Asal Usul Acara Adat Tepung Tawar

Asal Usul Acara Adat Tepung Tawar - Acara tepung tawar biasanya dilaksankan pada saat upacara adat, baisanya dilakukan saat ada pesat perayaan seperti pernikahan, khitanan, orang terkena musibah dan lain-lain, beda daerah berbeda pula pelaksanaannya. dan bahkan terkadang pada suatu daerah acara tepung tawar ini tidak hanya dilakukan kepada manusia saja, sampai kepada kendaraan dan rumah semua ini dimaksudkan agar terhindar dari bahaya dan musibah. Acara Adat Tepung Tawar biasaanya menggunakan sebuah wadah yang didalamnya terdapat berbagai jenis tumbuhan dan perkakas lainnya, seperti beras kuning, daun sirih dan lain-lain.

Asal Usul Acara Adat Tepung Tawar

Asal Usul Acara Adat Tepung Tawar

Istilah dari tepung tawar ini juga beda penyebutnya pada setiap daerah, dalam adat masyarakat aceh istilah tepung tawar disebut denga Pesijuk dan didaerah sumatra lain lagi penyebutnya sampai kepada suku-suku lainnya di Indonesia.

Menurut catatan sejarah tepung tawar ini adalah budaya penganut hindu yang disakelarkan pada acara-acara tertentu, karena memang indonesi dulunya dikuasai oleh kerjaan hindu maka upacara adat ini berkembang pesat.

Yang jelasnya bahwa upacara tepung tawar bukanlah syariat islam, sebagian ulama memponis pelaksanaan tepung tawar merupakan "Bid'ah" dan sebagian juga mengatakan ini boleh dilaksanakan selama masih mengagunggkan Allah Swt.

 
Namun kesalahan terbesar pada kalangan masyarakat muslim di indonesia menganggap uapacara tepung tawar dalam perayaan acara adalah sebuah hal yang wajib, jika tidak dilaksanakan maka ada sebuah kesenjangan dari pandangan mansyrakat.

Oleh para ulama dahulu, tidak melarang upacar adat tepung tawar memiliki alasan yang logis, karena masyrakat indonesia sangat menghormati budaya leluhur disamping itu juga dakwah islam di indonesia dilakukan melalui pendekatan budaya,  para ulama tidak menghapusnya melainkan memasukkan didlamnya doa doa yang mengagungka Asma dan keagungan Allah Swt. 

Sebagian ulama menyatakan bahwa upacara adat tepung tawar tidak pernah dilakukan oleh Nabi Muhammad Saw. pandangan inilah yang mengarah kapada fonis Bid'ah.



Tradisi Acara Adat Tepung Tawar

Jika kita ingin mencari kebenaran yang pasti. kita bisa merujuk kepada Al-Qur'an dan Sunnah tentang pelaksanaan tepung tawar. ada atau tidak..??

Banyak masyarakat yang berdebat tentang kepentingan/pelaksanaan  tepung tawar sampai kepada fonis kafir dan sesat Nauzubillah min zalik.

Kepercayaan dan keyakinan kita atas keagungan dan kekuasaan Allah janganlah pernah luntur, perbedaan yang ada diantara mansia, baik adat atau budaya bahakan sampai kepada warna kulit dan suku-suku, semua hanya untuk saling mengenal dan lebih mendekatkan diri kita kepada Allah Swt karena kekuasaan-Nya.

Bacaan Populer: Wanita yang tidak baik dijadikan Istri

Allhu A'lam, demikian sedikit penjelasan tentang Asal usul acara adat tepung tawar, jika ada kekeliruan dan argumen pembaca tentang artikel ini, mohon pencerahannya untuk saudara-saudara kita yang ingin mengetahuinya lebih dalam lagi, semoga bermanfaat

0 Response to "Asal Usul Acara Adat Tepung Tawar "

Posting Komentar