Cara Membuat Murid Segan dan Hormat Kepada Guru



Cara Membuat Murid Segan dan Hormat Kepada Guru- Rasa hormat dan segan dari siswa terhadap seorang guru adalah sebuah keharusan dan jika memang sudah tumbuh rasa itu pada siswa terhadap guru itu merupakan sebuah tanda bahwa guru itu berhasil membangun pendidikan. Menghormati dan menghargai atau segan itu bisa tumbuh karena ada sebab yang relevan. tidak mungkin kita bisa mnghormati orang tanpa sebab. 

Cara Membuat Murid Segan dan Hormat Kepada Guru

Cara Membuat Murid Segan dan Hormat Kepada Guru

Tanda siswa hormat dan segan tehadap gurunya adalah, adanya rasa malu dan jika berbuat salah dan mengagumi sang guru serta tidak perna menebar kesan negatif terhadap gurunya. hal inilah yang harus diwujudkan pada pendidikan di sekolah,  guru yang disegani menandakan guru tersebut ada wibawa dan berukualitas.

Perbedaan Takut Dan Segan

Ini sangat berbeda, namun konteks dilapangan terlihat sama inputnya berlawanan, jika seorang guru itu bersikap keras dan mudah marah, secara otomatis para murid akan patuh kepadanya namun dalam keadaan terpaksa, kepatuhan ini bukanlah dilandaskan dari segan namun kerna takut.

Seorang guru yang disegani, jika dia menyuruh siswanya untuk diam, maka siswanya akan diam dan patuh tanpa ada suara, namun sebaliknya guru yang ditakuti  saat menyuruh siswanya diam maka mereka akan diam, tapi akan ada yang menggerutu di belakang dan menjelekkan sang guru, inilah inputnya. 

Pada artikel ini kami menyusun beberapa amunisi yang bisa dijadikan guru sebagai modal agar mendapat perhatian dari siswanya untuk di hormati, dihargai dan disegani. berdasarkan riset penelitian kami mahasiwa pasca sarjana UIN-Ar-Raniry.

1. Kualitas guru
Maksud dari pada kualitas adalah, seorang guru harus betul-betul memiliki andil dan ahli dibidangnya, bukan hanya cilet-cilet. karena intinya menjadi guru adalah mentransfer ilmu kapada siswanya. berarti seorang guru harus memiliki cakupan ilmu yang luas.

Sesuai dengan kata yang diatas "transfer" bagaimana mungkin anda bisa mentransfer uang sementara anda tidak punya uang atau uang anda sedikit. nah.. jika seorang guru yang memiliki kualitas akan ilmu anda, maka anda akan dihargai. dan bisa jadi anda akan dijadikan ukuran cita-cita dari beberapa siswa, sperti " Suatu saat aku ingin sperti bapak/itu". jika ini sudah bergumam di hati mereka maka rasa salut dan kagum, serta penghargaan sudah mulai anda dapatkan.

2. Adab dan Akhlak
Ini menyangkut wibawa, pada dasarnya ini adalah perioritas penting, karena seorang guru akan dilihat tindak tanduknya. perilaku sehari-hari akan di perhatikan para siswa.  tidak ada ditemukan di dunia ini guru yang baikdan  rendah hati dicelakia oleh murid-muridnya kecuali di film-film, itu pun karena kealah pahaman semata.

Seorang guru itu bukan hanya memberi cnotih saja, dan harus bisa menjadi contoh baik bagi para didikannya. jika anda merujuk pada pengertian "Guru" itu berasal dari bahasa sanksekerta "Diguguh dan di tiru" anda harus siap fikuras ilmunya dan ditiru tingkah lakunya.
Jika ada guru yang sembrono, hanya mengajar dan tidak menunjukkan perilaku baik, jangan harap akan di hormati.

3. Sikap dan Fashion
Ini tidak jauh berbeda dengan poin kedua namun, sikap yang dimaksud adalah mencakup tutur kata dan profesional, tutur kata seorang guru selalu di dengar oleh murid, jika kita selalu bertutur kata kasar, atau sering neyeleneh dan berkoar-koar tidak jelas ini akan menunjukkan penilaian yang negatif, singkatnya seorang  guru harus menjaga diri dan menunjukkan sikap teladan terhadap murid.

Begitu juga dengan fashion atau penampilan, pada dasarnya ini sudah masuk dalam kategori ahlak, namun pemampilan itu sangat peka diperhatikan murid, berpenampilan yang rapi dan bersih adalah hal terpenting bagi guru. jenis pakaian dan modelnya itu berpengaruh pada wibawa anda.


Baca Juga Artikel Populer: Penyebab Siswa Bandel di Sekolah 


Bagaimana murid bisa menghormati guru yang memakai pakaian ketat dan mengikuti gaya artis, ini sudah jelas, bahwa guru itu adalah orang tua, pengganti orang tua mereka selama berada di lingkungan sekolah, maka bersikaplah dan berpakaianlah seperti orang tua. semuda apapun anda itu menjadi guru.  dengan penampilan fashion dapat membangun wibawa anda.

4. ideal Dan konsisten
Sikap ini seharusnya dimiliki seorang guru, maksudnya adalah perkataan guru itu sesuai dengan ucapannya kepada para siswa.  jika guru menyuru anak untuk tidak terlamabat, maka guru itu pun jangan sampai terlambat. jika memang kita menyuruh anak untuk tidak makan sambil berdiri maka kitapun harus memberi contoh demikian.

Namun ini terkadang tidak di indahkan, asik menyalahkan siswa,kenapa begini.. kenapa begitu..? sekolah itu bahaikan pabrik, dan mesinnya itu adalah guru, terkadang kualitas produk tidak baik, mungkin saja mesinnya mengalami kerusakan atau macet. itu kata kasarnya,, Saya mengutip ini dari perketaan seorang pakar pendidikan jerman dalam blog resminya.

5. Saling menjaga harga diri sesama guru
Nah.. bantuan sesama guru itu juga sangat penting, faktanya : jika ada siswa mengadu kepad wali kelasnya, "Buk , saya dimarahi dan dihukum oleh ibu roro" dengan maksud untuk menenangkan siswa sang wali kelas menjawab " ya sudah nak, buk roror itu memang begitu sifatnya , pemarah, ibu aja gak suka"

Kalo sudah begini, habislah buk roro, semua siswa akan memvonisnya negatif. atau mungkin maksud wali kelasnya baik dan tidak ada maksud untuk menjelekkan buk roro, dia menjawab " Maklum lah nak,, buk roro itu kan belum dewasa masih muda dan belum menikah, wajarlah beliau mara"

waahh, ini sama saja membunuh buk roro. kalau buk roro tahu maka sakitnya itu akan pilu tak tertahankan merasa harga dirinya di injak-injak. sepan siswa dia harus menaggung beban.


Artikel Favorit: Kesalahan Mendidik anak Tingkat SMP di Sekolah

Hal ini kerap terjadi di kalangan guru, ini bukanlah masalah spele, karena dampaknya sangat parah dan bisa mengakibatkan keributan antrar sesama guru, dan guru juga semakin hilang wibawanya.

Mengutip kata mario teguh, "Guru terbaik adalah guru yang sadar bahwa ia adalah seorang guru" . jika kita sadar bahwa kita itu guru maka kita akan di hormati dan dihargai oleh siswa dan masyarakat karena guru itu tempat yang sangat mulia.

Demikianlah sedikit pembahasan tentang Cara Membuat Murid Segan dan Hormat Kepada Guru, semoga bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Murid Segan dan Hormat Kepada Guru"

Posting Komentar