengan alasan hemat, padahal barang itu sangat ia butuhkan.
Rela berjalan kaki bersama keluarga di jalan raya, tidak mau naik angkutan umum dengan alasan hemat padahal uangnya ada. ini bukanlah hemat tapi pelit dan itu sangat tidak boleh dalam agama.

Jadi, antara hemat dan pelit itu sangat jauh perbedaannya. tapi kadang kita tidak tahu perbedaannya. untuk lebih jelas, mari kita telusuri lebih dalam apa maksud dari hemat dan pelit.

Ini sangat berhubungan dengan antara keinginan dan kebutuhan, jika ada orang yang selalu mengutamakan keinginannya itu adalah sikap yang boros, dan jika ia mengutamakn kebutuhannya maka itulah hemat, namun jika ada orang yang tidak memenuhi kebutuhannya padahal ia mampu maka itu dikatan pelit.

 

Pengertian keinginan dan kebutuhan

Kedua kata ini beda arahnya dan maksudnya.  keinginan adalah kemauan yang disertakan dengan nafsu, jika terus dipenuhi maka ini tidak akan ada habis-habisnya, karena keinginan manusia tidak akan pernah terpenuhi dan tidak akan merasa puas sampai kapanpun.

Dan kebutuhan itu bersifat primer harus dpenuhi bahkan hukumnya wajib, seperti makan dan pakaian, seorang ayah yang menyuruh istri dan anaknya untuk menahan lapar karena ia malas bekerja maka itulah yang dikatakan pelit atau bakhil. atau orang yang memiliki harta yang berlebih dan enggan membantu kaum yang tidak mampu. Kebutuhan itu haruslah disanggupi dan harus diwujudkan. 

Pada dasarnya kebutuhan kita itu hanya sedikit dan bisa dipenuhi jika kita berusaha, orang yang makan nasi pakai ikan atau lauk seadanya itu dikatakan kebutuhannya sudah dipenuhi dan jika ia ingin lauk banyak pakai daging pakai lauk yang mewah itu hanyalah keinginan.

Disaat anda berada di mall, jika anda hanya membeli kebutuhan saja maka anda tidak akan berlama-lama disana, namun yang membuat anda repot dan lama itu adalah kienginan, ingin ini ingin itu. 

Jika kita ingin kaya, hendaklah berhemat : itu merupakan rumus kehidupan yang sudah lama sejak dulu. memakai atau menggunakan barang sesuai kebutuhan.

0 Response to "Perbedaan antara Pelit dan Hemat"

Posting Komentar