Cara Membuat Proposal Penelitian Skripsi

Cara Membuat Proposal Penelitian Skripsi- Indonesia dikenal  sebagai salah satu Negara yang memberikan tanggung jawab kepada para mahasiswa untuk membuat skripsi atau riset penelitian sebagai persyaratan kelulusan pada jenjang pendidikan strata 1 atau biasa disebut dengan sarjana (S1). dilihat di beberapa Negara luar pada jenjang pendidikan ini mereka belum mengenal riset penelitian. Mereka baru dikenalkan dengan penelitian pada jenjang Program master.

Cara Membuat Proposal Penelitian Skripsi

Cara Membuat Proposal Penelitian Skripsi

Proposal penelitian merupakan syarat untuk mengjukan skripsi, dimana para mahasiswa dituntut untuk membuat judul dan mencari permasalahan sesuai dengan jurusan akademik yang mereka pilih. Sebagian mahasiswa berpresepsi bahwa proposal itu adalah BAB 1 satu dari skripsi. Ini adalah pernyataan keliru BAB 1 pada skripsi sudah disempurnakan  sedangkan proposal itu masih dalam bentuk kerangka penelitian. Meskipun buturan-butiran pembahasannya banyak yang sama namun isi dan bahasanya itu berbeda.

 
zonapendidikan.com pada kesempatan merangkum siklus  tentang cara pembuatan proposal penelitian untuk para mahasiswa yang masih bingung dengan penulisan proposal penelitian. Semoga bisa menjadi acuan dan bisa dipahami.


Cara Membuat Proposal Penelitian Skripsi

 

Struktur Penulisan Proposal Penelitian Skripsi dan Tesis

Rancang Judul
Judul harus dirancang dengan teliti, permasalahan apa yang akan dibahas, bagaimana cara penyelesainnya, metode apa yang digunakan dan sampel penelitiannya bgaimana. Ini sangat berhubungan dengan pembuatan judul, jika anda menentukan judul tanpa memperhatikan buturan-butiran penelitian tersebut terlebih dahulu, maka  ini akan menjadi suatu kendala nantinya. Meskipun judul anda diterima namun pada saat anda menjalankan langkah penelitian akan semakin rumit. Tapi jika anda sudah mengetahui seluruh butir pembahasan dan merancang judul, maka anda sudah memiliki gambaran pada setiap bab skripsi nantinya pelaksanaan penelitian akan semakin mudah dilakukan.


Pembahasan pada titik permasalahan
Bisanya ini disebut dengan “Latar Belakang Masalah” disini anda harus langsung ke pokok permasalahan dan jangan bertele-tele  dalam membeberkan masalahnya dan juga jangan sering mengulang kata. Ini akan menjadi mudah dipahami oleh pembaca dan mendapat simpati dari dosen.

Misalkan anda kuliah pada jurusan ekonomi  dan anda sudah merancang judul  “ Penerapan Sistem simpan pinjam pada organisasi BEM” ini adalah sebuah contoh. Dalam  mengutarakan masalahnya anda tidak perlu lagi menulis pengertian ekonomi atau hal bagian-bagian dari ekonomi.  Mulailah pembahasan dengan fokus pada judul.

Contohnya:” Pembukuan yang dilakukan oleh bendahara BEM meruapakan bla bla bla………..” dan arahkan kalimatnya kepada pokok inti masalah.




Penerapan
Setelah anda membeberkan permasalahan yang anda dapatkan, buat sebuah solusi yang menjadi hipotesa atau dugaan smentara. anda menjelaskan bahwa permasalahan yang terjadi dapat diatasi dengan sebuah metode yang ingin anda terapkan.


Metode Penelitian
Dalam menerapkan metode yang anda sarankan anda  harus melakukannya dangan teknik atau metode penelitian apa, disini harus anda sebutkan, metode penelitian sangat banyak jenisnya, dimulai dari penelitian pustaka, eksperimen , tindakan kelas,  penelitian survey atau lainnya. Disini anda harus mengerti seluk-beluk jenis penelitian yang anda pilih dan harus sesuai dengan penerapan metode anda.

Teori
Dalam membeberkan isi teori harus berdasarkan dari buku atau karya yang telah dibuat orang sebelumnya. Misalkan pada judul yang diatas tadi, yang ingin diterapkan adalah” simpan pinjam” disini harus dijelaskan yang berkaitan dengan simpan pinjam secara detail dan terperinci.  Dimulai dari pengertian, jenis atau pembagiannya,  lagkah pelaksanaan, kelebihan atau kekurangannya. Namun sebagian proposal cukup dengan pengertian dan pelaksanaannya saja semua itu tergantung aturan kebutuhan kampus atau universitas tempat anda kuliah.


Sampel
Disini anda harus menjelakan sampel dimana sasaran tempat anda meneliti dan bagaimana anda mengambil jumlahnya. Serta rumus apa yang anda gunakanan. pastikan sasaran tempat penelitian anda singkron dengan penelitian yang akan anda lakukan, jika memang tidak sesuai sebaiknya anda mencari sasaran atau sampel lainnya.


Daftra pustaka
Ini adalah bagian yang tidak perlu difikirkan, daftar pustaka ini merupakan kumpulan dari jumlah buku yang anda gunakan untuk membangun riset penelitian anda.

Setiap universitas berbeda cara membuat proposal penelitan tesis dan skripsinya, semua itu tergantung acuan dari pihak universitas deng bimbingan para dosen, jadi jika anda memiliki teman yang berlainan kampus mengajak anda bekerja sama untuk membuat penelitian sebaiknya jangan karena itu akan membuat anda bingung, jika anda belum mengerti terhadap poin pembahasan sekripsi sebaiknya anda langsung menanyakan kepada teman atau kakak letting pada kampus yang sama.


 

Meskipun ada perbedaan namun tujuannya sama untuk mendapatkan hasil dari yang akan diteliti, yang disebutkan diatas tadi adalah secara umum, secara garis besar itu sudah menjadi kewajiban pada pembutan prosposal penelitian  sekirpsi dan tesis. Initinya anda harus memahami poin-poin yang ada, jika anda sudah mengerti itu maka semua akan terasa mudah, anda mengerti tentang Teori, sampel, hipotes dan lain-lain, itu adalah modal yang utama dalam sebuah proyek penelitian. 


Selain itu pastikan juga penelitian anda mendapat dukungan dari berbagai buku, karena inilah salah satu menandakan kualitas penelitian itu kuat atau tidak. Demikian penjelasan kami Cara Membuat Proposal Penelitian Skripsi Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Membuat Proposal Penelitian Skripsi"

Posting Komentar